Topik Terkait: Sejarah Hamas

  • Sejarah Bedug di Indonesia Hingga Jadi Alat Pengingat Waktu Sholat
    Hikmah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 16:28 WIB
    Sejarah bedug di Indonesia sering dikaitkan dengan ekspedisi pasukan Cheng Ho pada abad ke-15. Pendapat lain mengatakan bahwa bedug sudah ada pada zaman Majapahit.
  • Sejarah Kalender Hijriah dan Penetapan Muharam Sebagai Bulan Pertama
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Sejarah kalender Hijriah dan penetapan Muharam sebagai bulan pertama menarik untuk diketahui. Sudah menjadi tradisi, Tahun Baru Islam diperingati setiap 1 Muharam.
  • Sejarah Kemunafikan di Zaman Nabi dan 4 Ciri Orang Munafik
    Hikmah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 22:04 WIB
    Apabila kebenaran dibolak-balik, dusta dianggap biasa, khianat merajalela, ketahuilah bahwa fitnah besar sedang terjadi. Penyebabnya tak lain karena keberadaan orang-orang munafik.
  • Hamas Bukan Teroris! Ini 7 Fakta Perjuangan Mereka Melawan Penjajahan Israel
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 14:51 WIB
    Hamas menjadi pusat perhatian dunia menyusul operasi militer yang mereka lakukan ke Israel bernama Operasi Badai al-Aqsa belum lama ini. Siapa sebenarnya Hamas?
  • Sosok Ahmed Yassin, Tokoh Pendiri Hamas yang Terbunuh Setelah Sholat Subuh
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 15:10 WIB
    Sosok Syaikh Ahmad Yassin mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang. Dalam riwayatnya, ia dikenal sebagai salah seorang pendiri Hamas.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Gagal Basmi Hamas, Warga Israel Minta Gencatan Senjata
    Dunia Islam
    Kamis, 07 Maret 2024 - 08:20 WIB
    Semakin banyak warga Israel yang menyuarakan seruan global untuk gencatan senjata permanen atau sementara, namun alasan mereka berbeda. Perang dianggap tidak ada gunanya.
  • Sejarah Tradisi Yasinan di Indonesia
    Hikmah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 22:50 WIB
    Sejarah tradisi Yasinan di Indonesia menarik untuk diulas. Istilah Yasinan hanyalah penyingkatan kata yang biasa diucapkan masyarakat muslim agar mudah dimengerti.
  • Sejarah Perang dalam Islam dan Turunnya Perintah Jihad kepada Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Perang dalam Islam bukanlah hal yang diada-adakan oleh Rasulullah SAW melainkan ada sebab musababnya. Berikut sejarah perang dalam Islam dan turunnya perintah jihad.
  • Sejarah Ilmu Tafsir Al-Quran, Pengertian dan Jenisnya (2)
    Hikmah
    Rabu, 14 April 2021 - 14:41 WIB
    Dalam memahami dan menafsirkan Al-Quran diperlukan bukan hanya pengetahuan bahasa Arab, tetapi juga berbagai macam ilmu pengetahuan yang menyangkut Al-Quran dan isinya.
  • Yahya Sinwar: Orang Mati yang Berjalan, Dalang Hamas di Gaza
    Dunia Islam
    Rabu, 20 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Sinwar tampaknya mempunyai target terbesar di belakangnya, karena Netanyahu dan pejabat Israel lainnya menyebutnya sebagai orang mati yang berjalan.
  • Dinasti Ayyubiyah: Sejarah, Peradaban dan Keruntuhannya
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 14:30 WIB
    Dinasti Ayyubiyah merupakan salah satu dinasti yang pernah eksis dan berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam. Kerajaan Islam ini muncul setelah runtuhnya Dinasti Fatimiyah.
  • Sejarah Berdirinya Organisasi Keturunan Nabi Muhammad di Indonesia
    Dunia Islam
    Rabu, 29 Juni 2022 - 05:10 WIB
    Sejarah berdirinya organisasi keturunan Nabi Muhammad di Indonesia awalnya bernama Perkoempoelan Arrabitatoel-Alawijah dan sekarang bernama Rabithah Alawiyah.
  • Sejarah Disyariatkannya Puasa Ramadhan dan Perintah Jima di Malam Hari
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 07:24 WIB
    Dai yang juga pengajar Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir mengulas sejarah disyariatkannya puasa Ramadhan dalam bukunya Bekal Ramadhan dan Idul Fithri (1): Menyambut Ramadhan.
  • Nuzulul Quran, Pengertian, Sejarah dan Keutamaannya
    Hikmah
    Sabtu, 01 April 2023 - 23:30 WIB
    Nuzulul Quran sering dimaknai sebagai peristiwa turunnya Al-Quran. Di Indonesia, Nuzulul Quran ini diperingati setiap 17 Ramadan dengan menggelar acara khataman maupun ceramah agama.
  • Terbanyak di Eropa, Begini Sejarah Masuknya Islam di Rusia
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 22:10 WIB
    Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Islam di Rusia adalah agama kedua terbesar setelah Kristen. Populasi muslim di Rusia merupakan yang terbanyak di Eropa.
  • Sejarah Peringatan Nisfu Syaban dan Pencetusnya
    Hikmah
    Senin, 13 Februari 2023 - 15:15 WIB
    Sejarah peringatan Nisfu Syaban dan pencetusnya selalu menjadi perhatian menjelang Ramadan. Hal ini boleh jadi karena adanya polemik mengenai hadis yang menjadi sandarannya.
  • Dinasti Mamluk: Sejarah, Perluasan Wilayah dan Keruntuhan
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 22:59 WIB
    Dinasti Mamluk atau Mamalik merupakan salah satu dinasti berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam, khususnya di wilayah Mesir dan sekitarnya.
  • Selamat Datang Rabiul Akhir, Ini 7 Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Hari ini kita memasuki bulan Rabiul Akhir 1444 Hijriyah bertepatan Kamis (27/10/2022). Berikut tujuh peristiwa penting bulan Rabiul Akhir dalam sejarah Islam.
  • Sejarah Tahun Baru Islam, Pembaruan dan Semangat Baru
    Tausyiah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 14:41 WIB
    Tahun baru Islam atau tahun Hijriyyah belum dikenal di masa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Penetapan awal tahun baru Islam justru baru ditetapkan setelah wafatnya beliau.
  • Sejarah Lailatul Qadar Ternyata Berawal dari Kisah Nabi Syamun
    Hikmah
    Rabu, 20 April 2022 - 22:00 WIB
    Asal-usul diturunkannya Lailatul Qadar ternyata memiliki cerita menarik. Kisahnya bermula dari Nabi Syamun, seorang Nabi dari Bani Israel yang memiliki fisik kuat melawan kemungkaran.