Topik Terkait: Universitas Alahgaff Yaman

  • Khotaman Al-Quran di Masjid Bermenara Tanah Liat Tertinggi di Dunia
    Dunia Islam
    Senin, 03 Mei 2021 - 22:27 WIB
    Ada yang menarik pada malam ke-20 dari bulan Ramadhan ini, acara Khotaman Al-Quran Qubro diawali dengan Sholat Tarawih berjamaah di Masjid Al-Mudor Tarim, Yaman.
  • Tholabul Ilmi, Beginilah Keceriaan Mahasiswa Indonesia Saat Tiba di Yaman
    Hikmah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 17:41 WIB
    Rasa lelah yang menyelimuti mahasiswa baru asal Indonesia ini seketika hilang begitu mereka menginjakkan kaki di Bandara Seywun, Yaman. Tampak di wajah mereka aura keceriaan dan kebahagiaan.
  • Houthi: Pendukung Tuhan dari Yaman di Laut Merah
    Dunia Islam
    Rabu, 17 Januari 2024 - 18:59 WIB
    Amerika Serikat dan Inggris melancarkan serangan militer di Yaman yang oleh Houthi digambarkan sebagai tindakan biadab. Namun siapakah pejuang Yaman yang menjadi jantung dari eskalasi ini?
  • Mengapa Yaman Dimuliakan Allah?
    Hikmah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 14:19 WIB
    Mengapa Yaman dimuliakan Allah? Berikut ini jawabannya. Banyak hadis Nabi yang menerangkan kemuliaan negeri Yaman. Di antaranya adaah hadis-hadis berikut ini.
  • Hudzaifah bin al-Yaman (2): Pilih Belajar tentang Kejahatan Ketimbang Kebaikan
    Hikmah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 08:18 WIB
    Hudzaifah mendalami Islam dengan didikan Rasulullah, sampai pada akhirnya dia mencapai sebuah kesimpulan bagi siapapun yang ingin mengetahui tentang kebaikan, hal itu akan tampak jelas dan gamblang
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • 5 Ulama Yaman Keturunan Nabi Muhammad SAW dan Kiprahnya
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Ulama Yaman yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW jumlahnya sangat banyak. Di antara sosok ulama yang cukup populer ialah Habib Umar bin Hafizh.
  • Habib Ali Masyhur Wafat, Ulama di Yaman dan Indonesia Berduka
    Hikmah
    Rabu, 27 Mei 2020 - 14:51 WIB
    Kabar duka dari negeri sejuta wali, telah berpulang kerahmatullah ulama kharismatik Yaman As-Sayyid Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafizh bin Syeikh Abu Bakar bin Salim.
  • Kisah Pemberontakan Yaman Setelah Kematian Nabi Palsu Aswad al-Ansi
    Hikmah
    Selasa, 01 September 2020 - 13:54 WIB
    Faktor yang menambah memanasnya pemberontakan di Yaman antara lain adalah pertentangan ras, yakni ras Persia dan Arab. Khalifah pada kasus ini cenderung memihak tokoh Persia.
  • Genosida Israel di Gaza: Serangan Yaman di Laut Merah Membuat Eropa Krisis Minyak
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Januari 2024 - 14:56 WIB
    Dukungan Eropa terhadap genosida Israel di Gaza, dan serangan Inggris-AS terhadap Yaman, telah memberikan dampak signifikan terhadap impor produk minyak olahan Eropa pada paruh pertama bulan Januari.
  • Api Penggiring, Tanda Kiamat yang Muncul dari Yaman
    Hikmah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 16:50 WIB
    Tanda kiamat yang muncul dari Yaman adalah api yang keluar dari kawah Aden. Api inilah yang menggiring manusia ke tempat mereka dihimpun. Kini kawah Aden sedang istirahat..
  • Asal-usul Marga Basalamah dari Hadramaut Yaman
    Dunia Islam
    Senin, 06 November 2023 - 16:51 WIB
    Asal-usul marga Basalamah merupakan salah satu nama marga yang diambil dari Arab Hadramaut yang merujuk pada nama keluarga keturunan bangsa Arab, yang berasal dari Hadramaut Yaman.
  • Keistimewaan Tarim, Kota Seribu Wali yang Diberkahi (1)
    Hikmah
    Rabu, 21 April 2021 - 17:31 WIB
    Tarim, sebuah kota bersejarah terletak di wilayah Hadhramaut, Yaman. Jaraknya sekitar 640 Km dari Sana, ibukota Yaman. Tarim dikenal sebagai daerah yang dijuluki kota seribu para wali.
  • 4 Ulama Besar Yaman Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 21:20 WIB
    Ulama Yaman keturunan Nabi Muhammad SAW sebenarnya sangat banyak. Bukan tanpa alasan, Yaman (Hadhramaut) sejak dulu sudah dikenal sebagai kampung para Wali dan Dzurriyah Nabi.
  • Ponpes Attaqwa Putra Bekasi Teken MoU dengan Mahad Darul Hadist Tarim Yaman
    Dunia Islam
    Senin, 28 Agustus 2023 - 20:07 WIB
    Pondok Pesantren Attaqwa Putra, Bekasi, Jawa Barat menandatangani kerja sama dengan Mahad Darul Hadits Tarim Yaman.
  • Keutamaan Penduduk Yaman, Berikut Pujian Rasulullah SAW
    Dunia Islam
    Jum'at, 03 September 2021 - 15:38 WIB
    Yaman selalu diidentikkan dengan Negeri Seribu Wali. Bukan tanpa alasan, di Yaman terdapat daerah yang kemurnian Islam masih terjaga utuh. Berikut Pujian Rasulullah SAW.
  • Puasa Syawal, Adat Tarim dan Indonesia
    Tausyiah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 10:00 WIB
    Dalam satu Hadis Nabawi, kita sangat dianjurkan dalam berpuasa 6 hari di bulan Syawal. Enam hari tersebut bisa juga kita lakukan di awal bulan, tengah ataupun terakhir.
  • Hudzaifah bin al-Yaman (1): Pemegang Daftar Orang Munafik Zaman Nabi SAW
    Hikmah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 12:42 WIB
    Hudzaifah bin al-Yaman ra adalah santri Rasulullah SAW yang diberi tahu daftar rahasia tentang orang-orang munafik di sekitar Nabi dan konspirasinya.
  • Nabi Palsu yang Muncul Pada Masa Rasulullah SAW Masih Hidup
    Hikmah
    Senin, 31 Oktober 2022 - 16:44 WIB
    Nabi palsu yang muncul pada masa Rasulullah SAW masih hidup lumayan banyak. Mereka ikut-ikutan memploklamirkan diri sebagai nabi setelah Nabi Muhammad SAW mengikrarkan diri sebagai Rasul.
  • 10 Marga Keturunan Nabi Muhammad SAW yang Banyak di Yaman
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Marga keturunan Nabi Muhammad di Yaman semuanya bermuara kepada Imam Muhammad Al-Mauladdawilah. Marga tertua ialah Assegaf yang menjadi payung bagi semua marga Habib di Yaman.
  • Memaknai Ramadhan, Menyelami Kehidupan Santri di Yaman
    Dunia Islam
    Selasa, 27 April 2021 - 10:57 WIB
    Ramadhan merupakan momentum yang disediakan Allah sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri, juga waktu yang paling tepat menempa dan mengasah kecerdasan.