Topik Terkait: Pilpres Amerika Serikat (halaman 45)

  • Menjadi Menantu Abu...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 16:00 WIB
    Setelah Surat Al-Lahab ayat 1-5 turun, Abu Lahab berkata kepada anaknya, hubungan kita terputus jika kau tidak menceraikan anak perempuan Muhammad!
  • Yaman Pra-Islam: Abrahah...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Kisah ini terjadi di Yaman pada masa pra-Islam. Kala itu, Yaman adalah negeri di Jazirah Arab yang amat diperhitungkan. Negeri dengan peradaban yang kuat.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 06:04 WIB
    Akhirnya, penjala ikan itu berhenti. Ia membuka keranjang, dilihatnya ikan bodoh itu tidak bernafas, dan membawanya pulang untuk santapan kucing.
  • Kisah Al-Ghafiqi, Terulangnya...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:40 WIB
    Pada Balath Syuhada kaum muslimin telah menyia-nyiakan kesempatan emas, bahkan kehilangan seorang pemimpin besar nan tangguh Abdurrahman al-Ghafiqi.
  • Kisah Pemuda yang Bertobat...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 23:29 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin karya Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) diceritakan kisah seorang pemuda di zaman Nabi yang bertobat setelah puas menyetubuhi mayit gadis.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Abu Nawas Mencari Ibu...
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 13:56 WIB
    Sultan sudah tahu, bahwa Ibu Abu Nawas sudah meninggal, namun ia menyuruh si cerdik ini membawa ibunya. Nanti aku beri engkau hadiah seratus dinar, janjinya.
  • Jadwal Puasa Sunnah...
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 17:29 WIB
    Besok Senin kita akan memasuki 1 Juni 2020 bertepatan 9 Syawal 1441 Hijriyah. Berikut jadwal puasa sunnah pada bulan Juni 2020 berikut bacaan niatnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 14:05 WIB
    Kisah ini diambil dari tradisi lisan para Darwis Badakhshan, dan dikarang oleh Khwaja Muhammad Baba Samasi. Ia adalah Guru Agung dalam Tarekat Para Guru.
  • Cara Mengetahui Kedudukan...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 20:51 WIB
    Setiap manusia memiliki maqom (kedudukan) di sisi Allah Taala. Lalu bagaimana melihat kedudukan kita di sisi Allah? Berikut penjelasan dari Imam Ibnu Athoillah.
  • Hikayat Mistis: Burung...
    Hikmah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Lama waktu berlalu. Burung merak itu lupa pada dirinya sendiri, sang raja, dan burung merak lainnya. Burung itu tidak melihat apa-apa kecuali kantung kulit yang kotor.
  • Amalan yang Membuat...
    Tausyiah
    Senin, 01 Juni 2020 - 20:00 WIB
    Al-Habib Quraisy Baharun (pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan) menjelaskan beberapa amalan yang terkesan remeh namun memiliki fadhillah besar. Berikut amalannya.
  • Kisah Imam Hatim dan...
    Hikmah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 08:51 WIB
    Imam Hatim Al-Asham (wafat 237 H) seorang ulama besar Khurasan yang mendapat julukan Al-Asham (yang tuli). Beliau tidak tuli, akan tetapi berpura-pura tuli karena ingin menjaga kehormatan orang lain.
  • Tragedi Qaramithah:...
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Seorang lelaki memukul dan mencongkel Hajar Aswad. Dengan nada menantang, Abu Thahir sesumbar : Mana burung-burung Ababil? Mana bebatuan dari Neraka Sijjil?
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 06:24 WIB
    Sungai itu yakin sudah takdir baginya untuk melintasi gurun itu, tetapi sejauh ini usahanya gagal. Terdengarlah suara: angin bisa menyeberangi gurun, sungai pun bisa.
  • Ketika Imam Hatim Al-Asham...
    Tausyiah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 20:25 WIB
    Hatim Al-Asham adalah seorang ulama ahli ibadah dan sangat bertakwa. Pada suatu hari, ia kedatangan tamu bernama Isham bin Yusuf dan mengutarakan pertanyaan.
  • Tata Krama Tinja Abu...
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 09:12 WIB
    Abu Nawas protes kepada raja kenapa harus ditangkap. Raja pun akhirnya menjawab, Abu Nawas dianggap telah menghina raja karena buang hajat di depan raja.
  • Inilah Rentetan Peristiwa...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 08:15 WIB
    Setiap muslim wajib mengimani datangnya hari Kiamat besar sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran dan Hadis Nabi. Berikut tanda-tanda terjadinya Kiamat dikutip dari berbagai sumber.
  • Dua Versi Tentang Kisah...
    Hikmah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Ada dua versi tentang bagaimana cerita tentang Umar bin Khattab saat akan masuk Islam. Versi yang terakhir dituturkan Umar sendiri. Seperti kisahnya?
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 06:23 WIB
    Bagi raja seperti Tuan, sahut Umar kepada tiran, yang padanya tak cukup hanya diungkapkan satu kebenaran melainkan tiga, kami juga bisa memberi kebenaran.
  • Begini Dialog Antara...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 15:16 WIB
    Syaikh Muhammad bin Khalil Haras mengatakan, Firaun pura-pura bodoh dengan Rabb semesta alam dan menanyakan kepada Musa tentang hakekat dan sifatNya.