Topik Terkait: Sabar (halaman 3)

  • Madrasah Ramadhan sebagai Bulan Kesabaran
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 08:43 WIB
    Sebagai bulan yang istimewa banyak predikat yang disematkan pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah Ramadhan sebagai bulan kesabaran. Kenapa disebut bulan kesabaran?
  • Wajib Bersabar Menunggu Terkabulnya Doa, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 10:49 WIB
    Semua doa pasti dikabulkan Allah Subhanahu wa Taala. Karena hal itu merupakan janji Allah sendiri. Karena itu, Imam Ibnul Jauzi heran masih ada saja seorang hamba yang berprasangka buruk kepada Allah Taala bahwa doanya tidak dikabulkan.
  • Inilah Tanda Orang Hebat dalam Pandangan Allah Taala
    Muslimah
    Rabu, 01 September 2021 - 07:36 WIB
    Muslimin yang akan dijadikan orang hebat di sisi Allah Taala adalah orang yang bersyukur dan bersabar. Karena setiap kemuliaan akan datang bersama rasa syukur dan sabar.
  • Kisah Hikmah : Belajar Sabar dari Siti Hajar!
    Muslimah
    Minggu, 27 November 2022 - 11:02 WIB
    Kehadiran Siti Hajar dalam kehidupan Nabi Ibrahim Alaihissalam, berkat istri pertamanya Sarah. Siti Hajar pada awalnya merupakan budak yang membantu Sarah, istri Nabi Ibrahim tersebut.
  • 3 Hal yang Dapat Meraih Kebaikan di Dunia dan Akhirat
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 18:45 WIB
    Kebahagiaan di dunia tidaklah diukur dengan materi atau kedudukan. Mereka yang mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat justru orang yang bersabar dalam kesempitan dan musibah.
  • Hikmah dan Keutamaan Sikap Tawakkal, Allah Jamin Kesuksesan Dunia Akhirat
    Muslimah
    Senin, 16 Mei 2022 - 14:08 WIB
    Dalam kehidupannya, Rasulullah selalu berserah diri kepada Allah, Beliau tidak pernah gelisah dan resah dalam menghadapi berbagai persoalan. Sifat ini pun memiliki hikmah dan keutamaan luar biasa.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (25): Puasa Mengajarkan Kesabaran
    Tausyiah
    Kamis, 27 April 2023 - 23:54 WIB
    Sabar adalah senjata paling ampuh dalam perjuangan melintasi lorong kehidupan yang sering kali penuh dengan duri yang tajam. Dalam Al-Quran, sabar digandengkan dengan sholat.
  • Puasa Dipersamakan dengan Sikap Sabar, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan puasa dipersamakan dengan sikap sabar, baik dari segi pengertian bahasa (keduanya berarti menahan diri) maupun esensi kesabaran dan puasa.
  • Siapa Penghuni Surga Terbanyak? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 09 Januari 2023 - 10:07 WIB
    Siapakah penghuni surga yang paling banyak? Ternyata kaum wanitalah yang akan menjadi penghuni terbanyak surga. Ini ditegaskan dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
  • Keutamaan Mukmin, Semua Urusannya Baik dan Menakjubkan
    Tausyiah
    Senin, 14 November 2022 - 22:05 WIB
    Menjadi mukmin merupakan nikmat terbesar dari sekian banyak nikmat Allah. Bersyukurlah ketika Allah menjadikan kita orang yang beriman (mukmin). Berikut keutamaannya.
  • Ayat-ayat Al-Quran dan Hadis Bicara tentang Sabar Pada Saat Kena Musibah
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Januari 2021 - 14:51 WIB
    Rasulullah menasihati Ummu Al-Ala menjelaskan bahwa orang mukmin itu diuji Rabb-nya agar Dia bisa menghapus kesalahan dan dosa-dosanya. Allah menyebut kata sabar dalam Al-Quran sebanyak 70 kali.
  • 16 Kaidah dalam Surat Al-Baqarah Ayat 177, Terakhir Sabar saat Mendapat Cobaan
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 16:04 WIB
    Para ulama menganggap surat Al-Baqarah ayat 177 dalam Al-Quran merupakan ayat yang agung yang mencakup banyak hukum-hukum syariat di dalamnya terkandung 16 kaidah. Apa saja?
  • Kebahagiaan Ramadhan yang Terganggu Covid-19, Kuncinya Sabar
    Tips
    Selasa, 21 April 2020 - 18:51 WIB
    Kebahagiaan kita seakan terobek oleh wabah Covid-19. Hati menjadi was-was. Semoga Ramadhan yang bakal segera datang menjadi wahana bagi umat Islam untuk kembali merajut kebahagiaan.
  • Buah dari Sikap Tawakal, Dicukupkan Rezeki hingga Dicintai Allah SWT
    Hikmah
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 10:50 WIB
    Sikap dan perilaku tawakal yang diajarkan oleh Rasulullah kepada para shahabatnya benar-benar menjadi perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan Beliau menerapkan perilaku tawakal ini karena ia sendiri melakukan hal sama.
  • Benarkah Jabang Bayi yang Keguguran Memberi Pahala Buat Ibunya?
    Muslimah
    Senin, 19 Juli 2021 - 09:51 WIB
    Mendambakan kehadiran buah hati, pasti sangat dinanti oleh setiap perempuan muslimah yang sudah menikah. Tetapi, ketika ia hamil dan mengalami keguguran, maka ia harus bersabar. Karena ternyata Allah Taala menjanjikan pahala untuknya.
  • Keutamaan Bersabar Saat Menghadapi Musibah
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 00:18 WIB
    Sabar itu ilmu paling tinggi dan keutamaannya benar-benar agung di sisi Allah. Siapa yang dapat mengamalkannya maka ia akan mendapat balasan pahala tak berbatas.
  • Quraish Shihab: Puasa Dipersamakan dengan Sikap Sabar
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 15:20 WIB
    Kalau melihat sikap Al-Quran yang seringkali melakukan penahapan dalam perintah-perintahnya, maka agaknya kewajiban berpuasa pun dapat dikatakan demikian.
  • Kisah Nabi Zulkifli, Sanggup Menahan Marah Ketika Diganggu Iblis
    Hikmah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 18:03 WIB
    Di dalam Al-Quran, Nabi Zulkifli digambarkan sebagai sosok hamba yang penyabar, memenuhi janji, amanah, jujur, dan sanggup menanggung risiko maupun kesulitan dalam berdakwah.
  • Ibadah dan Sabar Adalah Vaksin Terampuh
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 15:12 WIB
    Pandemi Covid-19 yang merenggut banyak nyawa di dunia menyadarkan kita bahwa manusia itu sejatinya lemah. Dalam situasi saat ini, Ibadah dan Sabar diyakini sebagai vaksin terampuh.
  • Saking Dahsyatnya Pahalanya, 3 Amal Ini Tidak Ditimbang di Hari Kiamat
    Tausyiah
    Jum'at, 09 September 2022 - 15:16 WIB
    Pada Hari Kiamat, Allah akan menimbang semua amalan hamba-hamba-Nya pada hari yang dikenal dengan istilah Yaumul Mizan. Namun tidak dengan tiga amal ini.