Topik Terkait: Syair Abu Nawas (halaman 26)

  • Asbabun Nuzul Surat...
    Tips
    Selasa, 04 Juni 2024 - 15:36 WIB
    Mengetahui asbabun nuzul Surat Yasin ayat 8 ini bisa jadi salah satu bentuk mengimani Al Quran sebagai kitab suci Umat Islam, serta dalam rangka meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT.
  • Tangis Waraqah bin Naufal...
    Hikmah
    Senin, 15 November 2021 - 05:15 WIB
    Waraqah bin Naufal menangisi Bilal bin Rabah ketika budak berkulit hitam itu disiksa orang-orang kafir Quraisy gara-gara masuk Islam. Waraqah takjub akan kegigihan Bilal.
  • Kisah Al-Mutsanna Pimpin...
    Hikmah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 16:58 WIB
    Misalnya kota Ur yang menurut penemuan-penemuan belakangan ini yang oleh sebagian orang dibandingkan dengan peninggalan-peninggalan Firaun, terdapat di kawasan ini.
  • Kisah Nabi Ibrahim Berbohong...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 17:10 WIB
    Ibrahim tidak pernah berkata dusta, kecuali tiga kali. Dua di antaranya terkait Dzat Allah: kata-kata Ibrahim, Sesungguhnya, aku sakit. dan kata-kata Ibrahim, Sebenarnya (patung) besar itu yang melakukannya.
  • Cara Aneh Abu Nawas...
    Hikmah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 03:29 WIB
    Setelah semuanya terkumpul, Abu Nawas mohon kepada sultan untuk pergi ke belakang rumah. Ia menggantung sebuah periuk besar pada sebuah pohon, menjerangnya.
  • Kisah Abu Lahab Diringankan...
    Hikmah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 07:30 WIB
    Setiap Rabiul Awal, kisah ini sering disampaikan untuk menyambut Maulid Nabi. Abu Lahab mendapat keringanan siksa karena bergembira dengan kelahiran Nabi.
  • Siasat Licik Amr bin...
    Hikmah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 16:52 WIB
    Saat itu tidak ada orang lain yang memberi perlindungan kepada Ali bin Abu Thalib kecuali dua orang puteranya sendiri Al Hasan dan Al Husein serta Abdullah Ibnu Abbas dan beberapa orang lain.
  • Kisah Pemuda yang Bertobat...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 23:29 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin karya Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) diceritakan kisah seorang pemuda di zaman Nabi yang bertobat setelah puas menyetubuhi mayit gadis.
  • Memetik Hikmah dari...
    Tausiyah
    Sabtu, 26 Mei 2018 - 08:47 WIB
    Pengalaman adalah guru sekaligus pengingat terbaik dalam hidup. Pengalaman adalah ilmu yang tidak sekadar teori. Tapi realita dari sebuah peristiwa yang terjadi dalam perjalanan hidup kita.
  • Al-Fitnat Al-Kubra:...
    Hikmah
    Sabtu, 04 Februari 2023 - 14:57 WIB
    Tragedi pembunuhan Khalifah Utsman bin Affan adalah permulaan, dan hanyalah salah satu, dari deretan fitnah yang amat besar pengaruhnya kepada terjadinya skisme dalam Islam.
  • Kisah Detail Ashhabul...
    Tausyiah
    Rabu, 21 April 2021 - 03:35 WIB
    Pendeta yang bertanya itu berdiri lagi. Lalu berkata: Hai Ali, jika yang kau katakan itu benar, coba sebutkan nama enam orang yang menjadi pembantu-pembantu raja itu!
  • Nasihat Tabiin Ar-Rabi...
    Hikmah
    Sabtu, 16 April 2022 - 14:02 WIB
    Ar-Rabi bin Khutsaim adalah salah satu ulama tabiin yang utama dan satu di antara delapan orang yang dikenal paling zuhud. Beliau adalah murid dari Abdullah bin Masud, sahabat Rasulullah SAW.
  • Kisah Suraqah bin Malik:...
    Hikmah
    Kamis, 11 Agustus 2022 - 13:13 WIB
    Kisah Suraqah bin Malik memerangi Rasulullah SAW saat pagi hari dan sore harinya menjadi senjata yang melindungi Nabi disampaikan oleh sahabat Nabi SAW, Anas bin Malik ra.
  • Ini Mengapa Ali Bin...
    Hikmah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 21:33 WIB
    Ali bin Abu Thalib yang takwanya kepada Allah sedemikian tinggi, dan sedemikian patuhnya berteladan serta melaksanakan ajaran Rasulullah SAW, tidak mencari teman dengan mengobral harta dan kedudukan.
  • Salim Maula Abu Hudzaifah:...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 16:14 WIB
    Pada mulanya Salim hanyalah seorang budak, kemudian Islam memperbaiki kedudukannya. Ia diambil sebagai anak angkat oleh salah seorang pemimpin Islam terkemuka.
  • Ayat-Ayat Al-Quran tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:15 WIB
    Ayat-ayat al-Quran tentang etika perempuan ketika bertemu laki-laki, salah satunya menahan pandangan. Hal ini termaktub dalam firman Allah SWT dalam QS An-Nur ayat 30-31.
  • Sejarah Pemilu dalam...
    Hikmah
    Senin, 05 Februari 2024 - 15:40 WIB
    Pemilu dalam sejarah peradaban Islam ditemukan dari peristiwa yang mengarah pada bentuk sebuah pemilu yang kemudian dijadikan landasan oleh para ulama sekarang untuk membenarkan pemilu yang saat ini dipraktekkan.
  • Abu Dzar Al Ghifari,...
    Hikmah
    Senin, 11 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Demi Allah, aku tidak berdusta! Seandainya aku mempunyai baju bakal kain kafan untuk membungkus jenazahku dan jenazah isteriku, aku tidak akan minta dibungkus selain dengan bajuku sendiri atau baju isteriku.....
  • Subhanallah, Dia Bagaikan...
    Hikmah
    Kamis, 16 April 2020 - 08:51 WIB
    Tanpa pikir panjang dipungut dan dimakannyalah buah apel itu. Akan tetapi baru setengahnya dimakan, Tasbit berhenti mengunyah. Ia seakan tersadar akan sesuatu.
  • Kisah Abu Bakar Menghadapi...
    Hikmah
    Rabu, 20 April 2022 - 20:40 WIB
    Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq menghadapi para pembangkang membayar zakat tatkala beliau memerintah. Pada saat Madinah tanpa pengawalan yang memadai, para pembangkang mengepung Madinah.