Topik Terkait: Pendidikan Iman Anak (halaman 3)

  • Kekhususan Mendidik Anak Perempuan, Allah Ganjar dengan Pahala Besar
    Muslimah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 18:02 WIB
    Metode mendidik anak seperti yang dilakukan Rasulullah terbukti ampuh sepanjang sejarah. Bahkan, Nabi Muhammad Shallahu Aalaihi wa Sallam juga secara detil mengajarkan pendidikan anak khusus laki-laki dan khusus perempuan
  • Mulai Kapan Anak-anak Perempuan Wajib Berhijab?
    Muslimah
    Kamis, 09 Juli 2020 - 16:07 WIB
    Banyak anak usia balita sudah mengenakan jilbab dengan aneka hijab yang lucu dan menggemaskan. Sebenarnya, sejak usia berapakah kewajiban berhijab ini diberlakukan?
  • Menjadikan Anak sebagai Penyejuk Hati
    Muslimah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 09:00 WIB
    Dalam pandangan Islam, seorang anak adalah qurrota ayun atau penyejuk hati. Qurrotu ayun adalah menyejukkan pandangan mata karena sejak dini, anak telah diarahkan kepada jalan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Mendidik Anak Lelaki yang Menghargai Perempuan
    Muslimah
    Kamis, 30 September 2021 - 09:02 WIB
    Mendidik anak lelaki yang beradab mulia pada kaum perempuan menjadi amat penting, karena kaum lelakilah yang kelak memimpin generasi. Mereka adalah pemimpin bagi kaum perempuan.
  • Rasulullah Mengingatkan Besarnya Pengaruh Lingkungan Dalam Mendidik Anak
    Muslimah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 20:01 WIB
    Rasulullah sebagai teladan paripurna, telah memberikan tuntunan bagaimana mendidik dan mempersiapkan anak. Namun, ada faktor-faktor eksternal yang juga memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangannya.
  • 5 Hal Wajib yang Anak Harus Tahu dari Orang Tuanya
    Muslimah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 19:43 WIB
    Dalam mendidik anak, umat Islam wajib mengajarkan tauhid yaitu bagaimana menanamkan dalam hati bahwa Allah Taala adalah satu-satunya tuhan, jauhkan serta laranglah anak dari berbuat syirik.
  • Doa Meminta Anak Perempuan dan Ikhtiarnya, Menurut Ahli
    Tips
    Sabtu, 29 Mei 2021 - 10:24 WIB
    Doa meminta anak perempuan hendaknya dilakukan calon ibu dan calon ayah. Berikut adalah doa meminta anak perempuan yang sebaiknya dilakukan seorang ibu yang tengah mengandung.
  • Sejatinya, Anak Adalah Tabungan di Akhirat
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 18:31 WIB
    Anak itu sejatinya adalah tabungan akhirat bagi orang tuanya. Sebab, anak adalah tanggungjawab orang tua yang langsung diamanahkan oleh Sang Pemberi amanah, yakni Allah Subhanahu wa Taala.
  • Pesan Ibnu Qayyim Tentang Mengembangkan Bakat Anak
    Muslimah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 07:55 WIB
    Mengenali minat dan bakat anak sejak usia dini akan sangat bermanfaat bagi orangtua untuk mengarahkannya secara tepat dan sesuai usia. Ini pesan penting dari Ibnu Qayyim tentang bakat anak.
  • Anak-Anak Arab Saudi Merayakan Gargeean pada 15 Ramadan
    Dunia Islam
    Rabu, 27 Maret 2024 - 17:38 WIB
    Anak-anak di Arab Saudi berdandan dan menyiapkan keranjang mereka untuk merayakan Gargeean, hari raya yang terjadi dua kali dalam satu tahun Islam pada tanggal 15 Syaban dan 15 Ramadan.
  • Inilah Keberuntungan Orang Beriman, Dapat Kenikmatan Dunia dan Akhirat yang Tak Terhingga
    Hikmah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 15:07 WIB
    Beriman kepada Allah Taala dan rukun iman yang lainnya harus kita yakini dan amalkan. Dari keimanan ini, banyak buah yang bisa kita petik. Buah-buah iman itu banyak berserakan di dalam firman Allah Azza wa Jalla dalam Al-Quran.
  • Malu Bagian dari Iman, Begini Penjelasan Habib Quraisy
    Tausyiah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 22:21 WIB
    Suatu ketika, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mewanti-wanti agar umatnya mampu mengekspresikan rasa malu kepada Allah Taala dengan sebenarnya.
  • Doa Ketika Menyantuni Anak Yatim
    Tips
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 11:30 WIB
    Doa ketika menyantuni anak yatim ini penting diketahui umat muslim. Kenapa demikian? Dalam Islam memang banyak cara yang bisa dilakukan dalam menyantuni anak yatim.
  • Mengapa Islam Menganjurkan Menyapih Anak Selama 2 Tahun? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 26 September 2023 - 17:20 WIB
    Dalam Islam dibolehkan untuk menyusui anak hingga berumur lebih dari dua tahun, sebagaimana dibolehkan untuk menyapihnya kurang dari dua tahun, namun cara menyapihnya dengan syarat tertentu. Apa saja?
  • Pentingnya Mendidik Anak Berorientasi Akhirat
    Muslimah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 14:17 WIB
    Mendidik anak bagi setiap muslim harus berorientasi akhirat. Jika sekadar hanya untuk mendidik anak yang sukses di dunia saja maka orang selain Islam juga bisa, banyak yang sukses di dunia
  • Dua Nama Terbaik untuk Anak Pilihan Nabi Muhammad
    Muslimah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 09:47 WIB
    Nama terbaik adalah nama yang direkomendasikan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, yaitu dua nama: Abdullah dan Abdurrahman. Bagaimana penjelasannya?
  • Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Sejak Dini
    Muslimah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 09:24 WIB
    Mengajarkan anak untuk berpuasa Ramadan, terutama anak yang belum baligh harus sejak dini. Ini penting, karena merupakan sebuah keteledanan yang harus dilakukan para orang tua.
  • Doa Agar Anak Nurut Perkataan Orang Tua, Dibaca Setiap Hari
    Tips
    Selasa, 07 Desember 2021 - 11:37 WIB
    Doa agar anak nurut perkataan orang tua perlu kita amalkan agar mereka menjadi anak saleh/saleha. Berikut doanya bersumber dari Al-Quran dan Hadis.
  • Doa Agar Dikaruniai Anak Saleh dan Salihah
    Tips
    Senin, 29 Agustus 2022 - 06:30 WIB
    Doa merupakan senjata kaum mukmin. Begitulah dahsyatnya doa apalagi keluar dari lisan orang tua. Berikut doa supaya dikarunai anak saleh dan salihah.
  • Tidak Sendiri dalam Mendidik Anak
    Muslimah
    Jum'at, 03 September 2021 - 09:07 WIB
    Tuntunan mendidik anak telah dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sebagai teladan paripurna bagi kita umatnya. Lantas bagaimana kita sebagai orang tua menerapkan tuntunan Rasulullah ini?