Topik Terkait: Penegakan Hukum Halaman 1 (halaman 3)

  • Cara Membaca Tajwid Surat An-Nasr Ayat 1-3 Beserta Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 08 November 2023 - 20:52 WIB
    Surat An-Nasr (pertolongan) merupakan surat ke 110 dalam mushaf Al-Quran terdiri 3 ayat. Berikut cara membaca ilmu tajwid Surat An-Nasr ayat 1-3.
  • Hukum Qadha Puasa bagi Orang yang Sudah Meninggal Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 08:06 WIB
    Uang wajib dibayar. Lalu, bagaimana hukumnya jika sebelum mengqadha puasa Ramadhan seseorang meninggal dunia? Siapa yang harus mengqadha? Berikut penjelasannya.
  • Bagaimana Hukum Tampil Cantik karena Hasil Operasi?
    Muslimah
    Rabu, 05 Juli 2023 - 10:01 WIB
    Banyak wanita zaman sekarang yang ingin tampil cantik dengan jalan pintas, yakni dengan melakukan operasi plastik atau operasi kecantikan. Bagaimana sebenarnya Islam memandang tentang operasi plastik ini?
  • Hukum Puasa Setelah Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • 4 Bidang Utama Sasaran Hukum Islam Menurut KH Ali Yafie
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:44 WIB
    Penjabaran yang merinci hukum-hukum al-Quran memperlihatkan adanya empat bidang utama yang menjadi sasaran dari hukum itu, yakni bidang ibadat, bidang muamalat, bidang munakahat dan bidang jinayat.
  • Hukum Membunuh Tanpa Hak, Ini Pesan Al-Quran dan Rasulullah
    Tausyiah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 15:38 WIB
    Islam melarang keras untuk menzalimi orang yang tidak bersalah, apalagi merenggut nyawanya. Syariat menggolongkan pembunuhan sebagai dosa besar kedua setelah syirik.
  • Hukum Tidak Mengganti Puasa Ramadan Bagi Wanita
    Muslimah
    Sabtu, 17 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Hukum tidak mengganti puasa Ramadan bagi wanita adalah haram, bila sengaja meninggalkan atau lalai dan tidak dibarengi dengan adanya udzur syari.
  • Hukum Bacaan Surat Al Maun Beserta Penjelasan dan Cara Membacanya
    Tips
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 14:54 WIB
    Surat Al-Maun adalah salah satu surat pendek dalam Al-Quran yang memiliki pesan penting tentang kebaikan sosial dan hubungan antarmanusia. Surat ini terdiri dari tujuh ayat dan termasuk dalam juz ke-30 Al-Quran.
  • Hukum Al-Quran Bagi Perusak Rumah Tangga Orang Lain
    Muslimah
    Selasa, 30 November 2021 - 15:17 WIB
    Dalam Islam, merusak hubungan antara istri dan suaminya atau sebaliknya merusak hubungan suami dengan istrinya, tidak dibenarkan, bahkan Rasulullah mengancam pelakunya sebagai bukan bagian dari Islam.
  • Hukum Mendengarkan Musik dalam Islam, Benarkah Hukumnya Boleh?
    Tausyiah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:27 WIB
    Hukum mendengarkan musik dalam Islam sampai saat ini masih kerap menimbulkan kebingungan dalam diri umat Muslim. Karena sekelompok orang mengatakan boleh, namun sebagian lain tidak membenarkannya.
  • Hukum Bersalaman dan Mencium Tangan Orang Saleh
    Tips
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 20:45 WIB
    Kita sering menyaksikan orang-orang mencium tangan orang alim atau orang saleh ketika bersalaman. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Bagaimana Hukum Berkurban di Luar Domisili? Begini Penjelasan
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 20:31 WIB
    Para ulama berbeda pendapat perihal memindahkan hewan kurban ke luar daerah domisili orang yang berkurban. Para ulama menggunakan logika yang sama dalam memandang hewan kurban dan zakat.
  • Hukum Memakai Pensil Alis bagi Perempuan Menurut Islam
    Muslimah
    Senin, 03 Januari 2022 - 13:48 WIB
    Hukum memakai pensil alis bagi perempuan diperbolehkan selama tidak berlebihan dan melanggar ketentuan syariat. Islam sangat menganjurkan kerapian baik rambut, bulu alis, kuku, dan lain sebagainya.
  • Hukum Tajwid Surat Al Maidah Ayat 15
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 18:58 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid dalam surat Al Maidah ayat 15 yang penting dipahami seluruh umat Islam agar tidak mengalami salah baca yang dapat menimbulkan salah arti dan makna.
  • Hukum Berobat dengan Benda Najis Atau Zat Haram
    Tips
    Rabu, 25 Januari 2023 - 23:53 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang bertanya tentang hukum berobat dengan mengonsumsi obat atau zat yang haram. Bolehkah? Berikut penjelasannya.
  • Hukum Tajwid Surat Al Alaq Ayat 1-19 Beserta dengan Cara Bacanya
    Tips
    Rabu, 20 Desember 2023 - 13:25 WIB
    Hukum tajwid Al Alaq ayat 1-19 penting untuk dipelajari umat Islam. Sebab didalamnya terdapat banyak tajwid yang berbeda dan perlu diperhatikan saat membacanya.
  • Kalender Jawa Islam: Perbedaan 1 Muharram dan 1 Suro
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 17:22 WIB
    Sejatinya, tidak ada perbedaan antara 1 Muharram dan 1 Suro. Sistem penanggalan Jawa dan Kalender Hijriah ini sama-sama mengacu pada Qamariah. Hanya tahunnya dan penamaan bulan saja yang berbeda.
  • Hukum Donor Organ Tubuh Menurut Pandangan Islam
    Tips
    Selasa, 22 November 2022 - 15:36 WIB
    Aktivitas donor organ tubuh banyak dilakukan masyarakat dengan sejumlah alasan tertentu. Berikut hukum donor organ tubuh dalam pandangan Islam.
  • Hukum Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 7, Lengkap dengan Penjelasan
    Tips
    Kamis, 25 April 2024 - 20:00 WIB
    Hukum tajwid surat Al Baqarah ayat 7 penting dipelajari umat Muslim. Tak hanya untuk menambah pengetahuan, namun juga meminimalisir kesalahan ketika membacanya.
  • Bagaimana Hukum Memotong Rambut Muslimah?
    Muslimah
    Sabtu, 26 September 2020 - 20:00 WIB
    Rambut dalam Islam adalah kemuliaan dan siapa saja yang dikarunia rambut yang indah oleh Allah SWT, maka ia harus menjaganya. Lantas bagaimana hukumnya, untuk memotong rambut kaum perempuan ini?