Topik Terkait: Surat ASsajdah Dan Alinsan (halaman 500)

  • Dulu Haram Kini Halal: Niat Mencuri Malah Dapat Istri
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 16:17 WIB
    Nabi berkata barangsiapa meninggalkan sesuatu yang haram karena Allah, maka suatu ketika dia akan memperoleh yang haram itu dalam keadaan halal.
  • Keutamaan Orangtua yang Mengajari Anak Membaca Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 15 Juni 2020 - 22:45 WIB
    Allah Taala akan memberi ganjaran dan pahala besar bagi para orangtua yang sabar mengajarkan kitabullah kepada anaknya. Berikut keutamaan orangtua yang mengajarkan Al-Quran kepada anaknya.
  • Ridha Dengan Bala untuk Meraih Cinta Allah Taala
    Tausyiah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 06:59 WIB
    Orang yang ridha dengan bala adalah hamba yang dicintai Allah taala. Dia mencobanya dengan berbagai cobaan dan musibah, lalu ia sabar, istirja dan mengharapkan pahala di sisi Allah.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kandil Besi
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 10:19 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah atau literal.
  • 10 Karomah Sayyidina Umar Bin Khattab (1)
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 06:10 WIB
    Dibalik keberhasilannya menjabat khalifah sekaligus Amirul Mukminin, Sayyidina Umar ternyata memiliki karomah yang luar biasa. Ada 10 karomah (kelebihan dan kemuliaan) beliau.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • 10 Karomah Sayyidina Umar Bin Khattab (2)
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 17:33 WIB
    Dibalik keberhasilannya menjabat khalifah sekaligus Amirul Mukminin, Sayyidina Umar bin Khattab memiliki karomah yang luar biasa. Berikut lanjutan ulasan karomah beliau.
  • Kenali Akhlak Suami yang Dibenci Allah
    Muslimah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 06:01 WIB
    Para suami perlu mengetahui perbuatan-perbuatan yang oleh Islam dikategorikan sebagai tindakan dosa suami terhadap istri sebagaimana dosa yang tak terampuni.
  • 3 Karomah Utsman Bin Affan, Sahabat Berjuluk Dzun Nurain
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 21:21 WIB
    Utsman bin Affan selain dikenal karena kedermawanannya, beliau adalah orang yang berjasa dalam merangkum Al-Quran menjadi mushaf yang kita baca saat ini. Berikut tiga karomah beliau.
  • Masya Allah! Indahnya Bentuk Tubuh Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 00:04 WIB
    Tidak ada manusia yang dalam dirinya terkumpul kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Maka beruntunglah orang yang mengenali dan mengimani beliau.
  • Apakah Orang Tua Menanggung Dosa Anak Kecil?
    Muslimah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 15:45 WIB
    Wahai para ibu, pernahkah terbesit di hati kita, bahwa anak kita yang masih kecil, punya perilaku nakal dan suka merugikan orang lain atau temannya bahwa dosanya akan ditanggung para ibu?
  • Urusan Pusar ke Bawah Sampai Cara Membagi Telur Gaya Abu Nawas
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 07:11 WIB
    Abu Nawas ingin membuat hal yang berkesan bagi Baginda Raja. Si Cerdik ini duduk di pinggir jalan depan rumahnya. Raja tersenyum melihat tingkah Abu Nawas.
  • Hijab Dikenal di Masa Nabi Ibrahim, Disahkan Syaratnya Saat Islam Datang
    Muslimah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 20:23 WIB
    Sebagai bentuk penghormatan terhadap berbagai larangan Allah, penjaga terhadap keturunan, penyucian nasab, dan perlindungan masyarakat dari kehinaan dan kerusakaan, itulah yang mendasari persyariatan hijab bagi perempuan.
  • Tagih Zakat, Abu Nawas Ajak Baginda Menjadi Pengemis
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 07:20 WIB
    Pada mulanya, Baginda Raja agak kaget dengan ide Abu Nawas. Karena ada rasa keinginan kuat untuk menyadarkan Tuan Kabul, akhirnya rajapun bersedia menyamar menjadi pengemis..
  • Nenek Mau Tunjukkan Makam Nabi Yusuf Asal Masuk Surga
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 15:54 WIB
    Ini kisah seorang perempuan tua yang mendapatkan peluang emas. Dia memanfaatkannya bukan untuk mendapatkan harta dan benda dunia, tetapi untuk meraih di surga.
  • Sampaikan Cita-Cita Tinggi di Kaki Kabah, Semua Terkabul
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 17:49 WIB
    Keempat remaja, Abdullah bin Zubair, Musab bin Zubair, Urwah bin Zubair, dan Abdul Malik bin Marwan menyampaikan cita-citanya di kaki Kabah. Semua cita-cita itu terkabul.
  • Mengapa Kita Harus Mencintai Wali Allah? Ini Alasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 20:11 WIB
    Siapa sebenarnya Waliyullah (Wali Allah)? Secara bahasa, Wali adalah pihak yang dekat, mencintai, dan siap menolong. Wali Allah adalah kekasih Allah atau orang-orang yang beriman dan bertakwa.
  • Besok Gerhana Matahari Cincin, Begini Tata Cara Salat Gerhana Pendek
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:47 WIB
    Masyarakat Indonesia akan kembali menyaksikan fenomena langit yang menakjubkan, yakni Gerhana Matahari Cincin. Peristiwa ini akan terjadi pada Ahad besok.
  • Peristiwa Besar Saat Gerhana Matahari Zaman Nabi, Kini Pertanda Apa?
    Tausyiah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Matahari dan bulan ialah tanda kebesaran Tuhan, yang tidak akan jadi gerhana karena kematian atau hidupnya seseorang. Kalaumelihat hal itu, berlindunglah dalam zikir kepada Tuhan.
  • Soal Berburu, Jangan Anggap Remeh Abu Nawas
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 08:59 WIB
    Si Jahil ini tiba-tiba melontarkan ide kepada Baginda Raja. Ia mengusulkan kapada Baginda, agar acara berburu menjadi seru, bagaimana bila ada semacam lomba.
  • Wahai Muslimah, Yuk Katakan Tidak pada Ghibah!
    Muslimah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 16:00 WIB
    Sangat disayangkan, bergosip atau ghibah pada hari ini sudah menjadi santapan di setiap forum dan menjadi kebiasaan terulang-ulang di kebanyakan pertemuan kaum wanita.