Topik Terkait: Wawasan Kebangsaan (halaman 3)

  • Prinsip-Prinsip Kekuasaan...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Ikatan ini terjalin antara sang penguasa dengan Allah SWT di satu pihak dan dengan masyarakatnya di pihak lain. Perjanjian dengan Allah dinamai oleh-Nya dalam Al-Quran dengan ahd.
  • Ketimbang Nabi Musa,...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Juli 2022 - 16:32 WIB
    Sikap Allah SWT kepada Rasulullah SAW lebih besar ketimbang Nabi Musa. Nabi Musa bermohon agar Allah menganugerahkan kepadanya kelapangan dada, Nabi SAW mendapatkan itu tanpa meminta.
  • Ayat-Ayat Al-Quran Terkesan...
    Tausyiah
    Minggu, 17 April 2022 - 19:09 WIB
    Seringkali pada saat Al-Quran berbicara tentang satu persoalan menyangkut satu dimensi atau aspek tertentu, tiba-tiba ayat lain muncul berbicara tentang aspek atau dimensi lain.
  • Mewujudkan Khaer Ummah:...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 September 2022 - 23:18 WIB
    Poin ketiga ini yang saya simpulkan dalam kata-kata wawasan Iqra. Bahwa umat ini harus kembali menyadari urgensi iqra tidak saja dalam agama.
  • Istilah Manusia, Produksi...
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 09:05 WIB
    Dari sisi lain diamati bahwa banyak ayat-ayat Al-Quran yang menggunakan kata basyar yang mengisyaratkan bahwa proses kejadian manusia sebagai basyar, melalui tahap-tahap sehingga mencapai tahap kedewasaan.
  • Video Santri Tutup Telinga,...
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 19:56 WIB
    Viralnya video yang memperlihatkan santri menutup telinga mereka saat divaksin mengapungkan kembali perdebatan mengenai halal dan haramnya seni musik dan seni suara. Begini pendapat Quraish Shihab.
  • Perlunya Memahami Esensi...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Mei 2022 - 15:37 WIB
    Mudik ke kampung halaman, halal bi halal, saling memaafkan dan berkumpul bersama menjadi tradisi unik dalam memaknai hari kemenangan sepanjang bulan Syawal.
  • Duluan Mana, Keadilan...
    Tausyiah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 10:56 WIB
    Terjadi silang pendapat mengenai apa yang harus didahulukan, apakah kesejahteraan atau keadilan? Muhammad Quraish Shihab menjelaskan dari sekian ayat ditemukan isyarat perlunya mendahulukan keadilan.
  • Wadah Jurnalis Muhammadiyah...
    Dunia Islam
    Selasa, 12 Desember 2023 - 15:16 WIB
    Jurnalis Muhammadiyah akan membentuk wadah bernama Ikatan Jurnalis Indonesia (IKAJI). Tak mencantumkan nama Muhammadiyah dalam nama itu, dengan dalih agar tidak terkesan eksklusif.
  • Ini Mengapa Nabi Sulaiman...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:56 WIB
    dalam Al-Quran disebutkan betapa orang-orang yang dekat kepada-Nya sekalipun, tetap bermohon agar dibimbing, diilhami dan diberi kemampuan untuk dapat mensyukuri nikmat-Nya.
  • Makna Kisah Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Quraish Shihab menjelaskan mengapa Nabi SAW menolak memberikan maaf kepada seorang pencuri setelah diajukan ke pengadilan, walau pemilik harta telah memaafkannya.
  • Selain Al-Fatihah, Ada...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 13:20 WIB
    Al-Biqai dalam tafsirnya menyebut al-hamdulillah dalam surat Al-Fatihah menggambarkan segala anugerah Tuhan yang dapat dinikmati oleh makhluk, khususnya manusia.
  • Tanda Kehadiran Lailatulqadar:...
    Tausyiah
    Kamis, 06 April 2023 - 17:12 WIB
    Lailatulqadar adalah malam kemuliaan, laksana malam seribu bulan. Lalu, apa arti malam Qadar, dan mengapa malam itu dinamai demikian? Lalu, seperti apa tanda-tandanya?
  • Tiga Sisi Syukur Menurut...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 18:41 WIB
    Quraish Shihab mengatakan syukur mencakup tiga sisi: Syukur dengan hati, syukur dengan lidah, dan syukur dengan perbuatan, dengan memanfaatkan anugerah yang diperoleh.
  • Bolehkah Bersyukur kepada...
    Tausyiah
    Rabu, 31 Juli 2024 - 08:07 WIB
    Walaupun kesyukuran harus ditujukan kepada Allah namun ini bukan berarti bahwa kita dilarang bersyukur kepada mereka yang menjadi perantara kehadiran nikmat Allah.
  • Halalkah Makanan Sembelihan...
    Tausyiah
    Senin, 27 Juli 2020 - 15:46 WIB
    Timbul perselisihan pendapat di kalangan ulama tentang siapa yang dimaksud dengan Ahl Al-Kitab, dan apakah umat Yahudi dan Nasrani masa kini, masih sebagai Ahl Al-Kitab.
  • Al-Ghufran dan Dosa...
    Tausyiah
    Kamis, 20 Mei 2021 - 20:32 WIB
    Sedangkan untuk menutup dosa dengan pekerjaan tertentu, Al-Quran juga menggunakan istilah takfir. Kata ini, terambil dari kata kaffara yang berarti menutup.
  • Teguran-Teguran Allah...
    Tausyiah
    Jum'at, 13 September 2024 - 14:27 WIB
    Nabi Muhammad SAW diberi kelebihan dibanding nabi lainnya, namun bukan berarti beliau dimanjakan oleh Allah, sehingga beliau tidak akan ditegur apabila melakukan sesuatu yang kurang wajar sebagai manusia pilihan.
  • Lagi, Soal Jilbab dan...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Mengutip Muhammad Thahir, Quraish Shihab berpendapat bahwa ada hadis-hadis Nabi yang merupakan perintah, tetapi perintah dalam arti sebaiknya bukan seharusnya
  • Hindarilah Telanjang,...
    Tausyiah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 07:27 WIB
    Hindarilah telanjang, karena ada (malaikat) yang selalu bersamamu yang tak pernah berpisah denganmu kecuali ketika ke kamar belakang dan ketika berhubungan seks dengan istrinya.