Topik Terkait: Piala Dunia Qatar 2022 (halaman 500)

  • Idulfitri, Berharap Maghfirah Ilahi: Berlindung dari Siksa Neraka
    Tausyiah
    Kamis, 11 April 2024 - 05:15 WIB
    Dari kedua ayat tersebut juga terbaca bahwa syarat penutupan dosa dan perlindungan dari siksa adalah berbuat kebajikan. Di sini terlihat salah satu perbedaan antara al-afw (maaf dengan ghufran.
  • Idulfitri: Allah Taala Menutup Kesalahan Kecil karena Menghindari Dosa Besar
    Tausyiah
    Kamis, 11 April 2024 - 05:31 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan untuk menutup dosa dengan pekerjaan tertentu, Al-Quran juga menggunakan istilah takfir. Kata ini, terambil dari kata kaffara yang berarti menutup.
  • Cara dan Niat Puasa Syawal Beserta Keutamaannya
    Tips
    Jum'at, 12 April 2024 - 11:01 WIB
    Saatnya menunaikan puasa sunnah Syawal selama 6 hari, sebagai sebagai penyempurna dari puasa di bulan Ramadhan. Begini tata cara dan bacaan niatnya.
  • 3 Doa Malaikat Jibril yang Diaminkan Rasulullah SAW
    Tips
    Senin, 15 April 2024 - 07:42 WIB
    Ada tiga doa malaikat Jibril yang ternyata diaminkan oleh Baginda Rasulullah SAW, namun doa Malaikat Jibril alaihissalam ini, merupakan doa keburukan terhadap tiga golongan.
  • 5 Keutamaan Persia dalam Islam Berdasar Hadis Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Rabu, 17 April 2024 - 11:38 WIB
    Setidaknya ada 5 keutamaan Persia dalam Islam. Salah satunya, Persia tersirat dalam Al-Quran Surat Al-Jumah ayat 3 dan Surat Muhammad ayat 38.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • 5 Fadilah Surat Al-Kahfi, Salah Satunya Terhindar dari Fitnah Dajjal
    Hikmah
    Rabu, 17 April 2024 - 11:47 WIB
    Fadilah surat al Kahfi cukup banyak. Surat ini disarankan dibaca umat Islam di hari Jumat, selain surah Yasin. Hal ini berkaitan erat dengan sabda Rasulullah SAW yang sangat menganjurkannya.
  • Syaikh Imran Nazar Hosein: Kaum Yahudi Benci Islam dan Muslim
    Hikmah
    Kamis, 18 April 2024 - 14:43 WIB
    Syaikh Imran Hosein mengatakan Al-Quran tidak memperlakukan semua orang Kristen dan Yahudi dengan cara yang sama dan telah membuat perbedaan yang sangat penting antara dua jenis Kristen yang berlainan
  • 70.000 Yahudi Isfahan Menjadi Tentara Dajjal, Benarkah Berasal dari Iran?
    Hikmah
    Jum'at, 19 April 2024 - 17:46 WIB
    70.000 Yahudi Isfahan menjadi tentara Dajjal, benarkan berasal dari Iran? Terdapat beberapa riwayat yang menyebutkan tentang Dajjal dan satu di antaranya tentang tentara Yahudi yang menjadi tentara Dajjal.
  • 4 Tanda Kiamat yang Muncul di Tanah Arab, Apakah Dubai Terendam Banjir Juga Termasuk?
    Hikmah
    Jum'at, 19 April 2024 - 17:34 WIB
    Tanda-tanda kiamat sudah dekat terus bermunculan, termasuk sejumlah peristiwa di tanah Arab. Sebagian orang bahkan menganggap banjir yang melanda Dubai, Uni Emirat Arab, adalah salah satu tandanya.
  • Ini Mengapa Iran Menjadi Negara Islam Kuat yang Mandiri
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 April 2024 - 14:21 WIB
    Rakyat Iran yang semula sangat bergantung pada negara asing, akhirnya mampu memproduksi sendiri sebagian besar kebutuhan senjata, mesin dan barang-barang produksi lainnya.
  • Hadis yang Menginformasikan Kemenangan Kaum Muslim Melawan Yahudi Jelang Kiamat
    Hikmah
    Sabtu, 20 April 2024 - 13:33 WIB
    Al Hafiz Ibnu Hajar Al Asqalani menyebut ada hadis yang menginformasikan tentang akan terjadinya perang antara kaum muslimin dengan Yahudi. Perang itu dimenangan kaum muslim.
  • Perang Nahawand: Kisah Saad bin Abi Waqqas Kena Fitnah
    Hikmah
    Minggu, 21 April 2024 - 05:15 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad SAW yang oleh Abdurrahman bin Auf ra diberi julukan Singa Yang Menyembunyikan Kukunya itu dituduh befoya-foya bergelimang harta selama di Kufah, Irak.
  • Bacaan Ratib Al Haadad, Teks Arab dan Terjemah Indonesia
    Tips
    Selasa, 23 April 2024 - 10:28 WIB
    Berikut ini bacaan Ratib Al Haadad, teks Arab dan terjemah Indonesia. Namun sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu tentang ratib tersebut.
  • Asal-Usul Keranda Mayat dan Kisah Putri Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 25 April 2024 - 11:10 WIB
    Ada kisah menarik dan penuh hikmah dari putri Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam Fatimah Az-Zahra dengan asal usul adanya keranda mayat
  • Benarkah Harus Menunggu Hidayah Dulu untuk Berhijab?
    Muslimah
    Sabtu, 27 April 2024 - 05:15 WIB
    Benarkah berhijab harus menunggu hidayah dulu? Pertanyaan ini muncul dan kembali ramai diperbincangkan, menyusul adanya anak seorang public figure yang membuka kembali hijabnya dengan alasan tengah mencari jati dirinya.
  • Batas Puasa Syawal 2024 Sampai Kapan?
    Tausyiah
    Senin, 29 April 2024 - 15:10 WIB
    Batas puasa Syawal tahun 2024 sampai kapan? Pertanyaan ini menjadi penentu kapan berakhirnya waktu melaksanakan puasa sunnah Syawal selama 6 hari tersebut.
  • 25 Contoh Bacaan Iqlab dalam Al Quran, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
    Tips
    Selasa, 30 April 2024 - 09:37 WIB
    Contoh bacaan Iqlab ini perlu dipahami oleh setiap muslim sebelum membaca Al Quran, supaya bacaannya nanti sesuai dengan hukum tajwid
  • 5 Rekomendasi Pondok Pesantren di Yogyakarta
    Dunia Islam
    Selasa, 30 April 2024 - 17:14 WIB
    Selain memiliki perguruan tinggi unggulan, Yogyakarta juga mempunyai pondok pesantren (Ponpes) yang menjadi pusat menimba ilmu agama dari berbagai santri yang ada di seluruh penjuru tanah air.
  • Kisah Mualaf Kapolda Papua Mathius D Fakhiri, Akhirnya Mantap Peluk Agama Islam
    Dunia Islam
    Selasa, 30 April 2024 - 16:57 WIB
    Kisah Mualaf Mathius D Fakhiri yang saat ini tengah mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Papua menarik untuk dibahas.
  • Jadwal Imsakiyah Surabaya, 6 April 2024/ 26 Ramadan 1445 Hijriah
    Tips
    Jum'at, 05 April 2024 - 19:51 WIB
    Jadwal Imsakiyah Surabaya berlaku hari, 6 April 2024/ 26 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Surabaya dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan