Topik Terkait: Perang Diponegoro (halaman 19)

  • Abu Ubaidah Panglima...
    Hikmah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 09:45 WIB
    Sahabat Nabi, Abu Ubaidah ibnu Al-Jarrah syahid terkena wabah virus Thoun yang menyerang Negeri Syam pada pada tahun 16 Hijriyah atau 640 Masehi.
  • 3 Faktor Kemenangan...
    Hikmah
    Senin, 26 Agustus 2024 - 06:58 WIB
    Pecahnya Kekhalifahan Cordoba membuat thaifah mempunyai kebijakan masing-masing dalam mengatur wilayahnya bahkan sesama thaifah saling berperang dan saling menundukkan.
  • 8 Fakta Perang Mutah...
    Hikmah
    Sabtu, 12 November 2022 - 06:30 WIB
    Perang Mutah salah satu perang terbesar dalam sejarah Islam. Pada perang ini pasukan muslim berhasil membuat 200.000 pasukan Romawi (Bizantium) ketar-ketir. Berikut 8 faktanya.
  • Perang Irak di Era Khalifah...
    Hikmah
    Senin, 21 September 2020 - 13:31 WIB
    Abu Ubaid berangkat dari Madinah dengan empat ribu orang, yang dalam perjalanan kemudian anggota pasukannya bertambah jumlahnya menjadi sepuluh ribu.
  • Kisah di Medan Perang...
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 17:00 WIB
    Shafiyyah berperan penting dalam kehidupan Rasulullah, sehingga ia dijuluki Ibunda Hawari atau penolong Rasulullah. Dia pun menjadi salah satu dari sepuluh orang yang dijamin surga.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Teperdaya Amr bin Al-Ash,...
    Hikmah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 20:08 WIB
    Seperti orang terkena sihir Abu Musa mengiakan saja apa yang diminta oleh Amr, kendatipun ia telah diperingatkan oleh Ibnu Abbas agar jangan bicara lebih dulu.
  • Muawiyah Serbu Mesir,...
    Hikmah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 15:33 WIB
    Keesokan harinya Ali bin Abu Thalib berangkat ke Jaraah. Setibanya di sana ia berhenti menunggu sampai tengah hari. Ternyata hanya 100 orang saja yang datang hendak mengikuti.
  • Kisah Politik Islam...
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juli 2024 - 10:43 WIB
    Semangat persatuan tengah muncul dalam tubuh Kristen Eropa, menjelang Perang Salib I. Sebaliknya, umat Islam terjadi rivalitas. Hubungan antara pemerintahan Islam tengah renggang-renggangnya.
  • Kisah Sebuah Teladan...
    Hikmah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:48 WIB
    Tidak ada khalifah yang paling mencintai ukhuwwah, ketika orang berusaha menghancurkannya, seperti Ali ibn Abi Thalib. Baru saja dia memegang tampuk pemerintahan, beberapa orang tokoh sahabat melakukan pemberontakan.
  • 600.000 Orang Tewas...
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Maret 2022 - 18:43 WIB
    Abu Muslim berpesan: Bunuhlah setiap orang yang Anda curigai. Akibatnya, kurban pembunuhan yang dilakukan Abu Muslim dengan memenjarakannya hingga tewas mencapai lebih dari 600.000 jiwa.
  • Kisah Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 17:34 WIB
    Umar bin Khattab merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Islam. Ia adalah khalifah kedua dalam sejarah Islam, sekaligus pahlawan perjuangan masyarakat Islam.
  • Jalaluddin Rumi: Kedamaian...
    Hikmah
    Minggu, 07 November 2021 - 14:29 WIB
    Perang Nabi membawa perdamaian yang diinginkan semua orang. Kedamaian kita hari-hari ini berasal dari perang yang beliau lakukan. Padahal beliau membunuh ribuan orang yang menunjukkan permusuhan.
  • Perang Irak: Kabilah...
    Hikmah
    Rabu, 23 September 2020 - 12:47 WIB
    Ia juga meminta bantuan kabilah-kabilah Arab sehingga jumlahnya menjadi besar. Terdapat di antaranya kaum Nasrani Banu Namr, yang pernah berkata: Kami akan bertempur bersama golongan kami.
  • Fitnah di Makkah Tahun...
    Hikmah
    Selasa, 25 Juni 2024 - 14:59 WIB
    Peristiwa ini terjadi pada tahun 571 H. Di Kota Suci Makkah berkecamuk perang dahsyat antara Amirul Haj Thasytakin, dengan Emir Muktsir Ibn Isa, Gubernur Makkah.
  • Kisah 3.000 Pasukan...
    Hikmah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 15:31 WIB
    Kisah 3.000 pasukan Muslim menghadapi 200.000 orang prajurit Bizantium terjadi pada Pertempuran Mutah. Ini adalah pertempuran perdana antara Muslim dengan Bizantium yang Nasrani
  • Salman Al-Farisi: Pencetus...
    Hikmah
    Sabtu, 26 Maret 2022 - 16:15 WIB
    Setidaknya 24.000 orang prajurit di bawah pimpinan Abu Sufyan dan Uyainah bin Hishn mengepung Kota Madinah. Kondisi ini membuat umat Islam panik. Untung Salman Al-Farisi mempunyai ide brilian.
  • Detik-Detik Jelang Pecah...
    Hikmah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 06:39 WIB
    Saad menderita sakit tulang pinggul dan bisul-bisul, sehingga pada saat-saat yang sangat diperlukan oleh pasukan Muslimin, kesatria pahlawan yang amat piawai ini tak mampu bergerak dari tempatnya.
  • Genosida Israel: Era...
    Dunia Islam
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 12:51 WIB
    Amerika Serikat tidak lagi dapat dipercaya untuk mengambil peran mediasi dalam menangani perundingan perdamaian, meskipun tidak ada kesepakatan mengenai apa atau siapa yang akan menggantikan Amerika.
  • Sebelum Dipancung, Dua...
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 09:25 WIB
    Pemuda 15 tahun, Muawwidz, menerjang pasukan musyrikin itu untuk dapat menebas Abu Jahal. Pedangnya sukses melukai paha Abu Jahal dengan sayatan yang dalam.
  • Kisah Pasukan Muslim...
    Hikmah
    Kamis, 25 April 2024 - 13:38 WIB
    Muslim telah memenangkan pertempuran Nahawand. Pihak Persia kehilangan kota-kota di sekitar wilayah tersebut, termasuk kota penting Sephahan, yang kini bernama Isfahan di Iran.