Topik Terkait: Pertanyaan Di Alam Kubur (halaman 3)

  • Membaca Surat Yasin dan Doa Ziarah Kubur
    Tips
    Senin, 13 November 2023 - 13:46 WIB
    Bacaan Surat Yasin dan doa ziarah kubur, merupakan amalan yang dapat dilakukan ketika akan ziarah ke kuburan atau area pemakaman. Bagaimana manfaat Surat Yasin saat ziarah kubur ini?
  • Ziarah Kubur dan Kondisi Mayit Ketika Diziarahi
    Hikmah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 11:23 WIB
    Ziarah kubur, selain mengobati kerinduan ternyata seseorang yang telah meninggal itu pun merasa senang sebab mereka pun mengetahui kehadiran kita. Benarkah demikian?
  • Tuduhan Palsu: Ibnu Taimiyah Melarang Ziarah Kubur Nabi
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 11:35 WIB
    Yang beliau larang adalah bepergian/safar untuk ziarah. Jadi ziarah kubur itu suatu masalah dan bepergian dalam rangka ziarah kubur itu masalah lain lagi
  • Hidup di Alam Kubur Bagai Berada dalam Ruangan Terpisah yang Terbuat dari Kaca
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Februari 2022 - 07:12 WIB
    Para ulama mengartikan alam barzakh sebagai periode antara kehidupan dunia dan akhirat. Keberadaan di sana memungkinkan seseorang untuk melihat kehidupan dunia dan akhirat.
  • 4 Alasan Mengapa Manusia Takut Mati
    Tausyiah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 15:16 WIB
    Pada umumnya manusia tidak suka bahkan sangat takut pada kematian (Al-Maut). Mereka membayangkan kematian sebagai peristiwa yang amat tragis dan mengerikan.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Begini Ngerinya Azab Kubur Bagi Orang yang Dusta, Zina, dan Riba
    Tausyiah
    Senin, 01 Maret 2021 - 17:45 WIB
    Sebab-sebab yang membuat penghuni kubur disiksa ada dua: umum dan terperinci. Secara umum, mereka disiksa karena tidak mengenal Allah, menyia-nyiakan perintah-Nya dan berbuat maksiat.
  • Bacaan Doa Ziarah Kubur dan Yasin, Arab, Latin dan Bahasa Indonesia
    Tips
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:12 WIB
    Bacaan doa ziarah kubur dan Yasin, Arab, Latin dan bahasa Indonesia banyak diamalkan kaum muslimin ketika berziarah. Hal ini sebagai salah satu cara berhubungan dengan arwah leluhur yang telah meninggal dunia.
  • Apa Saja Siksaan di Alam Kubur? Begini Gambarannya
    Hikmah
    Minggu, 14 April 2024 - 05:15 WIB
    Apa saja siksaan di alam kubur? Pertanyaan ini menjadi semangat untuk mengetahui bagaimana keadaan di alam kubur terutama bagi orang yang beriman, begitu juga sebaliknya.
  • Sampaikah Kiriman Doa untuk Orang yang Meninggal? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 10 Mei 2022 - 11:21 WIB
    Hanya doa yang diharapkan oleh orang yang sudah meninggal, karena kiriman doa akan lebih berarti dan diinginkan dari pada dunia beserta seisinya. Mereka akan begitu bahagia, bilamana dikirimi doa.
  • Hukum Memakai Sandal di Pekuburan, Begini Pendapat 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 22:21 WIB
    Setiap menjelang bulan Ramadan, pekuburan selalu ramai dikunjungi umat muslim yang ingin berziarah. Benarkah memakai sandal di pekuburan dilarang dalam syariat?
  • Kisah Penggali Kubur Menyetubuhi Mayat yang Membuat Rasulullah SAW Marah
    Hikmah
    Kamis, 30 September 2021 - 14:01 WIB
    Ada seorang pemuda Madinah yang pekerjaannya sebagai penggali kubur. Pemuda ini gemar mencuri barang-barang berharga dalam kuburan. Suatu kali ia menyetubuhi mayat seorang gadis.
  • Begini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Mulk, Salah Satunya Selamat dari Siksa Kubur
    Hikmah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:42 WIB
    Khusus keistimewaan Surat Al-Mulk, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, dapat meringankan siksa yang diterima oleh si mayit dan dapat menyelamatkannya dari siksa kubur.
  • Bencana Alam dan Gelombang Panas Membakar Dunia: Peringatan Kian Dekatnya Kiamat
    Hikmah
    Kamis, 09 Mei 2024 - 18:21 WIB
    Banjir telah menghancurkan seluruh dunia, melanda Kenya, menenggelamkan Dubai, dan memaksa ratusan ribu orang mulai dari Rusia hingga Tiongkok, Brasil, dan Somalia meninggalkan rumah mereka.
  • Tiga Soal Ujian di Alam Kubur untuk Dapat Tiket Surga atau Neraka
    Tausyiah
    Senin, 08 Juni 2020 - 15:17 WIB
    Kewajiban setiap muslim, tanpa terkecuali, dituntut untuk mengetahui serta menyakini, bahwa di dalam kubur nanti ada nikmat maupun siksa bagi penghuninya.
  • Inilah Kondisi Mayit Ketika Diziarahi
    Muslimah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 06:59 WIB
    Ziarah kubur menjadi salah satu cara melepas kerinduan antara orang yang masih hidup dengan seseorang yang sudah meninggal. Dan ternyata, orang yang telah meninggal itu pun merasa senang sebab mereka mengetahui kehadiran kita.
  • Hukum Ziarah Kubur Bagi Perempuan
    Tausiyah
    Rabu, 13 Juni 2018 - 15:50 WIB
    Apa hukum ziarah kubur bagi perempuan jika tetap menjaga adab-adab ziarah kubur? Berikut penjelasan Ustaz Abul Somad.
  • 5 Tahapan Kehidupan Menurut Al-Quran, Akhirat Ujung dari Semuanya
    Tausyiah
    Selasa, 12 Juli 2022 - 19:39 WIB
    Ibnu Taimiyah mengatakan termasuk beriman dengan hari akhir adalah beriman dengan segala sesuatu yang Nabi SAW kabarkan tentang apa yang terjadi setelah mati.
  • Hukum Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan dan Idul Fitri
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 02:02 WIB
    Umat Islam memiliki kebiasaan melakukan ziarah kubur sebelum Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Tak terkecuali di Indonesia ziarah kubur ini sudah menjadi tradisi.
  • Diskusi Sayyidah Aisyah dengan Wanita Yahudi Tentang Azab Kubur
    Muslimah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 14:31 WIB
    Sayyidah Aisyah radhiyallahuanha menerima tamu seorang perempuan Yahudi di rumahnya. Perempuan tersebut mengajak sayyidah Aisyah untuk berdiskusi. Ternyata yang diperbincangkan dua wanita ini adalah tentang azab kubur.
  • Jenis-jenis Azab Kubur dan Gambaran Tentangnya
    Tips
    Jum'at, 10 September 2021 - 17:30 WIB
    Sebelum mencapai alam akhirat, maka manusia akan melewati fase di mana akan berada dalam alam kubur hingga kelak tiba di hari kebangkitan. Inilah gambaran alam dan azab kubur.