Topik Terkait: Uzlah Dan Khalwat (halaman 3)

  • 3 Waktu Utama Baca Ayat Kursi dan Keistimewaannya, Berikut Bacaan Arab, Latin dan Terjemahan
    Muslimah
    Rabu, 07 April 2021 - 07:08 WIB
    Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang paling sering dilantunkan . Ayat kursi, tidak lain adalah Surat Al-Baqarah ayat 255 ini keutamaannya luar biasa, berpangkal dari kandungan maknanya.
  • Pernikahan Sang Pengantin Langit,  Hanzhalah dan Jamilah
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 13:51 WIB
    Pernikahan antara Hanzhalah dan Jamilah bertepatan dengan persiapan perang di Uhud. Sore hari menikah, maka pagi harinya, Hazhalah pergi ke medan perang. Hanya semalan berstatus suami istri, Jamillah pun mendapat gelar istri seorang syuhada.
  • Anjuran Bersabar dan Hakikat Sabar dalam Al Quran
    Tausyiah
    Kamis, 03 November 2022 - 13:55 WIB
    Sabar sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Ada yang diucap. Ada yang dirasa. Sabar termasuk akhlak yang paling mulia dan utama. Sabar mendapat banyak perhatian dari Al-Quran di dalam surat-surat-Nya.
  • Ketika Masa Depan Islam dan Muslim Kian Suram di Prancis
    Dunia Islam
    Kamis, 28 September 2023 - 12:29 WIB
    Setelah pelarangan abaya di sekolah umum, ambang batas baru telah terlampaui dalam Islamofobia yang sudah tidak terkendali di Prancis. Serangan terbaru terhadap Islam sangatlah parah,
  • Zakat Menyucikan Diri dari Dosa-Dosa dan Membersihkan dari Sifat Bakhil
    Tausyiah
    Jum'at, 14 April 2023 - 19:44 WIB
    Zakat menyucikan diri dari dosa-dosa bagi mereka yang menunaikannya. Selain itu, zakat juga membersikan diri dari sifat bakhil. Kewajiban zakat adalah terapi tepat melenyapkan kecintaan kepada dunia dari hati.
  • Larangan Berdusta serta Dalilnya dalam Al Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 11:29 WIB
    Berdusta adalah perbuatan yang sangat tercela, ini salah satu sifat yang buruk. Perbuatan dusta juga merupakan sifat dari orang-orang munafik, maka Islam sangat melarang keras perbuatan dusta ini.
  • Kisah Terbunuhnya Nabi Yahya dan Perempuan yang Menginginkan Darahnya
    Hikmah
    Selasa, 07 Desember 2021 - 05:15 WIB
    banyak sekali riwayat yang menyebutkan penyebab terbunuhnya Nabi Yahya as. Selanjutnya Ibnu Katsir menyampaikan salah satu kisah yang paling masyhur.
  • Bolehkah Anak Menasehati Orang Tuanya? Bagaimana Adabnya?
    Muslimah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 16:54 WIB
    Dalam kehidupan banyak kita jumpai berbagai watak manusia. Termasuk dalam lingkup keluarga sendiri. Orang tua, kerabat dekat, teman, dan tetangga yang memiliki watak yang tidak sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.
  • Kisah Makam Imam Bukhari dan Soekarno
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:37 WIB
    Kisah makam Imam Bukhari melibatkan nama Presiden Pertama Indonesia, Sukarno. Kisahnya diceritakan dalam buku Dunia dalam Genggaman Bung Karno. Hanya saja, banyak yang meragukan kebenaran kisah tersebut.
  • Rukun Haji dan Umrah Lengkap dengan Keutamaan dan Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 15:15 WIB
    Alhamdulillah musim Haji telah tiba. Bagi yang diberi kesempatan menunaikannya, berikut rukun haji dan umrah yang wajib dipenuhi jamaah selama melaksanakan haji.
  • Doa dan Zikir ketika Dilanda Rasa Malas, Yuk Amalkan!
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 11:17 WIB
    Doa dan zikir ketika malas tengah melanda diri, perlu kita amalkan agar dapat lebih produktif dalam beraktivitas. Sebab rasa malas hanya akan menimbulkan dampak negatif yang berbuntut pada penyesalan.
  • Halal dan Haram: Asal Tiap-Tiap Sesuatu Adalah Mubah
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:39 WIB
    Arena haram dalam syariat Islam itu sangat sempit sekali dan arena halal justru sangat luas. Nas-nas yang sahih dan tegas dalam hal-haram, jumlahnya sangat minim sekali
  • 7 Tahapan Penciptaan Manusia, Ini Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Selasa, 28 Juni 2022 - 23:40 WIB
    Salah satu tanda kebesaran Allah adalah menjadikan manusia dari setetes air mani (Nuthfah) kemudian berkembang menjadi makhluk sempurna. Berikut tujuh tahapannya.
  • Syarat Tayamum Beserta Tata Cara, Rukun dan Kondisi Diperbolehkannya Tayamum
    Tips
    Kamis, 07 September 2023 - 09:57 WIB
    Syarat Tayamum lengkap beserta dengan tata cara, rukun dan kondisinya akan dibahas dalam artikel ini. Tayamum merupakan salah satu cara bersuci menggunakan debu lantaran sulit mendapatkan air.
  • Inilah Amalan Setara dengan Ibadah Haji dan Umrah
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 14:16 WIB
    Bila belum bisa menunaikan ibadah haji atau umrah, Allah Taala masih menyediakan banyak amalan yang pahalanya senilai dengan pahala haji ataupun umrah. Amalan-amalan apa saja?
  • Harut dan Marut (1): Malaikat, Apa Orang yang Pura-pura Saleh?
    Hikmah
    Senin, 08 November 2021 - 14:53 WIB
    Harut dan Marut adalah dua malaikat yang diutus oleh Allah ke negeri Babilonia. Nama kedua malaikat ini disebutkan di dalam Al-Quran pada surat Al Baqarah ayat 102.
  • Antara Doa, Dizkir dan Wirid, Manakah yang Paling Afdhal?
    Tips
    Rabu, 15 Desember 2021 - 07:52 WIB
    Dalam keseharian sebagai seorang mukmin, kita dianjurkan untuk selalu berdoa, berdzikir dan wirid. Dan ternyata dari tiga aktivitas tersebut, terdapat perbedaan. Apa saja perbedaan doa, dzikir dan wirid ini?
  • Jadwal Puasa Tasua dan Puasa Asyura 1445 Hijriah
    Tips
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 15:42 WIB
    Jadwal dan niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023 menjadi informasi penting yang harus diketahui umat muslim. Puasa Tasua dan Asyura merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Muharram.
  • Kisah Dzulqarnain dan Hancurnya Islam di Baghdad oleh Yakjuj dan Makjuj
    Tausyiah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 14:35 WIB
    Ucapan Dzulkarnain terbukti dengan kasus munculnya raja Jengis Khan yang telah membuat kerusakan di muka bumi dan menghancurkan benteng besi dan kerajaan Islam di Baghdad.
  • Bahaya Sifat Tamak pada Dunia Menurut Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 18:42 WIB
    Islam menegaskan bahwa terlalu tamak terhadap dunia dan memprioritaskan dunia adalah hal yang harus diwaspadai dan dihindari. Al-Quran juga menyebutkan dunia adalah fitnah bagi manusia