Topik Terkait: Republik Islam Iran (halaman 146)

  • Asbabun Nuzul Surah...
    Hikmah
    Kamis, 19 Desember 2019 - 16:53 WIB
    Umat Islam pasti sudah tidak asing lagi dengan dua surah populer dalam Al-Quran yaitu Surah Al-Falaq dan An-Naas. Berikut asbabun nuzul kedua surat itu.
  • Jejak awal penyebaran...
    Hikmah
    Senin, 12 Agustus 2013 - 13:43 WIB
    Objek wisata ini tak hanya menyajikan keindahan kolam berair jernih dengan ikan dewa berukuran besarnya, namun juga sejarah yang melatarbelakangi awal mula dibangunnya balong kramat oleh seorang utusan Sunan Gunung Jati untuk menyebarkan agama Islam di Kabupaten Kuningan
  • Azyumardi Azra: Para...
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:55 WIB
    Azyumardi Azra mengatakan, para sufi pengembaralah yang secara luas menjalankan dakwah Islam. Mereka berhasil mengislamkan penduduk di Nusantara paling tidak semenjak abad ke-13.
  • 5 Amalan untuk Menjemput...
    Muslimah
    Senin, 07 November 2022 - 10:56 WIB
    Kriteria ketika akan memilih jodoh yang kita idamkan, banyak dijelaskan dalam aturan syariat. Kriteria utama tentu saja harus taat kepada Allah Taala dan Rasul-nya. Maka dalam memilih calon pasangan hidup, minimal harus terdapat satu syarat ini
  • Tak Boleh Sembarangan...
    Muslimah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 08:15 WIB
    Dalam Islam, ada ketentuan-ketentuan dalam menjatuhkan talak bagi pasangan suami istri. Ketentuan tersebut untuk mewujudkan maslahat dan menjauhkan madharat dari mereka
  • Kedudukan Ya’qub dalam...
    Hikmah
    Selasa, 07 November 2023 - 10:00 WIB
    Allah sangat memuji Israil atau Nabi Yaqub, di sisi lain sering mencela Yahudi. Hal ini disampaikan dalam ayat-ayat al-Quran. Islam memandang mereka yang paling dekat dengan agama Nabi Yaqub bukan orang Yahudi.
  • Nonton Film di Bioskop...
    Tausyiah
    Senin, 10 Juni 2024 - 08:37 WIB
    Banyak kaum muslimin yang bertanya-tanya tentang pandangan Islam terhadap bioskop, tonil/sandiwara dan sebagainya. Apakah orang Islam dibolehkan menonton ataukah diharamkannya?
  • Waspada, Ini 10 Ciri-ciri...
    Muslimah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 06:32 WIB
    Interaksi antara manusia dan jin bisa dalam bentuk pengagungan manusia kepada jin, dan jin merasa bangga dengan tindakan mereka. Bisa juga terjadi karena dorongan nafsu syahwat
  • Manfaat Syukur Kembali...
    Tausyiah
    Rabu, 31 Juli 2024 - 08:11 WIB
    Manusia yang meneladani Tuhan dalam sifat-sifat-Nya, dan mencapai peringkat terpuji, adalah yang memberi tanpa menanti syukur (balasan dari yang diberi) atau ucapan terima kasih
  • 8 Adab Menghadiri Resepsi...
    Tips
    Rabu, 23 Februari 2022 - 10:14 WIB
    Adab menghadiri pesta pernikahan wini penting, agar kedatangan kita ke acara walimatul urs tersebut berpahala dan juga memberikan pahala kepada orang yang menggelar syukuran tersebut.
  • Kisah Para Penunggang...
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 05:25 WIB
    Broken Hill adalah sebuah kota pertambangan terpencil Australia dengan berpenduduk 17.000 orang. Di sini kaya akan sejarah Islam, meskipun sedikit yang tahu.
  • Membaca Shalawat dengan...
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 22:09 WIB
    Ada yang bertanya tentang membaca Shalawat dengan mengkhususkan angka tertentu. Berikut jawaban Ustaz Farid Numan Hasan (Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia).
  • 2 Sunnah Ketika Bangun...
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 19:39 WIB
    Ada beberapa sunnah ketika bangun tidur yang sering dilalaikan kaum muslimin, padahal sunnah tersebut pasti memiliki kemuliaan atau keutamaan.
  • Bolehkah Mewarnai Rambut?...
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 16:43 WIB
    Seiring kemajuan teknologi saat ini banyak di antara kaum muslim dan muslimah mewarnai atau mengecat rambutnya. Bagaimana pandangan Islam terhadap hal ini?
  • Mengapa Jodoh Tak Kunjung...
    Muslimah
    Selasa, 08 September 2020 - 17:08 WIB
    Allah Subhanahu wa taala telah menetapkan jodoh, rezeki, dan kematian kita dalam kitab Lauh Mahfudz. Namun, cepat atau lambat waktu datangnya jodoh itu, hanya Allah-lah yang tahu.
  • Berikut Ini Ulama yang...
    Tausyiah
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 07:25 WIB
    Hukum musik dan lagu adalah boleh menurut Islam. Berikut ini para ulama yang mengatakan halalnya mendengar lagu-lagu, walaupun dengan alat-alat musik.
  • Tanda Kebaikan dalam...
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Akhlak dan kelembutan adalah modal utama keluarga bahagia. Karena itu, Suami dan Istri serta anak-anak harus senantiasa menjaga kebaikan akhlak dalam rumah tangga. Dan, ulama sudah memberi panduan dalam jalan kebaikan ini.
  • Begini Alasan Ulama...
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 19:10 WIB
    Sejumlah ulama kontemporer mengharamkan pernikahan misyar. Di antara argumen mereka adalah lantaran menonjolnya upaya menyembunyikan dan merahasiakan pernikahan semacam ini.
  • Ini Deretan Partai Pembenci...
    Dunia Islam
    Senin, 11 Desember 2023 - 07:20 WIB
    Kebangkitan politik Wilders bukanlah suatu kebetulan, juga bukan pandangan orisinalnya, karena banyak analis berpendapat bahwa ia hanyalah bagian dari rantai kampanye anti-Islam.
  • Mengapa Sholat Disebut...
    Tausyiah
    Kamis, 12 Januari 2023 - 20:48 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan sholat disebut bermakna instrumental, karena ia dapat dipandang sebagai sarana untuk mencapai sesuatu di luar dirinya sendiri.