Topik Terkait: Sejarah Kesultanan Utsmaniyah (halaman 3)

  • Sejarah Kiswah, Kain Penutup Baitullah
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 20:52 WIB
    Salah satu pemandangan menarik di musim haji adalah penggantian kiswah Baitullah di Makkah. Kiswah merupakan pakaian penutup Kabah dari kain sutera murni berwarna hitam pekat.
  • Kesultanan Demak Ternyata Bukan Kerajaan Islam Pertama di Jawa, Ini Fakta Sebenarnya
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Agustus 2022 - 18:53 WIB
    Buku-buku sejarah di sekolah selalu mengajarkan bahwa kerajaan Islam pertama di Jawa adalah Kesultanan Demak. Agus Sunyoto meralat ini dan mengatakan Kerajaan Lamajang Tigang Juru.
  • Kisah Vlad Dracula Melawan Sultan Muhammad Al Fatih
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 08:38 WIB
    Kisah Vlad Dracula melawan Sultan Muhammad Al Fatih berakhir dengan kemenangan Sultan Muhammad Al Fatih. Anehnya, Barat mendistorsi sejarah kepahlawanan Islam ini.
  • Sejarah Kemunafikan di Zaman Nabi dan 4 Ciri Orang Munafik
    Hikmah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 22:04 WIB
    Apabila kebenaran dibolak-balik, dusta dianggap biasa, khianat merajalela, ketahuilah bahwa fitnah besar sedang terjadi. Penyebabnya tak lain karena keberadaan orang-orang munafik.
  • Sejarah Tradisi Yasinan di Indonesia
    Hikmah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 22:50 WIB
    Sejarah tradisi Yasinan di Indonesia menarik untuk diulas. Istilah Yasinan hanyalah penyingkatan kata yang biasa diucapkan masyarakat muslim agar mudah dimengerti.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Sultan Selim I, Penguasa Turki Utsmani yang Dijuluki Pelayan Dua Tanah Suci
    Dunia Islam
    Minggu, 05 Februari 2023 - 05:10 WIB
    Sosok Sultan Selim I mungkin terdengar asing di telinga masyarakat awam. Padahal, beliau termasuk salah satu penguasa Dinasti Turki Utsmani yang disegani di zamannya.
  • Sujud Syukur Dunia Islam Sambut Kemenangan Al-Fatih, Hagia Sophia Jadi Masjid
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih mengirim beberapa surat pemberitahuan tentang penaklukkan itu kepada penguasa Mesir, penguasa Iran, penguasa Makkah, dan penguasa Qurman.
  • Sejarah Harta Karun, Berikut Kisahnya Diabadikan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 23:06 WIB
    Penemuan harta karun memang selalu menjadi fenomena dan menarik perhatian banyak orang. Berikut sejarah dan asal usulnya diceritakan dalam Al-Quran.
  • Mustafa Kemal Ataturk, Tokoh Sekuler Turki yang Berandil Meruntuhkan Kekhalifahan Utsmaniyah
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Agustus 2021 - 14:27 WIB
    Dalam sejarah dunia Islam, Mustafa Kemal Ataturk terkenal bukan karena posisinya sebagai presiden pertama Turki, melainkan sosok kontroversial dan tokoh sekuler yang menghilangkan syariat dan syiar Islam di Turki.
  • Thessaloniki, Kota Muslim di Yunani yang Hilang
    Dunia Islam
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 13:33 WIB
    Thessaloniki di era Ottoman atau Utsmaniyah adalah kota yang dihuni penduduk muslim. Kota ini ditinggalkan karena adanya pertukaran penduduk antara Yunani dan Turki.
  • Sejarah LGBT di Dunia dalam Perspektif Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 15:32 WIB
    LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) telah menjadi fenomena global yang ramai diperbincangkan masyarakat. Dalam Islam, LGBT merupakan perbuatan yang amat keji.
  • Sejarah Disyariatkannya Makan Sahur Saat Puasa Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 04:05 WIB
    Makan sahur saat puasa Ramadan merupakan sunnah Nabi dan bagian dari syiar Islam. Berikut sejarah disyariatkannya makan sahur bagi umat muslim.
  • Musthafa Kemal, Boneka Inggris yang Disejajarkan dengan Khalid bin Walid
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 09:36 WIB
    Citra Musthafa Kemal amat moncer. Rakyat menganggap ia sebagai pahlawan yang telah berjuang dengan sangat keras untuk mengembalikan kemuliaan khilafah.
  • Sejarah Singkat Perkembangan Ilmu Tafsir Al-Quran (1)
    Hikmah
    Minggu, 11 April 2021 - 09:02 WIB
    Perkembangan awal tafsir Al-Quran sejatinya telah diawali semenjak turunnya Al-Quran itu sendiri. Sejarah ini diawali dengan diutusnya Nabi Muhammad sebagai pengemban risalah.
  • Ketika Freemasonry Masuk dan Atur Detak Jantung Kekuasaan Utsmani
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 16:21 WIB
    Negara paling kuat di dunia saat ini adalah pemerintahan Utsmani. Kalian berusaha menghancurkannya dari luar dan kami telah berusaha menghancurkannya dari dalam. Namun keduanya tidak berhasil.
  • KIsah Al-Masih Gadungan yang Membagi Dunia Menjadi 38 Bagian
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Mei 2021 - 19:29 WIB
    Syabtay adalah orang Yahudi pertama yang memberikan kabar gembira akan kembalinya orang-orang Bani Israel ke Palestina. Gerakan Syabtay ini lebih tepat jika disebut sebagai gerakan politik.
  • Sejarah Nuzulul Quran, Periode Pertama: Ayat-Ayat Bimbingan kepada Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 14:14 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah
  • Sultan Abdul Hamid II Tolak Rayuan Zionis Kuasai Bumi Palestina
    Hikmah
    Kamis, 30 Juli 2020 - 09:23 WIB
    Pimpinan Zionis Internasional mengatakan, jika Sultan memberikan Palestina kepada orang-orang Yahudi, Zionis akan menanggung semua urusan ekonomi Utsmani.
  • Dinasti Ayyubiyah: Sejarah, Peradaban dan Keruntuhannya
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 14:30 WIB
    Dinasti Ayyubiyah merupakan salah satu dinasti yang pernah eksis dan berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam. Kerajaan Islam ini muncul setelah runtuhnya Dinasti Fatimiyah.
  • Masjid Kwitang, Saksi Sejarah Kedekatan Soekarno dengan Habib Ali Al-Habsyi (1)
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 18:25 WIB
    Tak berlebihan kiranya jika kita mengagumi sosok Ir Soekarno. Kedekatannya dengan Habib Ali Al-Habsyi Kwitang menjadi berkah tersendiri bagi beliau dan juga bangsa Indonesia.