Topik Terkait: Suul Khatimah (halaman 2)

  • Tukang Maksiat Belum Tentu Masuk Neraka, Ini Syaratnya!
    Tausyiah
    Minggu, 28 April 2024 - 09:18 WIB
    Bagaimana hukumnya orang yang semasa hidupnya selalu mengerjakan maksiat, akan tetapi pada akhir hayatnya (ketika sakaratul maut) dia mengucapkan dua kalimat Syahadat?
  • Doa agar Diwafatkan dalam Keadaan Islam
    Tips
    Kamis, 02 November 2023 - 11:58 WIB
    Sebelum kematian itu datang, hendaknya kita selalu berdoa dan memohon kepada Allah agar diwafatkan dalam keadaan baik dan dalam keadaan beriman dan Islam.
  • Kisah Majusi yang Beruntung Dapat Salam dari Nabi Berkat Amalan Ini
    Hikmah
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 05:10 WIB
    Kisah laki-laki Majusi ini layak kita jadikan pelajaran betapa rahmat Allah sangat luas bak lautan tak bertepi. Hidupnya berakhir indah karena amalan yang satu ini.
  • Menjaga Wudhu Demi Husnul Khotimah
    Muslimah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Mengerjakan wudhu, selain untuk salat juga disarankan di sela-sela aktivitas kehidupan lainnya. Ketika hendak berpergian, tidur dan sebagainya. Apabila kita sebagai muslim dapat menjaga kesucian maka insyaAllah akandilindungi oleh Allah Taala.
  • Benarkah Wafat di Bulan Ramadhan Langsung Masuk Surga?
    Muslimah
    Jum'at, 16 April 2021 - 07:45 WIB
    Ketika ada orang yang meninggal dunia di bulan Ramadhan, sering kali disebut wafat dengan keadaan husnul khatimah dan pasti masuk surga. Benarkah demikian? Bagaimana syariat Islam memandangnya?
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Mendoakan Husnul Khatimah Bagi Orang yang Hidup atau yang Meninggal?
    Muslimah
    Kamis, 08 Juli 2021 - 14:28 WIB
    Ucapan husnul khatimah biasanya dipanjatkan sebagai doa agar kita sebagai muslim diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik). Bagaimana dengan orang yang sudah meninggal?
  • Amalkan 3 Surat Ini Insya Allah Hidup Bahagia dan Wafat Husnul Khatimah
    Tips
    Senin, 31 Januari 2022 - 22:40 WIB
    Berikut amalan yang dapat kita amalkan agar hidup bahagia dan wafat husnul khatimah. Amalan ini tergolong ringan dan dianjurkan membacanya setiap hari.
  • Doa-doa Memohon Kematian Husnul Khatimah, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 10 November 2022 - 10:17 WIB
    Kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba. Namun, semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • Kumpulan Doa Memohon Kematian Husnul Khatimah
    Tips
    Sabtu, 02 Maret 2024 - 11:46 WIB
    Kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba, namun semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • Kisah Ulama Meninggal Dunia Saat Berkhotbah di Atas Mimbar
    Hikmah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 19:27 WIB
    Kisah para ulama terdahulu cukup menarik untuk diulas karena sarat dengan hikmah. Bahkan kematian mereka patut dicemburui. Seperti kisah ulama ini wafat ketika berkhotbah.
  • Kisah Nabi Musa dan Lelaki Fasik yang Dicintai Allah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 22:35 WIB
    Dikisahkan pada zaman Nabi Musa alaihissalam ada seorang lelaki fasik Bani Israil yang dikenal fasik dan banyak dosa. Qadarullah, akhir hayatnya berujung indah.
  • Orang-orang yang Mati Syahid Menurut Hadis Nabi
    Hikmah
    Selasa, 28 Januari 2020 - 14:13 WIB
    Semua umat muslim pasti menginginkan wafat dalam keadaan syahid. Sebab, mereka yang mati syahid akan mendapatkan keutamaan dan kemuliaan besar di sisi Allah Taala.
  • 3 Penyebab dan 9 Tanda-Tanda Suul Khotimah Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 12:04 WIB
    Suul khotimah berkaitan erat dengan keyakinan seseorang. Kekeliruan seseorang dalam berkeyakinan terhadap Allah seperti akidah ahli bidah dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia dalam keadaan suul khotimah.
  • Begini Amalan Agar Dalam Tidur Bisa Mimpi Bertemu Rasulullah
    Hikmah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 18:41 WIB
    Barangsiapa telah melihat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dalam tidurnya maka ia akan mati dalam keadaan husnul khatimah, mendapatkan syafaat Nabi Muhammad dan akan masuk surga.
  • Doa Agar Terhindar dari Kematian Mengerikan
    Tausyiah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 22:37 WIB
    Berikut doa berlindung dari kematian yang mengerikan. Doa ini dapat dibaca setiap selesai sholat atau kapan saja sebagai salah satu ikhtiar memohon perlindungan kepada Allah.
  • Doa agar Wafat Husnul Khotimah, Yuk Amalkan!
    Tips
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 17:08 WIB
    Meninggal dalam keadaan baik atau penutup yang baik itulah yang dinamakan husnul khatimah. Sebaliknya, meninggal dalam keadaan keburukan dikatakan sebagai Suul Khatimah
  • Kisah Wafatnya Ahli Hadis Abu Zur’ah ar-Razi yang Mengagumkan
    Hikmah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 21:10 WIB
    Sebagaimana Imam Abu Zurah yang semasa hidupnya selalu menyibukkan diri dengan hadis maka Allah menjadikan akhir kehidupannya dengan hadis yang agung ini.
  • Doa Memohon Kematian Husnul Khatimah
    Tips
    Jum'at, 05 November 2021 - 15:57 WIB
    Kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba, namun semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • Beginilah Sakaratul Maut dan Kisah Nabi Isa Menghidupkan Orang Mati (2)
    Hikmah
    Rabu, 15 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ulama besar kelahiran Khurasan yang dijuluki Al-Faqih, Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) mengulas dahsyatnya sakaratul maut dalam Kitab Tanbihul Ghafilin.
  • 5 Kriteria Manusia yang Diberi Kabar Gembira Saat Sakaratul Maut
    Hikmah
    Jum'at, 17 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ulama Al-Faqih, Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai), menerangkan kriteria orang-orang yang diberi kabar gembira saat sakartul maut.