Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 30)

  • Sejarah Perang dalam...
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Perang dalam Islam bukanlah hal yang diada-adakan oleh Rasulullah SAW melainkan ada sebab musababnya. Berikut sejarah perang dalam Islam dan turunnya perintah jihad.
  • Mengenal 10 Malaikat...
    Hikmah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 21:50 WIB
    Setiap mukmin beriman wajib mengenal Malaikat-malaikat Allah dan mengenal sifat-sifatnya serta tugas-tugasnya. Percaya kepada Malaikat adalah salah satu rukun iman dalam syariat Islam.
  • Kisah Perang Yarmuk,...
    Hikmah
    Selasa, 24 September 2024 - 12:42 WIB
    Perang Yarmuk merupakan perang yang melibatkan Pasukan Muslim dalam melawan Kekaisaran Romawi Timur. Dinamakan perang Yarmuk karena berlangsung di lokasi Sungai Yarmouk.
  • PPIH Sambut Kedatangan...
    Dunia Islam
    Rabu, 26 Juni 2024 - 18:38 WIB
    Fase pemulangan jemaah haji Indonesia, hingga tanggal 25 Juni 2024 pukul 21.00 WAS, jemaah haji dan petugas yang telah diterbangkan ke Tanah Air berjumlah 28.593 orang.
  • 4 Macam Pernikahan di...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juni 2024 - 15:07 WIB
    Kedua adalah seorang suami yang memerintahkan kepada istrinya apabila telah suci dari haid untuk menikah (berhubungan seks) dengan seseorang, dan bila ia telah hamil, maka ia kembali untuk digauli suaminya/
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Khalifah Harun...
    Dunia Islam
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 18:35 WIB
    Pada saat Al-Amin dinobatkan sebagai putra mahkota, seorang penyair bernama Salm Al-Khasir melantunkan syair yang membuat Zubaidah menjejali mulutnya dengan butiran mutiara.
  • Profil Sheikh Sulaiman...
    Hikmah
    Rabu, 03 Mei 2023 - 11:08 WIB
    Sheikh Sulaiman Ar Ruhaili adalah salah satu imam besar Madinah. Sheikh pernah menyindir jamaah umrah dan haji Indonesia yang gemar selfie saat beribadah di Makkah dan Madinah.
  • Kisah Abu Ayyub dan...
    Hikmah
    Rabu, 16 Maret 2022 - 17:07 WIB
    Tatkala Rasulullah hijrah ke Madinah, beliau tinggal di rumah Abu Ayyub al-Anshari selama 7 bulan. Kala itu, Rasulullah tinggal di lantai 1, sedangkan Abu Ayub dan istrinya di lantai 2.
  • Kisah Ahli Antropologi...
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Pada waktu Rolf meningkat dewasa, dia pergi ke negara-negara Balkan dan Turki. Ia ikut bersembahyang di mesjid-mesjid, walaupun dia masih seorang Nasrani.
  • Umat Islam Indonesia...
    Dunia Islam
    Senin, 10 April 2023 - 08:17 WIB
    JMM bersama IAID Al Karimiyah menggelar dialog keagamaan Ramadan 1444 H bertemakan Membumikan Islam Ramah, Menangkal Ideologi Radikal di Bumi Pancasila, di Aula IAID, Depok.
  • Orientalis Ini Bicara...
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 06:27 WIB
    Ayat Al-Quran berikut ini mengatakan: Sesungguhnya Kami telah mendatangkan Al-Kitab (Taurat) kepada Musa dan Kami telah menyusulinya berturut-turut sesudah itu dengan rasul-rasul.
  • Hukum Ahli Waris dan...
    Tausyiah
    Senin, 17 Januari 2022 - 08:38 WIB
    Seseorang sebelum meninggal boleh berwasiat untuk mendonorkan sebagian organ tubuhnya. Hanya saja, jika ia (si mayat) tidak berwasiat sebelumnya, bolehkah bagi ahli waris mendonorkan sebagian organ tubuhnya?
  • Hukum Perceraian dalam...
    Tausyiah
    Selasa, 01 November 2022 - 12:20 WIB
    Suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian dalam Islam, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Tugas Malaikat Ridwan...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 15:51 WIB
    Tugas Malaikat Ridwan perlu diketahui umat Islam sebagai wujud keimanan atas kekuasaan Allah selaku Zat Yang Maha Agung. Malaikat ini diberi tugas khusus oleh Allah.
  • Jumlah Ayat Al-Quran...
    Tausyiah
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 20:54 WIB
    Jumlah ayat dalam Al-Quran patut diketahui umat muslim sebagai sumber hukum Islam. Adapun yang populer di kalangan umat Islam adalah 6.666 ayat.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Wajib bagi umat Islam mempelajari dan mengajarkannya serta memperdalam (mengambil spesialisasi), sehingga umat Islam tidak lagi bergantung kepada umat lainnya dan tidak dikuasai oleh umat lain.
  • Di Balik Kegagalan Dakwah...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 14:51 WIB
    Sayyid Quthb mengatakan pada generasi awal Al-Quran menjadi jantung dan rujukan satu-satunya dakwah sehingga melahirkan generasi sahabat, atau generasi yang istimewa.
  • Kisah Politik Islam...
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juli 2024 - 10:43 WIB
    Semangat persatuan tengah muncul dalam tubuh Kristen Eropa, menjelang Perang Salib I. Sebaliknya, umat Islam terjadi rivalitas. Hubungan antara pemerintahan Islam tengah renggang-renggangnya.
  • Tingkatan Hukum-Hukum...
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 16:19 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan salah satu kajian fiqih yang dilupakan sebagian agamawan adalah mengetahui tingkatan-tingkatan hukum syari dan menyadari bahwa hukum-hukum ini tidak berada dalam satu tingkatan saja.
  • Fitnah Berbalut Islam...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:50 WIB
    Para revolusioner Persatuan dan Pembangunan ini menggunakan agama sebagai senjata untuk memerangi Sultan Abdul Hamid II dan memfitnah juga atas nama agama.