Topik Terkait: Perjanjian Pra Nikah

  • Pahami!  Bolehkah Membuat Perjanjian Pra Nikah Agar Tidak Poligami?
    Muslimah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:01 WIB
    Ketika akan menikah, ada kalanya pasangan calon pengantin sengaja membuat perjanjian pra nikah. Salah satu perjanjian itu, adalah meminta tidak akan melakukan poligami atau tidak mau dipoligami. Bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Begini Alasan Ulama yang Mengharamkan Nikah Misyar
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 19:10 WIB
    Sejumlah ulama kontemporer mengharamkan pernikahan misyar. Di antara argumen mereka adalah lantaran menonjolnya upaya menyembunyikan dan merahasiakan pernikahan semacam ini.
  • Bolehkah Anak Menjadi Wali Nikah Ibunya?
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 23:22 WIB
    Bolehkah anak menjadi wali nikah untuk ibunya? Sebagaimana diketahui, wali merupakan salah satu dari rukun nikah sebagaimana sabda Nabi, Tidak ada pernikahan tanpa adanya wali.
  • Begini Alasan Ulama yang Membolehkan Nikah Misyar
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:56 WIB
    Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum nikah misyar. Dalam hal ini setidaknya terdapat dua kelompok ulama yang memiliki pandangan hukum yang berbeda. Salah satunya adalah membolehkan nikah misyar.
  • Wali Nikah yang Wajib Diketahui Umat Muslim
    Tips
    Rabu, 16 Februari 2022 - 10:55 WIB
    Umat muslim wajib tahu siapa saja wali yang sah dalam pernikahan. Sebagaimana diketahui dalam Mazhab Syafii, wali nikah adalah satu dari rukun nikah.
  • Hukum Nikah: Bisa Wajib, Haram dan Makruh, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:33 WIB
    Nikah jadi wajib jika orang sudah stabil finansialnya dan mampu untuk adil pada wanita yang dinikahinya serta mempunyai praduga yang kuat bahwa ia akan melakukan zina jika tidak menikah.
  • Status Anak di Luar Nikah dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Minggu, 29 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Status anak biologis atau kehadiran anak tanpa ikatan pernikahan kembali ramai diperbincangkan. Kasus tersebut terjadi, dari pasangan muda mudi yang kebablasan dalam menjalin cinta
  • Bacaan Ijab Kabul Nikah dalam Bahasa Arab dan Indonesia
    Tips
    Selasa, 30 November 2021 - 15:34 WIB
    Bacaan (lafaz) ijab kabul nikah dalam Bahasa Arab dan Indonesia penting diketahui bagi yang hendak melangsungkan pernikahan. Berikut bacaannya.
  • Perjanjian Sykes-Picot, Awal Mula Terpecahnya Negeri Kaum Muslim
    Dunia Islam
    Senin, 16 Oktober 2023 - 15:35 WIB
    Perjanjian Sykes-Picot pada perang Dunia ke 1, Inggris dan Perancis sepakat untuk membagi-bagi wilayah tersebut menjadi zona pengaruh mereka.. Inilah cikal bakal pecahnya negara-negara muslim, karena runtuhnya kekhalifahan Turki Ustmani.
  • Hukum Nikah Mutah dalam Pandangan Islam
    Tips
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 15:12 WIB
    Nikah Mutah atau dikenal dengan istilah kawin kontrak adalah pernikahan dalam tempo masa tertentu. Berikut pandangan Islam terhadap nikah mutah.
  • Terminologi Nikah Misyar, Tak Sekadar Bobok-Bobok Siang
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:36 WIB
    Pernikahan misyar telah menimbulkan perdebatan terutama di kalangan ulama kontemporer. Karena model nikah misyar baru dikenal masa kini, maka para ulama kontemporer berbeda pendapat menghukuminya.
  • Bacaan Khutbah Nikah Lengkap dengan Contohnya
    Tausyiah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 22:21 WIB
    Pernikahan merupakan sunnatullah dan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah. Islam mengatur bagaimana melaksanakan pernikahan sesuai Sunnah, termasuk bacaan khutbah nikah.
  • Doa Setelah Akad Nikah yang Diajarkan Rasulullah
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:26 WIB
    Doa atau mendoakan pengantin setelah akad nikah adalah hal penting yang mesti dilakukan demi mengantar dan membekali kedua mempelai dalam mengarungi bahtera rumah tangga.
  • Inilah Mengapa Rasulullah SAW Sempat Membolehkan Kawin Mutah
    Tausyiah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 15:44 WIB
    Kawin mutah pernah diperkenankan oleh Rasulullah SAW sebelum stabilnya syariah Islamiah. Kala itu Rasulullah SAW membolehkan kawin mutah ketika dalam bepergian dan peperangan.
  • Bolehkah Melakukan Perjanjian Pranikah dalam Islam?
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Perjanjian pranikah, sesuatu yang semula terdengar tabu sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia. Terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebritas di Tanah Air.
  • Arab Pra-Islam: Hubal, Tuhan Impor yang Sangat Dipuja
    Dunia Islam
    Kamis, 30 Desember 2021 - 14:26 WIB
    Para masa pra-Islam, orang Arab adalah memeluk agama Ibrahim, yakni agama tauhid. Belakangan mereka menyimpang dengan menyembah patung. Berhala paling top adalah Hubal.
  • Menikah Tanpa Wali Ayah Kandung, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Menikah tanpa wali ayah kandung, bolehkah dilakukan? Bagaimana hukum dan status pernikahannya sendiri? Pernikahan merupakan salah satu syariat dalam Islam, juga adalah ibadah untuk menyempurnakan agama.
  • Benarkah Menikah di Bulan Dzulhijjah Sangat Dianjurkan?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:39 WIB
    Salah satu yang dianjurkan, ketika ingin melaksanakan pernikahan adalah digelar pada bulan Dzulhijjah atau bulan yang dikenal dengan Lebaran Haji? Benarkah demikian?
  • 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Anak di Luar Nikah
    Muslimah
    Sabtu, 18 September 2021 - 05:15 WIB
    Banyak pasangan muda mudi kebablasan dalam menjalin cinta. Sebagian remaja, bahkan terjerumus pada zina, hingga sang perempuan hamil. Tentu saja ini menjadi masalah karena terkait status anak setelah dilahirkan.
  • Pra-Islam: Masyarakat Jahiliah Jadikan Bulan Rajab sebagai Bulan Berkurban
    Hikmah
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 10:32 WIB
    Dalam tradisi Arab, asyhurul hurum merupakan salah satu alasan bagi mereka untuk berhenti berperang. Pada era Jahiliah masyarakat Arab menyembelih kurban di bulan tersebut.