Topik Terkait: Tradisi Malam 1 Suro (halaman 30)

  • Syawalan di Kendal,...
    Hikmah
    Minggu, 03 Agustus 2014 - 21:54 WIB
    Tradisi yang biasa disebut Syawalan ini merupakan peringatan hari meninggalnya Kiai Asy&rsquoari atau dikenal dengan Kiai Guru.
  • Tata Krama Tinja Abu...
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 09:12 WIB
    Abu Nawas protes kepada raja kenapa harus ditangkap. Raja pun akhirnya menjawab, Abu Nawas dianggap telah menghina raja karena buang hajat di depan raja.
  • Lailatul Qadar, Jibril...
    Hikmah
    Rabu, 20 April 2022 - 22:39 WIB
    Salah satu yang membuat Lailatul Qadar sangat istimewa adalah turunnya Jibril dan para Malaikat untuk mengatur segala urusan. Berikut penjelasannya.
  • Pemberangkatan Gelombang...
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Juni 2023 - 23:19 WIB
    Pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama hari ini berakhir. Total 89.681 jemaah dan petugas dari 233 kelompok terbang (kloter) tiba di Madinah.
  • Dahsyatnya Fadhilah...
    Hikmah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 21:00 WIB
    Dalam perspektif Islam, memanah merupakan aktivitas yang sangat mulia. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, memanah memiliki fadhilah yang agung.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • 40 Sunnah di Bulan Ramadhan,...
    Tausiyah
    Selasa, 15 Mei 2018 - 16:21 WIB
    Sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ada baiknya umat Islam mengetahui apa saja sunnah-sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW.
  • Keutamaan Ahlul Bait...
    Tausyiah
    Jum'at, 20 November 2020 - 10:05 WIB
    Ahlul Bait adalah keluarga rumah tempat tinggal dan keluarga nasab Nabi Muhammad. Istri-istri Nabi merupakan keluarga ahlul bait, sedangkan kerabat-kerabatnya adalah keluarga karena pertalian nasab.
  • Kado-kado istimewa bulan...
    Tausiyah
    Kamis, 18 Juli 2013 - 07:23 WIB
    Kado istimewa pertama adalah lailatul qadar. Mayoritas ulama berpendapat bahwa lailatul qadar datang berulang-ulang, di setiap Ramadan, sebagaimana petunjuk Nabi agar kita menekuni malam-malam ganjil pada tiap 10 akhir bulan Ramadan. Dalam Alquran, kata al-qadar digunakan untuk tiga arti, yaitu penentuan (QS Al-Dukhan/44:3-5), kemuliaan (QS Al-An&rsquoam/6:91), dan sempit atau terbatas (Al- Ra&rsquod/13:26).
  • Kencangkan Sarung, Berikut...
    Tausyiah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 17:47 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam apabila memasuki 10 hari terakhir Ramadhan ini, beliau mengencangkan ikatan sarungnya (memperbanyak ibadah). Berikut tips menghidupkan 10 malam terakhir.
  • Imam Syafii Tak Pernah...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Oktober 2021 - 06:30 WIB
    Banyak pemahaman tersebar menyebut bahwa Allah Azza wa Jalla bertempat di atas Arsy. Imam Syafi mengatakan bahwa sesungguhnya Allah ada tanpa permulaan dan tanpa tempat.
  • Menikah di Bulan Suro,...
    Hikmah
    Selasa, 30 November 2021 - 23:25 WIB
    Menikah di Bulan Suro bagi sebagian masyarakat Indonesia khususnya Jawa merupakan hal terlarang untuk menggelar hajatan. Benarkah dilarang atau hanya mitos?
  • Harut dan Marut (1):...
    Hikmah
    Senin, 08 November 2021 - 14:53 WIB
    Harut dan Marut adalah dua malaikat yang diutus oleh Allah ke negeri Babilonia. Nama kedua malaikat ini disebutkan di dalam Al-Quran pada surat Al Baqarah ayat 102.
  • Kapan 1 Muharram 2024?...
    Tips
    Jum'at, 28 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Kapan tanggal 1 Muharram tahun 2024 atau 1446 hijriah? Karena tanggal 1 Muharram menandakan Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah. Berikut penjelasannya.
  • Keutamaan Membaca Surat...
    Tips
    Senin, 27 Februari 2023 - 17:49 WIB
    Keutamaan membaca Surat Yasin di malam Nisfu Syaban telah dijelaskan oleh para ulama sebagai amalan yang sangat baik dalam rangka bermunajat kepada Allah.
  • Mengenal Malam Nisfu...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Di bulan Syaban ini, ada satu malam yang diyakini sangat istimewa yakni malam Nisfu Syaban atau 15 Syaban. Di tahun ini, malam Nisfu Syaban akan jatuh pada tanggal 24 Februari.
  • Doa dan Zikir Malam...
    Tips
    Selasa, 20 Februari 2024 - 09:54 WIB
    Doa dan zikir malam Nisfu Syaban ini biasanya diamalkan umat Muslim pada pertengahan bulan Syaban (tanggal 15 Syaban). Apa saja doa dan amalan zikirnya?
  • Ustaz Yusuf Mansur:...
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Mei 2021 - 08:21 WIB
    Ulama kondang Ustaz Yusuf Mansur mengajak masyarakat untuk tidak mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Musababnya, saat ini pandemi Corona masih belum berlalu.
  • Abu Nawas Hamil dan...
    Hikmah
    Senin, 25 Mei 2020 - 07:42 WIB
    Apabila seorang mengeluarkan titah, tidak boleh mencabut perintahnya lagi, jika itu dilakukan, ibarat menjilat air ludah sendiri. Itu tanda-tanda pengecut.
  • Masjid Tertua di Manado,...
    Hikmah
    Sabtu, 04 Juli 2015 - 12:51 WIB
    Masjid Agung Awwal Fathul Mubien yang terletak di Kelurahan Kampung Islam, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sulawesi Utara, boleh jadi terlihat seperti masjid biasa.
  • Benarkah Berdoa di Malam...
    Tausyiah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:09 WIB
    Dalam tahun 2024 ini, Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 24 Februari 2024 atau pertengahan bulan Syaban. Benarkah berdoa di malam tersebut tidak akan ditolah Allah Subhanahu wa taala?