Topik Terkait: Rajin Belajar (halaman 2)

  • Ganjar Rajin Sowan ke Ulama, Apa Syarat Menjadi Ulama?
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 November 2023 - 12:50 WIB
    Calon Presiden Ganjar Pranowo belakangan ini rajin sowan ke ulama..Baru-baru ini, misalnya, ia berkunjung ke Pesantren Al Muhajirin di Purwakarta. Lalu apa syarat seseorang dianggap sebagai ulama?
  • Tingkatan Zikrullah Para Wali dan Belajar dari Seekor Kucing
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 16:58 WIB
    Tingkatan zikir para wali, pikiran-pikirannya seluruhnya terserap dalam perenungan dan keagungan Allah, dan sama sekali tidak menyisakan lagi ruang di hati mereka untuk hal-hal lain.
  • Belajar dari Istri Nabi Musa : Selalu Menjaga Rasa Malu
    Muslimah
    Sabtu, 13 November 2021 - 05:15 WIB
    Ada beberapa istri para nabi yang patut kita teladani dari sifat maupun akhlaknya. Salah satunya adalah istri Nabi Musa alaihissalam, yakni Shafura atau Shafuriyya.
  • 9 Fakta Kecerdasan Imam Syafii Saat Belajar di Masa Kecil
    Hikmah
    Kamis, 24 November 2022 - 05:10 WIB
    Imam Syafii (150-204 Hijriyah) bernama asli Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafii rahimahullah. Sejak kecil dikenal memiliki kecerdasan luar biasa. Berikut ini 9 faktanya.
  • Belajar dari Sa’ad bin Abi Waqqash, Mengapa Doanya Selalu Terkabul
    Tausyiah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:40 WIB
    Adakalanya seorang Muslim bersungguh-sungguh dalam melakukan amal saleh akan tetapi ia memandang remeh dan kurang peduli dengan masalah mengkonsumsi harta yang haram.
  • Sambut Ramadan, Aplikasi Belajar Ngaji Diluncurkan
    Dunia Islam
    Rabu, 06 Maret 2024 - 05:58 WIB
    Menyambut bulan suci Ramadan aplikasi bernama ngaji.ai, resmi diluncurkan oleh perusahaan pelopor penerapan teknologi AI (Artifical Intelligence), Vokal.ai.
  • Belajar Mengingat Kematian dari Hafshah binti Sirin
    Muslimah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 14:20 WIB
    Mengingat kematian juga merupakan salah cara hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Subahanhu wa taala. Mereka yang senantiasa mengingat kematian akan mengontrol nafsu duniawinya
  • Belajar Ilmu Tajwid Mudah dan Lengkap untuk Pemula
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 20:55 WIB
    Belajar ilmu Tajwid mudah dan lengkap untuk pemula dapat dipraktikkan langsung. Cukup dengan memahami hukum-hukum Tajwid insya Allah bisa membaca Al-Quran dengan benar.
  • Datang ke pesantren, cari makan sampai belajar islam
    Hikmah
    Selasa, 23 Juli 2013 - 08:59 WIB
    Hampir setiap hari di bulan Ramadan lantunan ayat-ayat suci Alquran riuh terdengar di Pesantren Annihayah, Desa Sukamerta, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang. Tapi ada yang tidak biasa dengan para santrinya pada kegiatan tersebut.
  • An-Nadhr: Belajar Sejarah ke Irak Demi Taklukkan Nabi
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 14:57 WIB
    Setiap kali Nabi menyeru manusia kepada Allah Taala maka An-Nadhr akan melaksanakan hal yang sama. Nabi membaca Al-Quran, maka ia menceritakan tentang legenda raja-raja Persia.
  • Belajar Patriotisme dan Hak Asasi Wanita dari Nusaibah binti Ka’ab Al-Ansariyah
    Muslimah
    Senin, 06 Juli 2020 - 13:05 WIB
    Nusaibah binti Kaab Al-Ansariyah, adalah salah satu pejuang muslimah pertama yang mempertaruhkan hidupnya demi melindungi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Surat Yasin Ayat 30-31: Belajar dari Kisah-Kisah Terdahulu
    Tausyiah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 17:42 WIB
    Surat Yasin ayat 30-31 mengingatkan akan pentingnya mengambil hikmah kisah-kisah terdahulu. Dua ayat ini menyinggung orang-orang yang mengolok-olok para utusan Allah SWT.
  • Kisah Al-Qanabi Belajar Hadis Tanpa Adab, Ini yang Didapatnya
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 22:12 WIB
    Kisah Al-Qanabi belajar Hadis bisa kita jadikan pelajaran betapa pentingnya adab sebelum menunut ilmu. Kisah ini salah satu kisah menarik dalam buku 100 Kisah Menarik Penuh Ibrah.
  • Belajar Menjaga Rahasia  dari Fatimah binti Muhammad
    Muslimah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 21:35 WIB
    Fatimah adalah belahan jiwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, putri perempuan terpandang dan mantap agamanya, istri dari laki-laki ahli surga yaitu Ali bin Abi Thalib
  • Karomah Luar Biasa Bila Rajin Membaca Ayat Paling Agung, Ayat Kursi
    Muslimah
    Jum'at, 02 Oktober 2020 - 12:14 WIB
    Di setiap ayat-ayat pada bacaan Ayat Kursi mengandung banyak sekali arti dan makna tentang keutamaannya dan manfaatnya. Karena itu, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk secara rutin membaca ayat kursi dan mengamalkannya dalam berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari
  • Cara Membaca Tajwid Surat At-Talaq Ayat 3 dan Penjelasannya
    Tips
    Minggu, 10 Desember 2023 - 06:30 WIB
    Hukum Tajwid Surat At-Talaq Ayat 3 akan kita bahas dalam artikel kali ini supaya umat muslim semakin mantap saat tilawah Al-Quran. Membaca Al-Quran dengan ilmu tajwid hukumnya fardhu ain.
  • Belajar Kehidupan dari Sosok Hindun binti Utbah
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 16:08 WIB
    Selain meneladani kisah nabi, sebagai muslimah juga dianjurkan untuk meneladani para shahabiyah (sahabat nabi perempuan atau perempuan-perempuan hebat dan agung pada zaman Rasulullah). Sosok Hindun binti Utbah, salah satunya.
  • Dosen UIN Sultan Hasanudin: Penting Belajar Islam Secara Metodologis dan Bersanad
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 14:18 WIB
    Saat ini, muncul kecenderungan generasi muda di negeri ini belajar agama Islam secara otodidak akan tetapi tidak memperhatikan metodologi-metodologi dalam beragama.
  • Kisah Hikmah : Belajar Sabar dari Siti Hajar!
    Muslimah
    Minggu, 27 November 2022 - 11:02 WIB
    Kehadiran Siti Hajar dalam kehidupan Nabi Ibrahim Alaihissalam, berkat istri pertamanya Sarah. Siti Hajar pada awalnya merupakan budak yang membantu Sarah, istri Nabi Ibrahim tersebut.
  • Ulama NU Ini Ingatkan Para Dai Belajar Cara Dakwah Islam dari Sunan Ampel
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 10:39 WIB
    Meskipun Islam datang dari tanah Arab, namun para Walisongo tidak mentah-mentah mengajarkan Islam di nusantara sebagaimana Islam di Arab.