Topik Terkait: Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (halaman 76)

  • Tradisi Duyog Ramadan...
    Dunia Islam
    Selasa, 02 April 2024 - 13:50 WIB
    Ramadan di Filipina bermakna waktu berkumpul bagi warga yang berbeda agama. Sekitar 80 persen dari 110 juta penduduk Filipina adalah penganut Katolik Roma, sedangkan Muslim berjumlah sekitar 10 persen.
  • Perkara-perkara yang...
    Muslimah
    Rabu, 29 September 2021 - 13:23 WIB
    Kedudukan pernikahan sendiri dalam Islam sangat penting. Namun demikian, ternyata ada beberapa perkara dalam pernikahan yang dapat batal baik disengaja maupun tidak disengaja.
  • Kisah Pembenci Islam...
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Juli 2023 - 11:25 WIB
    Arnoud van Doorn, angkat bicara terkait insiden pembakaran Al-Quran. Dia bilang insiden ini sebagai kejahatan rasial. Muslim menjadi sasaran standar ganda, ujar Arnoud van Doorn.
  • Rasulullah SAW Tidak...
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 10:08 WIB
    Dalam Islam, seorang pemimpin harus memiliki moral, akhlak, dan kemampuan yang mumpuni. Ia harus bisa bersikap adil, jujur, dan tidak semena-mena. Pemimpin tidak boleh mencelakai rakyat dan bangsanya. Pemimpin tidak boleh dzalim.
  • Ini Mengapa Gerakan...
    Hikmah
    Jum'at, 27 September 2024 - 16:38 WIB
    Prinsip persamaan manusia (egalitarianisme) tampil kuat sekali dalam ilmu fikih, dalam bentuk penegasan atas persamaan setiap orang di hadapan hukum. Maka terkait dengan itu juga prinsip keadilan.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Mengapa Ada Perintah...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 09:33 WIB
    Berjihad dengan harta di jalan Allah adalah menyumbangkan harta dalam segala bidang kebaikan yang mengantarkan setiap muslim pada keridhaan Allah Subhanahu wa Taala
  • Bagaimana Hukum Mengembalikan...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juli 2024 - 14:18 WIB
    Bagaimana hukum mengembalikan atau meminta kembali barang barang seserahan khitbah (lamaran) karena batal menikah? Begini penjelasannya dalam aturan Islam
  • Bolehkah Mewarnai Rambut?...
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 16:43 WIB
    Seiring kemajuan teknologi saat ini banyak di antara kaum muslim dan muslimah mewarnai atau mengecat rambutnya. Bagaimana pandangan Islam terhadap hal ini?
  • Pada Hakikatnya Manusia...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Agustus 2024 - 20:39 WIB
    Prof Dr Quraish Shihab mengatakan pada hakikatnya manusia tidak mampu untuk mensyukuri Allah secara sempurna, baik dalam bentuk kalimat-kalimat pujian apalagi dalam bentuk perbuatan.
  • Jadwal Imsakiyah Bandung,...
    Tips
    Senin, 01 April 2024 - 02:30 WIB
    Jadwal Imsakiyah Bandung berlaku 1 April 2024/ 21 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Bandung dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Hari Masjid Sedunia:...
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Agustus 2024 - 14:50 WIB
    Pada tanggal 21 Agustus diperingati sebagai Hari Masjid Sedunia. Pada tahun ini peringatan menjadi berbeda. Di Jalur Gaza, Israel menghancurkan tempat ibadah umat Islam itu.
  • Dialog Ahmed Deedat-Van...
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 05:15 WIB
    Kita umat Islam mengetahui bahwa Yohanes Pembaptis adalah Nabi Yahya. Kita memuliakannya sebagai nabi yang benar dari Allah. Nabi Suci Yesus, kita kenal sebagai Isa as.
  • Inilah Mengapa Abu Bakar...
    Hikmah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 08:40 WIB
    Nabi Muhammad bersabda: Tak seorang pun yang pernah kuajak memeluk Islam yang tidak tersendat-sendat dengan begitu berhati-hati dan ragu, kecuali Abu Bakar bin Abi Quhafah.
  • 50 Tahun Karier Politiknya...
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Juli 2024 - 21:34 WIB
    Anda tidak harus menjadi seorang Yahudi untuk menjadi seorang Zionis. Saya menganggap diri saya seorang Zionis. Tanpa Israel, tidak ada orang Yahudi di dunia yang aman, ujar Biden suatu ketika
  • Jadwal Sholat Yogyakarta...
    Tips
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 20:47 WIB
    Jadwal sholat Yogyakarta dan sekitarnya ini berlaku untuk hari Senin 7 Agustus 2023 atau 20 Muharram 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi rujukan umat Muslim wilayah Yogyakarta dan sekitarnya untuk melaksanakan sholat fardhu lima waktu.
  • Ilmu Wudhu yang Wajib...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Desember 2019 - 16:39 WIB
    Thaharah atau bersuci (bersih) adalah ilmu fiqih dasar yang wajib dipelajari oleh umat muslim. Ilmu thaharah ini meliputi kajian tentang berwudhu, tayammum dan mandi.
  • Kisah Arisa, Mualaf...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 November 2021 - 11:41 WIB
    Saat mengetahui Arisa menjadi muslimah dan ingin mengejar impiannya menjadi ulama Islam, sang nenek memberi uang 20.000 yen. Ini untukmu, untuk mewujudkan impianmu, ujar nenek.
  • Ini Mengapa Muslim Prancis...
    Dunia Islam
    Minggu, 18 Juni 2023 - 14:09 WIB
    Umat Islam sering memblokir jalan dan trotoar di sekitar masjid, yang mengganggu fungsi normal kota, sehingga memerlukan kehadiran polisi. Hal ini tterjadi karena kurangnya tempat salat.
  • Jadwal Sholat Jakarta...
    Tips
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 21:11 WIB
    Jadwal sholat Jakarta dan sekitarnya ini berlaku untuk hari Senin 28 Agustus 2023 atau 11 Safar 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi rujukan umat Muslim wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk melaksanakan sholat fardhu lima waktu.
  • 2 Sunnah Ketika Bangun...
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 19:39 WIB
    Ada beberapa sunnah ketika bangun tidur yang sering dilalaikan kaum muslimin, padahal sunnah tersebut pasti memiliki kemuliaan atau keutamaan.