Topik Terkait: Turunnya Alquran (halaman 2)

  • Lailatul Qadar: Ada Pendapat Turun Sekali Pada Era Nabi Saja
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 16:20 WIB
    Menurut Quraish, memang turunnya Al-Quran 15 abad yang lalu terjadi pada malam Lailatul Qadar, tetapi itu bukan berarti malam mulia itu hadir pada saat itu saja.
  • Nuzulul Quran, Haedar: Kita Tidak Berdebat Soal Kapan Persisnya
    Tausyiah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 03:57 WIB
    Haedar Nashir mengingatkan pentingnya mengingat momen Nuzulul Quran untuk menambah rasa cinta dan kedekatan kita kepada Al-Quran sebagai mukjizat Nabi Muhammad.
  • Benarkah Pahala Bacaan Alquran Tidak Sampai kepada Mayit? (1)
    Tausiyah
    Kamis, 12 Desember 2019 - 21:19 WIB
    Salah satu khilafiyah yang sering dibicarakan masyarakat adalah masalah mengirim pahala bacaan Alquran untuk mayit. Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib.
  • Nasihat untuk Pembaca Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 14:21 WIB
    Ada satu hal yang sering disalahpahami sebagian umat ini. Ketika membaca ayat-ayat Al-Quran, timbul di benak mereka: Kan sudah berkali-kali, untuk apa dibaca berulang-ulang.
  • Inilah Perbuatan yang Jadi Penyebab Turunnya Azab Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 09:10 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memberikan sebuah peringatan kepada umatnya tentang lima perbuatan yang menjadi sebab datangnya azab Allah di dunia. Apa saja yang menjadi penyebabnya?
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Melihat Al-Quran Tulisan Tangan yang Masih Terjaga Rapi di Museum Subkoss
    Dunia Islam
    Kamis, 22 April 2021 - 08:30 WIB
    Rasa kagum sekaligus takjub menyelimuti pengunjung yang melihat langsung Mushaf Al-Quran peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam di Museum Subkoss Sriwijaya di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.
  • Tadabbur Al-Hijr Ayat 9: Jaminan Allah Terhadap Kemurnian Al-Quran dan Penjagaan-Nya
    Hikmah
    Selasa, 05 Desember 2023 - 21:46 WIB
    Sebagaimana Al-Quran adalah Kalam Allah maka Dia menjamin kemurnian dan kesuciannya dan Dia pula yang memeliharanya. Berikut firman Allah.
  • Surat Al-Hajj Ayat 73-74: Jangan Anggap Sepele, Lalat Punya Kelebihan
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 17:32 WIB
    Lalat adalah hewan yang sering kita temui sehari-hari. Hewan yang tergolong mini dan kita anggap sebagai hewan jijik dan kotor ternyata terdapat dalam Al-Quran Surat Al-Hajj ayat 73-74.
  • Keistimewaan Syaban, Turunnya Ayat Perintah Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Minggu, 26 Februari 2023 - 21:36 WIB
    Di antara keistimewaan bulan Syaban adalah bulan dimana Allah menurunkan sebuah ayat yang berisi perintah bersholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW.
  • Kenapa Ramadhan Disebut Sebagai Bulan Al-Quran?
    Tausyiah
    Senin, 26 April 2021 - 23:52 WIB
    Selain Syahrus Shiyam (bulan berpuasa), Ramadhan juga disebut sebagai Syahrul Quran atau Bulan Al-Quran. Pertanyaannya, mengapa Ramadhan disebut sebagai bulan Al-Quran?
  • Nuzulul Quran: Tafsir dan Kisah Turunnya Surat Al-Alaq
    Tausyiah
    Jum'at, 15 April 2022 - 16:34 WIB
    Wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW pada saat beliau mengasingkan diri di Gua Hira adalah surat al-Alaq ayat 1-5. Begini kisah dan tafsir surat tersebut.
  • Isi Kegiatan Ramadhan, Puluhan Warga Binaan Rutan Salatiga Khatamkan Alquran
    Dunia Islam
    Selasa, 05 April 2022 - 14:53 WIB
    Warga binaan Rutan Kelas IIB Salatiga mengisi kegiatan Ramadhan dengan membaca Alquran. Bahkan puluhan warga binaan mengkhatamkan 30 juz pada Selasa (5/4/2022)
  • Kapan Alquran Diturunkan? Ini Penjelasan Ustaz Ahmad Sarwat
    Tausiyah
    Rabu, 22 Mei 2019 - 21:41 WIB
    Alquran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Turunnya Alquran dari Lauhul Mahfuzh dikenal dengan istilah Nuzulul Quran.
  • Inilah Keutamaan Membaca Alquran
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Bagi Anda yang mencintai Alquran, ada baiknya simak hitungan sederhana ini. Terlebih di bulan Ramadhan, amalan membaca Alquran (tilawah) sangat dianjurkan oleh para ulama.
  • Hubungan Hadis dan Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 15 Mei 2023 - 10:12 WIB
    Pengertian hadis seperti yang dikemukakan oleh ulama ushul dapat dikatakan sebagai bagian dari wahyu Allah SWT yang tidak berbeda dari segi kewajiban menaatinya.
  • Kisah Rumitnya Penulisan Mushaf Al-Quran di Era Abu Bakar Ash-Shiddiq
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 08:10 WIB
    Abu Bakar memberi petunjuk agar tim tidak menerima satu naskah kecuali yang memenuhi dua syarat: Pertama, harus sesuai dengan hafalan para sahabat. Kedua, tulisan tersebut ditulis atas perintah dan di hadapan Nabi SAW.
  • Ketika Al-Quran Membunuh Pendengarnya, Berikut Kisahnya
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Juni 2021 - 21:19 WIB
    Berikut kisah mengharukan tentang Al-Quran yang membunuh pendengarnya. Suatu hari Fudhoil bin Iyadh menjadi imam sholat dan anaknya Ali bin Fudhoil menjadi makmumnya.
  • Hukum Meletakkan Uang Atau Barang di Dalam Mushaf Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 14 Februari 2022 - 22:13 WIB
    Seringkali kita dapati selipan uang atau barang tertentu di dalam mushaf Al-Quran, entah orang lain yang meletakannya atau kita sendiri, lantas apa hukumnya menurut hukum syariat?
  • Bagaimana Alquran Bisa Mudah Dihafal?
    Tausiyah
    Kamis, 10 Juli 2014 - 16:09 WIB
    Inilah sebuah mukjizat abadi yang terus berkelanjutan hingga akhir zaman. Pertolongan Allah SWT yang membuat Alquran begitu digemari untuk dibaca serta mudah untuk dihafalkan.
  • Pilih Dunia atau Akhirat? Ini Jawaban Alquran
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2019 - 05:01 WIB
    Banyak orang mendambakan kehidupan terbaik di dunia dan akhirat. Namun, tak sedikit di antara umat Islam justru kebingungan menentukan jalan hidupnya.