Topik Terkait: Tuan Guru Bajang Tgb (halaman 3)

  • Alhamdulillah, Senangnya Guru Ngaji Askar Kauny Terima Parsel Lebaran
    Hikmah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 23:59 WIB
    Para guru ngaji yang berada di bawah Yayasan Askar Kauny (YAK) mendapat hadiah spesial dari Majelis Talim Telkomsel (MTT) berupa parsel lebaran sembako dan uang tunai.
  • 4 Perkara yang Merusak Niat, Nomor 3 Sering Tak Disadari
    Tausyiah
    Minggu, 09 Januari 2022 - 22:26 WIB
    Pentingnya menjaga niat agar tidak ternodai dengan perkara-perkara yang dibenci Allah. Abah Guru Sekumpul menerangkan ada empat perkara yang bisa merusak niat.
  • Luar Biasa Imam Al-Bukhari Punya 1.080 Guru, Semuanya Ahli Hadis
    Hikmah
    Jum'at, 18 September 2020 - 05:15 WIB
    Selain karuniai ingatan kuat dan didikan ibu yang penyayang, Imam Al-Bukhari memiliki banyak guru yang mendukungnya dalam mengumpulkan Hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam.
  • Kisah Sufi: Sang Guru dan Arah Mana yang Benar?
    Hikmah
    Sabtu, 21 November 2020 - 09:18 WIB
    Murid harus tahu bagaimana mematuhi, bukan semata ia harus taat. Pertanyaan apakah menjadi murid atau tidak, datang setelah seseorang tahu apa sesungguhnya murid.
  • Kisah Iyas bin Mu’awiyah al-Muzanni Luruskan Anggapan Guru Yahudi Surga Itu Aneh
    Hikmah
    Jum'at, 15 April 2022 - 15:05 WIB
    Iyas adalah seorang hakim Bashrah yang diangkat oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz. Dia dikenal zuhud. Suatu ketika ia pernah berdebat dengan seorang guru Yahudi yang menganggap surga itu aneh.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Kisah Bijak Para Sufi: Tiga Guru dan Penunggang Bagal
    Hikmah
    Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:58 WIB
    Kisah ini, yang berasal dari Sufi Abdul Qadir Al Jilani (1077-1166), juga dianggap terilhami dari kehidupan Hasid Rabbi Elimelech (yang meninggal pada tahun 1809).
  • Jasad Guru Ngaji Viral, Ini 10 Golongan yang Jasadnya Utuh dalam Kubur
    Hikmah
    Sabtu, 15 Januari 2022 - 22:29 WIB
    Jasad guru ngaji yang masih utuh setelah 17 tahun dikubur menuai perbincangan publik. Berikut 10 golongan manusia yang jasadnya utuh di alam kubur.
  • Doa Paling Makbul Menurut Orang Tarim Hadhramaut
    Tausyiah
    Senin, 07 Februari 2022 - 21:12 WIB
    Ulama kharismatik Abah Guru Sekumpul mengungkap doa paling makbul menurut orang Tarim Hadhramaut. Sebagaimana diketahui Tarim adalah kota Seribu Wali yang ada di Yaman.
  • Kisah Mush’ab bin Umair, Tuan Muda yang Menawan Walau Kenakan Jubah Usang
    Hikmah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 16:56 WIB
    Para muarrikh dan ahli riwayat melukiskan semangat kepemudaannya dengan kalimat: Seorang warga kota Mekkah yang mempunyai nama paling harum.
  • Imam Syafii Nimba Ilmu dari Ratusan Guru, Ini yang Paling Berpengaruh
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 16:00 WIB
    Imam Syafii telah berguru kepada ratusan guru. Dari banyaknya para guru itu, ada beberapa nama guru yang paling berpengaruh dalam membentuk pondasi keilmuan Imam Syafii.
  • Imam Besar Masjid Istiqlal Ajak Guru Madrasah Sebarkan Islam yang Toleran
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 November 2021 - 14:22 WIB
    Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Nasaruddin Umar mengajak guru madrasah dan pesantren untuk menyebarkan Islam toleran.
  • Hati-hati Belajar Agama Tidak Akan Sempurna Tanpa Guru
    Tausyiah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 09:30 WIB
    Sudah menjadi pakem bagi siapa saja yang ingin alim, ingin berilmu, harus berguru. Sebab, ilmu tidak akan hasil sempurna kecuali memiliki seorang guru, seorang murabbi.
  • Rindu Ketemu Rasulullah SAW, Guru Sufi Sarankan Makan Ikan Asin yang Banyak
    Hikmah
    Rabu, 01 September 2021 - 05:15 WIB
    Anakku, pada Jumat malam nanti, banyak-banyaklah kau makan ikan asin, tunaikan salatmu, dan langsunglah engkau pergi tidur tanpa minum air setetes pun. Keinginanmu akan terpenuhi.
  • Karomah Terbesar Seorang Guru Adalah Keistiqomahannya Mengajar
    Tausyiah
    Sabtu, 10 April 2021 - 22:05 WIB
    Karomah seringkali dijadikan standar bagi orang awam dalam menilai kehebatan seorang guru. Padahal karomah terbesar seorang guru adalah kestiqomahannya mengajar.
  • Tanda Allah Menutup Aib dan Keburukan Kita
    Tausyiah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 07:30 WIB
    Kita dianggap baik oleh orang karena Allah menutupi aib kita. Bagaimana tanda Allah menutup Aib seseorang? Berikut penjelasan ulama Yaman Habib Umar Bin Hafizh.
  • Tapa Brata Malik Dinar dan Pencarian Sang Guru Tersembunyi
    Hikmah
    Senin, 06 Juli 2020 - 06:32 WIB
  • Habib Geys Assegaf: Hati-hati dalam Memilih Guru
    Tausiyah
    Rabu, 27 November 2019 - 16:29 WIB
    Islam sangat memuliakan ulama, murobbi, guru, massyaikh, syeikh dan para asatiz. Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf mengimbau para pencari ilmu agar berhati-hati memilih guru.
  • Abdul Mu’ti: Anak Madrasah Itu Akhirnya Menjadi Profesor
    Hikmah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 08:41 WIB
    Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti mendapat kenaikan jabatan menjadi Profesor dalam bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  • Ini Tiga Solusi TGB Atasi Islamofobia di Dunia
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Agustus 2022 - 18:46 WIB
    Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (PB NWDI) Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi memberikan tiga solusi mengatasi islamofobia di dunia.
  • TGB: Masjid Bukan Hanya Tempat Ibadah Tapi Sumber Kedamaian
    Dunia Islam
    Kamis, 06 April 2023 - 22:21 WIB
    Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mengatakan, seseorang yang dianggap jago adalah yang bisa mengendalikan emosinya. Serta salah satu yang bisa membawa suasana damai berasal dari masjid.