Topik Terkait: Wawasan Kebangsaan (halaman 5)

  • Makna Ucapan Umar bin...
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 14:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam raya ini, dan sisi kejadiannya, dalam kadar atau ukuran tertentu, pada tempat dan waktu tertentu, disebut takdir.
  • Kenabian Muhammad Berbeda...
    Tausyiah
    Kamis, 12 September 2024 - 14:42 WIB
    Sebelum beliau, para Nabi dan Rasul diutus untuk masyarakat dan waktu tertentu, tetapi Nabi Muhammad SAW diutus untuk seluruh manusia di setiap waktu dan tempat.
  • Padangan Agama tentang...
    Tausyiah
    Kamis, 05 September 2024 - 09:05 WIB
    Ada kehidupan di dunia dan ada pula kehidupan di akhirat. Yang pertama dinamai Al-Quran al-hayat ad-dunya (kehidupan yang rendah), sedangkan yang kedua dinamainva al-hayawan (kehidupan yang sempurna).
  • Mengapa Tak Ada Ayat...
    Tausyiah
    Minggu, 19 Juni 2022 - 18:26 WIB
    Syaikh Abdul Halim Mahmud mengatakan jangankan Al-Quran, Kitab Taurat, dan Injil dalam bentuknya yang sekarang pun (Perjanjian Lama dan Baru) tidak menguraikan tentang wujud Tuhan.
  • 3 Aspek Pokok Bukti...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:32 WIB
    Secara umum kita dapat membagi uraian Al-Quran tentang bukti Keesaan Tuhan dengan tiga bagian pokok, yaitu: Kenyataan wujud yang tampak, rasa yang terdapat dalam jiwa manusia, dan dalil-dalil logika.
  • Istimar: Kekuasaan Politik...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 08:24 WIB
    Sedangkan surat Al-Rum (30): 9 yang mengulangi dua kali kata kerja masa lampau amaru berbicara tentang bumi, diartikan sebagai membangun bangunan, serta mengelolanya untuk memperoleh manfaatnya.
  • Ini yang Boleh dan yang...
    Tausyiah
    Selasa, 18 April 2023 - 17:19 WIB
    Masjid adalah milik Allah, karena itu kesuciannya harus dipelihara. Segala sesuatu yang diduga mengurangi kesucian masjid atau dapat mengesankan hal tersebut, tidak boleh dilakukan di dalam masjid.
  • Makna Kisah Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Quraish Shihab menjelaskan mengapa Nabi SAW menolak memberikan maaf kepada seorang pencuri setelah diajukan ke pengadilan, walau pemilik harta telah memaafkannya.
  • Hanya Orang-Orang Tertentu...
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 15:44 WIB
    Lailatul Qadar bakal datang pada Ramadhan ini. Pertanyaannya, apakah malam yang mulia tersebut akan menemui setiap orang yang terjaga (tidak tidur) pada malam kehadirannya itu?
  • Al-Quran di Tengah Perkembangan...
    Tausyiah
    Rabu, 12 April 2023 - 16:41 WIB
    Ahli keislaman berpendapat bahwa ilmu menurut Al-Quran mencakup segala macam pengetahuan yang berguna bagi manusia dalam kehidupannya, baik masa kini maupun masa depan fisika atau metafisika.
  • Lagi, Soal Jilbab dan...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Mengutip Muhammad Thahir, Quraish Shihab berpendapat bahwa ada hadis-hadis Nabi yang merupakan perintah, tetapi perintah dalam arti sebaiknya bukan seharusnya
  • Kisah Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 15:33 WIB
    Nabi Muhammad sangat gelisah ketika wahyu yang beliau nanti-nantikan tidak kunjung datang, hingga sampai-sampai konon beliau hampir saja mencelakakan dirinya.
  • Beda Ajaran Tauhid Nabi...
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 13:03 WIB
    Nabi Ibrahim berbeda dengan nabi-nabi sebelumnya tatkala memaparkan tauhid kepada umatnya. Nabi-nabi sebelumnya berkata, Sembahlah Allah, kalian tidak memiliki Tuhan selain-Nya.
  • Ayat-Ayat Al-Quran Turun...
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 13:09 WIB
    Selama 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari ayat-ayat Al-Quran silih berganti turun. Dan selama itu pula Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya tekun mengajarkan Al-Quran, dan membimbing umatnya.
  • Ini Mengapa Ulama Lebih...
    Hikmah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 11:12 WIB
    Mengapa ulama lebih memilih kalimat marhaban ya Ramadan ketimbang, misalnya, ahlan wa sahlan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Padahal kedua kalimat itu bermaksa sama: selamat datang
  • Akhlak Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 15:10 WIB
    Al-Quran mengakui secara tegas bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki akhlak yang sangat agung. Bahkan dapat dikatakan bahwa konsideran pengangkatan beliau sebagai nabi adalah keluhuran budi pekertinya
  • Agama Bukan Sekadar...
    Tausyiah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 19:24 WIB
    Agama bukan hanya merupakan kebutuhan manusia, tetapi juga selalu relevan dengan kehidupannya. Begitu pendapat Quraish Shihab saat menjawab pertanyaan, apakah agama masih relevan dengan kehidupan masa kini?
  • Wawasan Al-Qur’an:...
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Islam, melalui sumber utamanya Al-Quran, bahkan melukiskan dengan sangat indah, kelemahan-kelemahan manusia gejolak nafsu berahi pun ditampilkannya.
  • Makna Ummatan Wasatha...
    Tausyiah
    Senin, 13 Maret 2023 - 10:24 WIB
    Menurut Quraish Shihab, mulanya, kata wasath berarti segala yang baik sesuai dengan obyeknya. Sesuatu yang baik berada pada posisi di antara dua ekstrem.
  • Hindarilah Telanjang,...
    Tausyiah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 07:27 WIB
    Hindarilah telanjang, karena ada (malaikat) yang selalu bersamamu yang tak pernah berpisah denganmu kecuali ketika ke kamar belakang dan ketika berhubungan seks dengan istrinya.