Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 71)

  • Prinsip Ahlus Sunnah...
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 06:15 WIB
    Di antara prinsip-prinsip Ahlus Sunnah wal Jamaah adalah bahwa dalam berdalil selalu mengikuti apa-apa yang datang dari Kitab Allah dan Sunnah Rasulullah SAW, baik secara lahir maupun batin
  • Tingkatan Hukum-Hukum...
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 16:19 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan salah satu kajian fiqih yang dilupakan sebagian agamawan adalah mengetahui tingkatan-tingkatan hukum syari dan menyadari bahwa hukum-hukum ini tidak berada dalam satu tingkatan saja.
  • Khalifah Umar Bin Abdul...
    Hikmah
    Sabtu, 21 September 2024 - 05:11 WIB
    Umar bin Abdul Aziz menjadi khalifah Bani Umayyah pada tahun 717 720 M. Ia dicintai rakyatnya namun dibenci pejabat tinggi Bani Umayyah. Umar wafat diduga karena diracun.
  • Pemilu: Hakikat Kedaulatan...
    Hikmah
    Minggu, 04 Februari 2024 - 09:55 WIB
    Menurut sejarah peradaban Islam, kata dawlah dipergunakan untuk menunjuk pada pengertian rezim kekuasaan, seperti Daulah Bani Umayyah dan Daulah Bani Abbasiyyah.
  • Biografi Ibnu Khaldun,...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 10:48 WIB
    Ibnu Khaldun merupakan tokoh terkemuka yang berhasil mengembangkan filosofi sejarah nonreligius pertama di dunia. Namun sebagian besar mengenalnya sebagai bapak sosiologi dan ilmu sejarah dari Islam.
  • Bolehkah Menjual Mahar...
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 19:11 WIB
    Mahar nikah merupakan salah satu bagian dari wajib nikah yang harus dipenuhi oleh laki-laki kepada perempuan. Karena itu prosesi pemberian mahar ini tak dapat dilepaskan dalam sebuah prosesi pernikahan dalam Islam.
  • Jihad di Mata John Louis...
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 09:18 WIB
    Esposito mengatakan, jihad berarti perang melawan kejahatan dan setan disiplin diri di mana orang-orang yang beriman berusaha untuk mengikuti kehendak Tuhan, untuk menjadi Muslim yang lebih baik.
  • Makhluk yang Paling...
    Tausyiah
    Rabu, 29 November 2023 - 14:09 WIB
    Semakin bertambah iman seseorang, tingkat pemahamannya terhadap agama, dan ketergantungannya kepada Pencipta, semakin semangat pula ia berdoa kepada Allah dalam segala kondisi.
  • Jarang Diketahui! Ternyata...
    Hikmah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 05:10 WIB
    Jika ada yang bertanya, untuk apa Allah menciptakan bintang di langit? Maka jawabannya ada dalam Al-Quran Al-Karim. Mari simak firman Allah berikut dan penjelasannya.
  • Ilmu Fiqih: Banyak Membentuk...
    Hikmah
    Senin, 23 September 2024 - 10:05 WIB
    Dari yang 4 itu, fiqih adalah yang paling kuat mendominasi pemahaman orang-orang Islam akan agama mereka. Itu sebabnya Fiqih paling banyak membentuk bagian terpenting cara berpikir umat Islam.
  • Penaklukan Yerusalem:...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 16:05 WIB
    Sementara kedua orang ini sedang di Gereja Anastasis, waktu salat pun tiba. Uskup itu meminta kepada Umar melaksanakan salat di tempat itu, karena itu juga rumah Tuhan.
  • Muamalah dalam Rumah...
    Muslimah
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 19:14 WIB
    Suami dan istri adalah cerminan dalam sebuah keluarga. Jika suami istri shaleh dan shalehah maka akan tercipta keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah. Keluarga yang diberkahi Allah Taala.
  • Bagaimana Islam Mengatur...
    Muslimah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 12:40 WIB
    Rumah tangga yang baik akan bisa memberikan kontribusi yang positif baik lingkungan. Sebab itu, pribadi-pribadi yang terhimpun dalam sebuah rumah tangga harus memiliki karakter ilahiah.
  • Ummu Umarah, Shahabiyah...
    Muslimah
    Rabu, 06 September 2023 - 17:35 WIB
    Ummu Umarah adalah panggilannya, ia bernama lengkap Nusaibah bin Kaab. Seorang muslimah yang menorehkan tinta emas dalam sejarah Islam .
  • Doa Agar Dimudahkan...
    Tausiyah
    Rabu, 12 Februari 2020 - 08:45 WIB
    Ustaz DR Yakub Amin mengajarkan amalan doa untuk mendapatkan rezeki halal saat kajian Bada Subuh di Masjid Permata Qalbu, Pos Pengumben, Jakarta Barat
  • Keutamaan Mengajarkan...
    Muslimah
    Minggu, 26 September 2021 - 05:10 WIB
    Orang yang mengajarkan ilmu, menjadi seorang guru, baik guru dalam ilmu agama maupun ilmu dunia mempunyai keutamaan begitu besar. Sebaliknya orang yang enggan membagikan ilmu yang dimilikinya justru akan merugi.
  • Bukan Sekadar Pergantian...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 17:01 WIB
    Khutbah saya kali ini fokus pada urgensi perubahan sebagai esensi yang paling mendasar dari tahun baru Hijrah yang sedang kita peringati.
  • Ilmu Wudhu yang Wajib...
    Hikmah
    Kamis, 02 Januari 2020 - 16:30 WIB
    Berikut ini penjelasan tentang hal-hal yang dilarang bagi yang tidak berwudhu. Dilarang bagi yang tidak ada wudhu melakukan tiga hal berikut.
  • Melihat Bagaimana Syariat...
    Muslimah
    Sabtu, 12 November 2022 - 13:20 WIB
    Seorang ibu yang sedang mengandung akan mengalami kondisi berat. Selain harus menjaga kondisinya demi keselamatan janin, si ibu juga harus menjaga asupan makanannya. Bagaimana syariat meihat kondisi ini?
  • Doa Ketika Bermimpi...
    Tips
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 12:30 WIB
    Doa ketika kita mengalami mimpi yang baik, penting diketahui dan diamalkan. Bahkan, sebelumnya ketika hendak tidur, kita pun diperintahkan berdoa