Topik Terkait: Rasul

  • Nabi Nuh, Rasul Pertama dan Semua Manusia Masa Kini adalah Keturunannya
    Hikmah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Nabi Nuh adalah rasul pertama. Di dunia ini, pada hari ini, anak-anak Adam adalah keturunan langsung dari Nuh dan tidak ada keturunan Adam lainnya.
  • Para Rasul Tidak Pernah Memerintahkan Umatnya Berdoa kepada Dirinya
    Tausyiah
    Rabu, 29 November 2023 - 14:35 WIB
    Kesempurnaan dan kemuliaan hanya milik Allah. Ibadah tidaklah pantas kecuali hanya untuk Allah, tiada yang berhak untuk diberikan penghambaan diri kecuali Dia yang Mahaagung.
  • Surat Thaha Ayat 41, Kisah Nabi Musa Diangkat Menjadi Rasul
    Hikmah
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 22:15 WIB
    Surat Thaha ayat 41 bercerita tentang pengangkatan Nabi Musa alahissalam sebagai Rasul Allah. Beliau dipilih menjadi Rasul untuk menyerukan kebenaran kepada Firaun yang zalim.
  • Tidur Siang, Sunnah Rasul yang memiliki Banyak Manfaat
    Tips
    Selasa, 11 Januari 2022 - 09:48 WIB
    Tidur siang ternyata merupakan sunnah Rasul. Tidur ini disebut tidur qailulah atau di siang hari dan aktivitas tersebut selalu dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang sudah pasti memiliki manfaat.
  • Sunnah Rasul Malam Jumat Salah Satunya Jima, Benarkah?
    Tausyiah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 18:20 WIB
    Kita patut bersyukur karena Allah memuliakan Jumat dengan banyak keberkahan di dalamnya. Benarkah Jima termasuk salah satu Sunnah Rasul malam Jumat?
  • Belajar dari Kisah Para Nabi dan Rasul
    Hikmah
    Selasa, 08 Mei 2018 - 06:05 WIB
    Alquranul-Karim merupakan kitab suci yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Firman-Nya berisi petunjuk kebenaran agar manusia memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat.
  • Nama 25 Nabi dan Rasul dalam Bahasa Ibrani
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 16:30 WIB
    Berikut nama 25 nabi dan rasul dalam bahasa Ibrani. Bahasa ini masuk dalam bahasa Semit dan menjadi bahasa resmi Israel. Bahasa Ibrani dituturkan oleh sebagian orang Yahudi di seluruh dunia.
  • 4 Sunnah Rasul Sebelum Tidur, Nomor 1 Sering Diremehkan
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 18:30 WIB
    Tak ada manusia yang hidupnya paling berkah dan paling produktif kecuali Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut 4 Sunnah Rasul sebelum tidur patut kita tiru.
  • Ibnu Katsir: Nuh Adalah Rasul Pertama Bagi Penduduk Bumi
    Hikmah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 04:44 WIB
    Wahai Nuh, engkau adalah Rasul pertama bagi penduduk bumi, dan engkau telah diakui sebagai hamba yang bersyukur oleh Allah, tidakkah engkau lihat keadaan kami ini?
  • Doa Terhindar dari Wabah yang Diajarkan Rasul
    Tips
    Selasa, 23 November 2021 - 06:51 WIB
    Doa terhindar dari wabah atau berbagai ragam penyakit ini, harus terus kita amalkan. Karena doa ini merupakan ikhtiar di saat menghadapi berbagai wabah, termasuk pandemi corona yang saat ini tengah terjadi.
  • Kebiasaan Rasul di Akhir Ramadan
    Tausiyah
    Senin, 05 Agustus 2013 - 06:32 WIB
    Ada kebiasaan Rasulullah saat sepuluh terakhir Ramadan, yaitu meningkatkan kualitas amal ibadahnya, kemudian ia mengencangkan ikat pinggang (saddakhmijar&rsquo). Kesungguhan Rasul dalam mengerjakan ini sangatlah fokus pada ibadah di sepuluh terakhir Ramadan.
  • Kisah Tobat Para Rasul, Ini Doa Nabi Nuh Ketika Melakukan Kesalahan
    Hikmah
    Sabtu, 03 Desember 2022 - 15:54 WIB
    Salah satu Rasul bergelar Ulul Azmi, Nabi Nuh alaihissalam pernah ditegur Allah karena melakukan kesalahan. Beliau pun bertobat dan memohon ampun kepada Allah.
  • Menghiasi Bulan Muharram dengan Amalan Sesuai Sunah Rasul
    Tausyiah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 19:02 WIB
    Muharram dikatakan mulia karena di dalamnya terdapat amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk melakukannya. Amalan sunah yang dimaksud ialah puasa.
  • 8 Manfaat Mempelajari Kisah Nabi dan Rasul
    Tausiyah
    Jum'at, 25 Oktober 2019 - 17:05 WIB
    Beriman kepada Nabi dan Rasul merupakan rukun iman yang wajib diyakini setiap muslim. Ada 8 manfaat mempelajari kisah Nabi dan Rasul.
  • Mengapa Mukjizat Nabi Muhammad Berbeda dengan Rasul Lainnya? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 11:44 WIB
    Para Nabi atau Rasul terdahulu memiliki mukjizat-mukjizat yang bersifat temporal, lokal, dan material. Ini disebabkan karena misi mereka terbatas pada daerah tertentu dan waktu tertentu.
  • Tata Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasul
    Tips
    Kamis, 03 Februari 2022 - 16:55 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah, seperti puasa Rajab dan Senin Kamis ini
  • 2 Perkara Maksiat yang Diperangi Allah dan Rasul-Nya
    Tausyiah
    Kamis, 27 Mei 2021 - 14:25 WIB
    Dari banyak jenis kemaksiatan, ada dua perkara yang Allah dan Rasul-Nya mengumumkan perang dengannya. Para ulama mengingatkan agar kaum muslimin menjauhi kedua perkara ini.
  • Begini Doa dan Cara Tobat  Para Rasul Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Siapa yang bisa menghindarkan dirinya sama sekali dari perbuatan dosa? Di sini istighfar berfungsi sebagai perangkat untuk menghilangkan kekurangannya, dan yang dapat mencucinya dari kotoran dosa
  • Iman kepada Kitab-Kitab Allah Taala dan Rasul-Nya Mencegah Perilaku Korupsi, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 21 November 2023 - 07:01 WIB
    Kitab-kitab yang telah Allah SWT turunkan baik Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran adalah berfungsi sebagai cahaya dan petunjuk kehidupan. Beriman kepada kitab Allah mencegah tindak korupsi.
  • Zikir dan Doa agar Terhindar dari Kebutaan
    Tips
    Rabu, 20 September 2023 - 15:45 WIB
    Sayid Muhammad bin Alwi al-Maliki di dalam kitab Abwabul Faraj mengajarkan sebuah zikir dan doa yang selayaknya kita amalkan agar kita terhindar dari kebutaan.