Topik Terkait: Potret Muslimah Zuhud Dan Haus Ilmu

  • Perlunya Muslimah Belajar Ilmu Fiqih, Ini Alasannya!
    Muslimah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 11:10 WIB
    Dalam Islam, kaum muslimah memiliki kemuliaan dan keistimewaan tersendiri. Karena keistimewaannya ini, maka ada sebuah cabang ilmu Islam yang mempelajari tentang fiqih perempuan , yang menjelaskan mengenai hukum dan aturan dunia wanita.
  • Hadis Arbain: Perintah untuk Bersifat Zuhud
    Tips
    Sabtu, 18 November 2023 - 10:46 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-31 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Puasa Ramadan Bukan Sekadar Menahan Haus, Lapar dan Berahi
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 10:14 WIB
    Hakikat pengertian puasa tidak saja mampu menahan diri dari makan, minum, atau berhubungan intim di siang hari. Lebih dari itu adalah menahan diri dari segala perbuatan dan ucapan yang diharamkan.
  • Tak Sekadar Fesyen, Jilbab Bisa Menyelamatkan Muslimah dari Azab
    Muslimah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 12:03 WIB
    Menutup aurat dengan jilbab atau hijab, saat ini tidak sekadar kewajiban sebagi seorang muslimah, namun sudah menjadi bagian dari gaya hidup karena keutamaan dan manfaatnya.
  • Manfaat Hijab Bagi Kecantikan Tubuh, Muslimah Wajib Tahu!
    Muslimah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 11:27 WIB
    Berhijab, selain untuk melaksanakan kewajiban syariat agama, ternyata juga memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kecantikan dan kesehatan seorang muslimah.
  • Senang Shopping? Waspada Bahayanya Bagi Muslimah
    Muslimah
    Minggu, 19 Juli 2020 - 09:20 WIB
    Ada sebagian orang yang tergila-gila pada aktivitas shopping, sampai rela menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di mall, supermarket, swalayan atau bahkan pasar.
  • Doa Mandi Haid dan Manfaatnya Bagi Muslimah
    Muslimah
    Senin, 20 Juni 2022 - 16:30 WIB
    Bagi kaum muslimah, doa mandi haid ini penting diperhatikan. Doa yang diamalkan ketika akan mandi setelah selesai mengalami siklus bulanan tersebut, ternyata juga mengandung manfaat luar biasa yang bernilai ibadah.
  • Imam Syafii, Syair Zuhud dan Syair Akhlak Karyanya
    Hikmah
    Senin, 09 Agustus 2021 - 15:27 WIB
    Imam Syafii dikenal sebagai salah seorang dari empat imam madzhab tetapi tidak banyak yang tahu bahwa ia juga seorang penyair. Berikut contoh syair sang imam tersebut.
  • Pentingnya Muslimah Menjaga Iffah di Zaman Fitnah Saat Ini
    Muslimah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 19:31 WIB
    Iffah secara bahasa yaitu menahan, sedangkan secara istilah, menahan diri sepenuhnya dari hal-hal yang Allah Subhanahu wa taala telah haramkan. Hakikat muslimah adalah menutup auratnya, menjaga kehormatannya, menjaga kesucian dirinya dan lain sebagainya.
  • Haruskah Busana Muslimah Berwarna Hitam? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 01 Januari 2022 - 05:10 WIB
    Ada sebagian pendapat di kalangan muslimah, bila busana syari yang paling pantas dikenakan muslimah adalah berwarna hitam. Benarkah demikian?
  • Ketika Karier Menjadi Pilihan Muslimah, Ini Syaratnya!
    Muslimah
    Kamis, 25 Juni 2020 - 14:57 WIB
    Wanita mendapat tempat bahkan sederajat dengan laki-laki dalam beberapa hal termasuk pekerjaan. Lantas, bagaimana pandangan Islam jika seorang wanita atau perempuan muslimah memilih bekerja atau berkarier?
  • Apakah Busana Syari Muslimah Harus Berwarna Hitam? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:00 WIB
    Masih ada pemahaman di masyarakat bahwa busana atau pakaian syari yang dikenakan kaum muslimah harus berwarna hitam. Benarkah demikian? Bagaimana dalil dan hukumnya menurut syariat?
  • 6 Nasihat untuk Muslimah agar Selamat Dunia dan Akhirat
    Muslimah
    Senin, 22 Mei 2023 - 09:31 WIB
    Para ulama memberi nasihat kepada para muslimah agar bersuka cita dengan anugerah agama ini, agar mereka bisa membangun istananya di surga.
  • Ingin Berbusana Syari? Inilah 4 Panduan yang Penting Diketahui Kaum Muslimah
    Muslimah
    Minggu, 25 Desember 2022 - 17:04 WIB
    Model busana muslimah tidak disyariatkan secara khusus dalam Islam. Hal itu diserahkan sepenuhnya kepada kaum muslimah untuk berkreasi dalam berpakaian asalkan mengikuti aturan syariat.
  • Carilah Ilmu Senjata Muslim Menjauhkan Diri dari Talbis dan Ghurur
    Tips
    Kamis, 13 Januari 2022 - 08:54 WIB
    Beragam tipu daya setan untuk menggoda manusia banyak sekali, salah satunya dengan cara talbis dan ghurur. Talbis adalah menampakkan kebatilan dalam bentuk kebenaran,sedangkan ghurur adalah kejahilan.
  • Muslimah, Ini Pentingnya Menyempurnakan Wudhu
    Muslimah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 17:51 WIB
    Di sebagian kaum perempuan, banyak yang kurang perhatian terhadap kesempurnaan wudhu. Mereka biasanya berwudhu dengan cepat, tidak bersungguh-sungguh dalam membasuhnya dan tidak pula memperhatikannya
  • 5 Jenis Pakaian Muslimah di Zaman Rasulullah
    Muslimah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 15:58 WIB
    Islam tidak menentukan model pakaian syari yang dikenakan kaum muslimah. Syariat hanya menetapkan rambu-rambu atau aturan pakaian muslimah yang sesuai dengan syariat dan tuntunan agama saja.
  • Akhlak dan Adab Seorang Muslimah yang Diberitahukan Al Quran dan Hadis
    Muslimah
    Selasa, 28 November 2023 - 10:15 WIB
    Akhlak dan adab merupakan salah satu hal penting, apalagi bagi seorang muslimah, dan semua akhlak yang baik untuk seorang muslimah sudah diberitahukan didalam Al Quran dan hadis
  • Bolehkah Busana Muslimah Berwarna Selain Hitam?
    Muslimah
    Senin, 22 Maret 2021 - 18:20 WIB
    Apakah perempuan muslimah di zaman Nabi selalu berpakaian warna hitam? Para ummul mukminin, istri-istri sahabat Nabi, atau para shahabiyah juga memakai busana warna hitam?
  • Ilmu Wudhu yang Wajib Kamu Ketahui (2)
    Hikmah
    Senin, 30 Desember 2019 - 16:44 WIB
    Sebelumnya telah dijelaskan 6 wajib wudhu. Selanjutnya akan diuraikan tentang sunnah-sunnah berwudhu. Berikut penjelasannya.