Topik Terkait: Permasalahan Ekonomi (halaman 2)

  • Hakikat Wakaf dan Amal Jariyah Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Di antara persoalan penting yang ditekankan dalam Islam adalah sedekah jariyah. Yakni sedekah yang terus menerus bermanfaat sampai setelah matinya orang yang memberi sedekah.
  • Konspirasi Yahudi: Kisah Stalin dan Pemilik Modal Kacaukan Ekonomi Amerika dan Eropa
    Dunia Islam
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:56 WIB
    Konspirasi Yahudi Internasional mengacaukan ekonomi Amerika dan Eropa terjadi pada tahun 1929 sampai 1930. Kala itu krisis besar ini melanda kawasan tersebut.
  • Syariah yang Mulai Digandrungi dan Bangkitnya Semangat Keislaman
    Tausiyah
    Rabu, 29 Januari 2020 - 22:37 WIB
    Saya menuliskan ini di udara dalam perjalanan dari Doha menuju New York. Saya biasa menyebutnya kampung New York. Di kota inilah saya dan keluarga bermukim sejak 1996.
  • Anti Syariah yang Menjadi Pelaku Bisnis Syariah
    Hikmah
    Senin, 16 Desember 2019 - 09:00 WIB
    Di berbagai belahan dunia terjadi prilaku aneh nan lucu manusia. Seringkali kita lihat prilaku paradoks, atau sikap inkonsistensi dalam banyak hal.
  • Ini Perbedaan Paham Ekonomi Islam dengan Sosialisme Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan jika paham ekonomi materialis liberal mengkultuskan kebebasan individu maka paham ekonomi sosialis juga memiliki pandangan tersendiri.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Nabi Muhammad Asuh Sayidina Ali Gara-gara Krisis Ekonomi Melanda Makkah
    Hikmah
    Senin, 09 November 2020 - 08:00 WIB
    Pada saat krisis itu, Nabi Muhammad SAW telah berumah tangga dengan Siti Khadijah binti Khuwalid. Keluarga Nabi sangat berkecukupan. Siti Khadijah adalah saudagar kaya.
  • Yayasan Muslim Sinarmas Wakafkan Al-Quran kepada PP Muhammadiyah
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 April 2023 - 10:01 WIB
    Salah satu kegiatan mulia yang bisa dilakukan oleh kaum muslim selama bulan suci Ramadan adalah melaksanakan wakaf Alquran di berbagai tempat.
  • Fintech: Pilihan Investasi Halal yang Jauh Lebih Nyaman dan Mudah
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 20:34 WIB
    Hal ini akan berubah, kata para ahli, dengan hadirnya fintech teknologi keuangan yang dapat membuat investasi lebih mudah diakses oleh konsumen biasa dan investor individu.
  • Pandangan Islam Terhadap Hak Milik Pribadi Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 15:56 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Sistem Komunis menghilangkan pemilikan pribadi secara mutlak, kecuali sebagian barang-barang ringan, seperti perkakas rumah dan kendaraan.
  • Ekonomi Halal Global Akan Mencapai USD7,7 Triliun Pada 2025
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Ekonomi halal Islam global diperkirakan akan mencapai nilai pasar sebesar USD7,7 triliun pada tahun 2025, lebih dari dua kali lipat nilai pasar halal sebesar USD3,2 triliun pada tahun 2015.
  • Tengku Zulkarnain: Zakat Perkuat Ekonomi Umat Islam
    Tips
    Selasa, 19 Mei 2020 - 04:03 WIB
    Kini baru kita sadari fatwa ketiga Imam tersebut telah menunjukkan kehebatannya, selama 13 abad lebih, yakni dalam menggerakkan kekuatan ekonomi umat Islam.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Kaidah Penting dalam Ekonomi Islam adalah Kemandirian
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Wajib bagi umat Islam mempelajari dan mengajarkannya serta memperdalam (mengambil spesialisasi), sehingga umat Islam tidak lagi bergantung kepada umat lainnya dan tidak dikuasai oleh umat lain.
  • Ramadan Warga Suriah: Tinggal di Rumah yang Hancur Akibat Bom
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Maret 2024 - 15:52 WIB
    Warga Suriah barat laut merayakan Ramadan di rumah mereka yang hancur akibat bom dengan latar belakang krisis ekonomi yang mengerikan dan perang saudara yang telah berlangsung selama 13 tahun.
  • Kisah Raja Charles III Bicara soal Keuangan Islam yang Anti-Riba
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 04:14 WIB
    Dalam pidato tahun 2013, misalnya, Charles III menunjukkan pengetahuan terperinci tentang keuangan Islam, dan manfaat yang dia yakini dapat dibawa ke pasar keuangan global.
  • Tertinggi, Aktivitas Non-Migas Sumbang 50 persen PDB Arab Saudi
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:51 WIB
    Pada 2023, aktivitas ekonomi non-migas Arab Saudi berkontribusi 50 persen terhadap produk domestik bruto. Ini adalah tingkat tertinggi yang pernah terjadi.
  • Gus Baha Nikah Naik Bus Ekonomi Jogjakarta-Pasuruan Sendirian,  Begini Kisahnya
    Dunia Islam
    Sabtu, 04 September 2021 - 14:35 WIB
    Gus Baha nikah naik bus ekonomi Yogjakarta ke Pasuruan. Kesederhanaan memang sudah melekat pada ulama asal Rembang ini.
  • Perencanaan dan Penyiapan SDM Menuju Kemandirian Umat Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 05:56 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar umat dapat memenuhi kebutuhannya dan bisa mandiri, antara lain adalah membuat planning atau perencanaan.
  • Zakat Tak Ada Kaitannya dengan Pemerataan, Begini Penjelasan Kiai Masdar Masudi
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Kiai Masdar mengatakan bicara soal zakat dikaitkan dengan pemerataan ada kesan memaksakan diri, mangada-ada! Anehnya orang tak kunjung kapok menjadikannya sebagai tema
  • Arab Saudi Ekspor Kurma Senilai Rp6 Triliun pada 2023
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 15:22 WIB
    Arab Saudi mengekspor kurma senilai SR 1,462 miliar atau setara Rp6,138 triliun pada tahun 2023. Angka itu naik 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang SR 1,280 miliar.
  • Perempuan Arab Saudi Sudah Berubah: Isi 36 Persen Angkatan Kerja
    Dunia Islam
    Sabtu, 09 Maret 2024 - 13:16 WIB
    Reformasi yang dilakukan di Arab Saudi telah mengubah partisipasi perempuan dalam angkatan kerja, bisnis dan kepemimpinan, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.