Topik Terkait: Takdir Mubram (halaman 2)

  • Habib Ahmad Bin Novel: Jangan Pernah Merendahkan Orang Lain
    Tausyiah
    Jum'at, 10 September 2021 - 21:03 WIB
    Salah satu penyakit hati yang dapat menggerogoti amal saleh adalah merasa bangga dengan diri sendiri (ujub) dan merendahkan orang lain. Berikut pesan Habib Ahmad.
  • Apakah Rezeki Telah Ditulis di Lauh Mahfudz? Begini Penjelasan Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:09 WIB
    Apakah rezeki dan jodoh juga telah tertulis di Lauh Mahfudz? Syaikh Al-Utsaimin menjelaskan segala sesuatu sejak awal terciptanya qalam sampai tiba hari kiamat telah tertulis di Lauh Mahfudz.
  • Adanya Takdir Tidak Menghalangi Manusia untuk Berusaha
    Tausyiah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Manusia berada di bawah hukum-hukum Allah sehingga segala yang kita lakukan pun tidak terlepas dari hukum-hukum yang telah mempunyai kadar dan ukuran tertentu.
  • Hadis dan Ayat yang Tampak Bertentangan, Begini Penjelasan Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 14:09 WIB
    Ada satu hadis yang sepintas bertentangan dengan ayat-ayat Al-Quran. Salah satu contoh adalah hadis dari Abdullah bin Masud ra dengan Quran Surat Al-Kahfi ayat 30.
  • Jauhi Ucapan Kalau Seandainya Saya Begini dan Begitu
    Tausyiah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 23:08 WIB
    Salah satu wujud keimanan kepada takdir Allah adalah menjauhi ucapan: Seandainya tadi saya berbuat begini dan begitu. Berikut penjelasan Ustaz Rikza Maulan.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Kisah Wafatnya Nabi Sulaiman dan Seorang Lelaki yang Mencoba Menghindar dari Kematian
    Hikmah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 16:21 WIB
    Seorang lelaki meminta dirinya dijauhkan dari Izrail. Kemudian Nabi Sulaiman memerintahkan angin untuk menghantarkanya sampai ke ujung negeri India dalam waktu sekejap saja.
  • Adanya Balasan dari Setiap Amal Perbuatan
    Tips
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 08:17 WIB
    Takdir Allah Subhanahu wa taala itu pasti, tidak berubah dan tak berganti. Dan, di antara takdir Allah yang agung ini, adalah ketentuan Allah berupa al-jaza min jinsil amal atau balasan akan didapat sesuai dengan amal perbuatan.
  • Kisah Sufi Abdullah Ansar: Bila Takdir Telah Campur Tangan
    Hikmah
    Minggu, 19 Desember 2021 - 08:05 WIB
    Nasihat lapis pertama kisah ini adalah bahwa ketika manusia diberi sesuatu yang bernilai besar bagi masa depannya, ia tidak mempergunakannya dengan cukup baik.
  • Hukum Rida Terhadap Qadar Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:38 WIB
    Syaikh Al-Utsaimin mengatakan rida pada qadar hukumnya wajib, karena hal itu termasuk kesempurnaan rida akan rububiyah Allah. Maka setiap mukmin harus rida pada qadha Allah, ujarnya.
  • Takdir Sudah Ditulis, Mengapa Masih Ada Penyiksaan bagi Manusia yang Berbuat Maksiat?
    Tausyiah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:10 WIB
    Mengapa Allah SWT akan menyiksa manusia karena maksiat, padahal Dia telah menakdirkan hal itu atas manusia? Begini jawaban Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin.
  • Khutbah Jumat: Wabah Covid-19,  Terapi  Pencegahan Menurut Islam
    Tausyiah
    Kamis, 09 September 2021 - 20:42 WIB
    Teks khutbah jumat seputar wabah Covid-19 dan bagaimana sikap seorang muslim. Pengobatan penyakit dalam Islam mencakup terapi preventif dan terapi kuratif. Apa itu?
  • Risiko Berat Hukum Berucap Biar Satu Kata Seandainya
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Februari 2021 - 21:27 WIB
    Lain halnya jika perkataan lau tersebut merupakan ungkapan penyesalan sebagai bagian dari usaha untuk introspeksi atau mengambil hikmah dari suatu peristiwa dan tidak mengingkari takdir Allah.
  • Mengenal dan Memahami Macam-Macam Takdir
    Muslimah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Salah satu dari rukun iman ini, adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qhada dan qadarnya Allah Taala. Lalu apa beda qadha dengan qadar dan bagaimana dengan takdir itu sendiri?
  • Berikut Ini 3 Kelompok Orang dalam Memandang Masalah Qadar
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:02 WIB
    Syaikh Al-Utsaimin mengatakan masalah Qadar menjadi pusat perdebatan di kalangan umat manusia sejak zaman dahulu. Dalam hal ini, mereka dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok.
  • Sikap Muslim Menghadapi Takdir Buruk Menurut Imam Ibnu Qayyim
    Hikmah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:40 WIB
    Segala takdir bagi seorang muslim hendaknya dipercaya hanya dari Allah semata. Baik takdir baik maupun takdir yang buruk. Lantass bagaimana menyikapi takdir ini, terutama bila terjadi takdir yg buruk?
  • Doa Memohon Takdir yang Baik Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 18:30 WIB
    Sebagai muslim, kita selalu berharap mendapatkan takdir yang baik serta mendapatkan pertolongan dari Allah taala. Dan, takdir seseorang dapat diubah menjadi lebih baik, bila kita selalu menyelipkan doa-doa yang tulus dan terus berikhtiar.
  • Apakah Manusia Sekadar Menjalankan Qadar? Begini Jawaban Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 18:46 WIB
    Al-Utsaimin menjelaskan sesungguhnya segala perbuatan yang dilakukan oleh orang yang memiliki akal sehat jelas dia lakukan atas dasar pilihannya.
  • 6 Pandangan Menyikapi Takdir Menurut Imam Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 09:31 WIB
    Takdir manusia di dunia sudah ditetapkan Allah Subhanahu wa taala, bahkan jauh sebelum ia dilahirkan ke dunia. Ada takdir yang baik, begitu juga ada takdir yang buruk.
  • Hadis Arbain: Takdir Setiap Manusia Sudah Tertulis
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:46 WIB
    Kemudian diutus seorang malaikat, lalu dia meniupkan ruh kepadanya, dan dia diperintah untuk menulis 4 kalimat: tentang rezekinya, amalannya, ajalnya dan (apakah) dia termasuk orang yang sengsara atau bahagia.
  • Apakah Takdir Merupakan Rukun Iman? Quraish Shihab: Al-Quran dan Hadis Tidak Mengatakan Begitu
    Tausyiah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan bahwa dari sudut pandang studi Al-Quran, kewajiban mempercayai adanya takdir tidak secara otomatis menyatakannya sebagai satu di antara rukun iman yang enam.