Topik Terkait: Republik Islam Iran (halaman 48)

  • Kisah Persahabatan Shalahuddin...
    Dunia Islam
    Senin, 20 November 2023 - 18:50 WIB
    Shalahuddin Al Ayyubi biasa dikenal bangsa Barat sebagai Saladin. Ia merupakan salah seorang panglima Muslim yang cukup terkenal di eranya.
  • Tak Boleh Sembarangan...
    Muslimah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 08:15 WIB
    Dalam Islam, ada ketentuan-ketentuan dalam menjatuhkan talak bagi pasangan suami istri. Ketentuan tersebut untuk mewujudkan maslahat dan menjauhkan madharat dari mereka
  • Beginilah Seharusnya...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 23:34 WIB
    Sosok Ibu bagaikan benih yang dapat menumbuhkan umat. Begitu pentingnya peran ibu hingga Al-Quran pun memerintahkan kita agar perhatian terhadap sosok ibu.
  • Amalan Bakda Salat Jumat,...
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 09:22 WIB
    Hari Jumat merupakan hari paling utama dan dikabulkannya doa-doa dan hajat. Jumat disebut juga sebagai Sayyidul Ayyam (penghulu semua hari). Berikut amalan yang dianjurkan bakda salat Jumat.
  • Lempar Jumrah, Hamoon...
    Dunia Islam
    Kamis, 29 Juni 2023 - 09:36 WIB
    Peziarah India Mohammad Salim Basha mengatakan pengalamannya di Jamarat sangat menyenangkan dan dia berharap untuk kembali ke Makkah tahun depan untuk menunaikan ibadah haji lagi.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Kisah Kritikus Sastra...
    Dunia Islam
    Senin, 02 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Pada awalnya, Kolonel Donald S. Rockwell tertarik dengan Islam karena kemudahan ajaran-ajarannya. Di samping juga daya tarik dan keagungan suasana mesjid-mesjid kaum Muslimin.
  • 3 Hak Utama Tetangga...
    Muslimah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 16:28 WIB
    Hak-hak bertetangga dalam Islam, telah Allah dan Rasul-Nya jelaskan di berbagai nash syariat, baik dalam Al-Quran maupun Hadis. Begitupun dari nasihat para sahabat dan ulama.
  • Kemurnian Tauhid: Berdoa...
    Tausyiah
    Minggu, 26 November 2023 - 08:42 WIB
    Agama Allah tidaklah tegak melainkan dengan mengesakan Allah semata dalam setiap ibadah. Dengan sebab inilah Dia mengutus para Rasul dan menurunkan kitab-kitabNya.
  • Makna Ummatan Wasatha...
    Tausyiah
    Senin, 13 Maret 2023 - 10:24 WIB
    Menurut Quraish Shihab, mulanya, kata wasath berarti segala yang baik sesuai dengan obyeknya. Sesuatu yang baik berada pada posisi di antara dua ekstrem.
  • Sejarah Masuknya Islam...
    Dunia Islam
    Selasa, 13 September 2022 - 14:02 WIB
    Ada banyak versi tentang sejarah masuknya Islam di tanah Betawi. Islam telah masuk ke tanah Betawi pada abad ke-17 dibuktikan dengan keberadaan masjid-masjid tua di Jakarta.
  • Jangan Tinggalkan Surah...
    Tausyiah
    Selasa, 29 September 2020 - 21:54 WIB
    Dari 114 surah yang diabadikan dalam Al-Quran, ada satu surah yang agung dan sangat populer di kalangan umat Islam. Allah Taala mengawali surah itu dengan salah satu kalimat Asmaul Husna.
  • Toleransi Islam di Hagia...
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Sebelum diubah menjadi masjid, bangunan ini berada dalam keadaan bobrok, dengan beberapa pintu telah terlepas dari engselnya. Sultan Mehmed II memerintahkan perbaikan.
  • Ahli Hukum Islam Saja...
    Hikmah
    Senin, 06 Juli 2020 - 08:01 WIB
    Salah seorang ahli fikih resah akan perkara hukum yang dimilikinya. Hingga akhirnya keresahan sang fakih tadi mengarahkannya untuk menemui Abu Nawas.
  • Hukum Puasa Setelah...
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • Begini Gambaran Ekonomi...
    Hikmah
    Rabu, 11 September 2024 - 17:38 WIB
    Setelah Yaman dijajah oleh bangsa Habsyi dan bangsa Persia, maka kaum penjajah itu menguasai kegiatan perdagangan di laut, sedangkan perdagangan di darat berpindah ke tangan orang Makkah
  • Kekayaan Abu Bakar 40.000...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Juli 2020 - 09:14 WIB
    Abu Bakar menggunakan hartanya untuk membela golongan lemah.Orang-orang yang telah mendapat petunjuk Allah ke jalan yang benar, lalu dianiaya oleh musuh-musuh kebenaran.
  • Jin Qorin Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 16:44 WIB
    Setiap manusia diikuti jin dan jin itu disebut jin qorin. Jin tersebut mempengaruhi manusia untuk berbuat jahat. Kecuali jin qorin yang mengiringi Nabi Muhammad SAW.
  • Sering Diremehkan Muslimah,...
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 08:22 WIB
    Dalam Islam, berbicara antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, sebenarnya tidak dilarang. Hanya syaratnya, pembicaraan yang dilakukan memenuhi ketentuan secara syara.
  • Muslim Akan Menang,...
    Hikmah
    Rabu, 29 Mei 2024 - 09:53 WIB
    Rasulullah SAW mengabarkan dalam Nubuwahnya, pasukan Yahudi di akhir zaman nanti berada di bawah komando Dajjal. Sedangkan kaum Muslimin bersama Nabi Isa as.
  • Kisah Arisa, Mualaf...
    Dunia Islam
    Senin, 01 November 2021 - 10:07 WIB
    Kini hampir 7 tahun Arisa memeluk Islam. Mualaf asal Jepang ini terlahir dengan agama Shinto. Syahadat saya bukanlah tujuan tetapi awal, ujarnya.