Topik Terkait: Perang Al Qadisiyah (halaman 151)

  • Ibnu Mas’ud Suruh...
    Hikmah
    Minggu, 02 Mei 2021 - 04:15 WIB
    Saya tidak khawatir anak-anak saya akan hidup miskin. Rasulullah bersabda, sesiapa membaca surat Al-Waqiah setiap malam, dia tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya.
  • Nuzulul Quran, Berikut...
    Hikmah
    Senin, 18 April 2022 - 23:22 WIB
    Pada peringatan Nuzulul Quran tahun ini umat Islam perlu tahu sosok Hafizh yang berjasa menjaga Al-Quran. Ada tiga sahabat penghafal Quran paling terkenal dalam sejarah Islam.
  • Tiga Cara Meningkatkan...
    Tips
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 07:11 WIB
    Seorang muslim sejatinya diperintahkan untuk selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah subhanahu wataala dengan sebaik-baiknya takwa. Sehingga kita akan mendapatkan jaminan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.
  • Begini Syarat-Syarat...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 06:43 WIB
    Istighfar yang diterima oleh Allah SWT harus memenuhi syarat-syarat dan etikanya. Berikut delapan syarat sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Yusuf Al-Qardhawi.
  • Permusuhan Yahudi dengan...
    Hikmah
    Sabtu, 07 September 2024 - 11:02 WIB
    Pada mulanya orang Yahudi termasuk di antara orang yang menanti-nantikan kedatangan Nabi Muhammad SAW, tetapi karena Nabi berasal dari bangsa Arab, mereka menolaknya.
  • Siapakah Al-Ghuroba...
    Tausyiah
    Rabu, 01 Februari 2023 - 21:35 WIB
    Istilah Al-Ghuroba mungkin masih asing bagi sebagian umat Islam. Ghuroba memiliki makna orang-orang terasing atau disebut orang yang akan beruntung di dunia dan akhirat.
  • Wawasan Kebangsaan Dalam...
    Tausyiah
    Sabtu, 17 April 2021 - 16:31 WIB
    Penggabungan diri ke dalam satu wadah kekerabatan dapat disetujui oleh Al-Quran, apalagi menggabungkan diri pada wadah yang lebih besar semacam kebangsaan.
  • Konsep Zakat Thariqah...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 19:21 WIB
    Dengan begitu, tak ada pahala bagi orang yang berzakat tarekat, maka jadilah dia orang yang pailit, bangkrut dalam arti tidak memiliki lagi pahala ibadah bagi dirinya.
  • Pembebasan Irak: Kontroversi...
    Hikmah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 14:16 WIB
    Kejadian-kejadian di Ullais dan Amgasyia, beberapa penulis sejarah menyatakan penyesalannya bahwa seorang jenderal jenius sekaliber Khalid telah melakukan perbuatan yang begitu biadab.
  • Cerai Halal tapi Dibenci...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Agustus 2024 - 14:58 WIB
    Islam, sekalipun memperkenankan talaq, tetapi membencinya, tidak menyunatkan dan tidak menganggap satu hal yang baik. Bahkan Nabi sendiri mengatakan: Perbuatan halal yang teramat dibenci Allah, ialah talaq.
  • Bacaan Ratib Al Haadad,...
    Tips
    Selasa, 23 April 2024 - 10:28 WIB
    Berikut ini bacaan Ratib Al Haadad, teks Arab dan terjemah Indonesia. Namun sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu tentang ratib tersebut.
  • Tanda-Tanda Kiamat:...
    Hikmah
    Kamis, 03 November 2022 - 18:37 WIB
    Rasulullah SAW mengatakan perang dengan bangsa Turk adalah salah satu tanda terjadinya kiamat. Perang itu telah terjadi dari masa Khalifah Muawiyah kemudian masa akhir Dinasti Abbasiyah.
  • Kita Tidak Dapat Membenarkan...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 14:33 WIB
    Dahulu ada orang yang menguatkan pendapat yang menyatakan bahwa planet hanya tujuh (sebagaimana pendapat ahli-ahli Falak ketika itu) dengan ayat-ayat yang menunjukkan bahwa ada tujuh langit.
  • Keutamaan Surat Al –...
    Tips
    Senin, 05 Juli 2021 - 17:06 WIB
    Keutamaan surat Al Waqiah yang paling masyhur adalah sebagai pembuka pintu rezeki. Ia juga dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan.
  • Menelisik Kiasan dalam...
    Tausyiah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:11 WIB
    Di dalam Al-Quran surat Al-Araf ayat 40 Allah SWT menyampaikan ungkapan hingga unta masuk ke lubang jarum hatta yaliju al-jamalu fi sammi al-khiyath. Apa maksudnya?
  • Sejarah Besar Al-Quran...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 06:37 WIB
    Selama beberapa generasi, buku seukuran prangko ini telah diwariskan melalui satu keluarga -- yang selamat dari perang dan salah satu rezim tak bertuhan paling fanatik di dunia.
  • Pertempuran Nahawand...
    Hikmah
    Selasa, 23 April 2024 - 14:38 WIB
    Umar bin Khattab mengatakan: Yah! Begitu saya tidur ketika malam itu Anda pergi, para malaikat menyeret saya ke tempat dua peti yang menyala menjadi api.
  • Fadhillah Luar Biasa...
    Tips
    Rabu, 09 Juni 2021 - 11:01 WIB
    Membiasakan bangun malam dan membaca 100 ayat Al-Quran dalam shalat malam, ternyata memiliki fadhillah luar biasa. Apa saja fadhillah dan keutamaannya? Bagaimana pula mempraktekkannya?
  • Asy-Syibli dan Al-Junaid:...
    Hikmah
    Sabtu, 14 November 2020 - 07:20 WIB
    Abu Bakr ibnu Dulaf ibnu Jahdar (asy-Syibli), dan Abul Qasim al-Junaid, si Merak Kaum Terpelajar, adalah dua guru Sufi awal. Mereka berdua hidup dan mengajar lebih dari seribu tahun yang lalu.
  • Siapakah Nafisah binti...
    Muslimah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 17:01 WIB
    Nafisah binti Al Hasan adalah cucu cicit Rasulullah Shallalhu alaihi wa Sallam, seorang wanita yang ahli ibadah, zuhud, taat pada Allah, serta mudah dikabulkan doa-doanya.