Topik Terkait: Wawasan Kebangsaan (halaman 2)

  • Nuzulul Quran: Makna...
    Tausyiah
    Senin, 03 April 2023 - 04:00 WIB
    Mengapa iqra, merupakan perintah pertama yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW padahal beliau seorang ummi (yang tidak pandai membaca dan menulis)? Mengapa demikian?
  • Makna Kemerdekaan dalam...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Agustus 2024 - 13:15 WIB
    Makna Kemerdekaan dalam Islam adalah anugerah yang tak ternilai. Dalam ajaran Islam, makna kemerdekaan memiliki dimensi yang mendalam, melebihi sekadar bebas dari penjajahan fisik.
  • Keadilan Sosial Bukan...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Quraish Shihab mengatakan keadilan sosial bukan mempersamakan semua anggota masyarakat, melainkan mempersamakan mereka dalam kesempatan mengukir prestasi.
  • Kesejahteraan Sosial...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:28 WIB
    Kesejahteraan sosial dimulai dengan Islam, yaitu penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Tidak mungkin jiwa akan merasakan ketenangan apabila kepribadian terpecah (split personality):
  • Makna Kisah Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Quraish Shihab menjelaskan mengapa Nabi SAW menolak memberikan maaf kepada seorang pencuri setelah diajukan ke pengadilan, walau pemilik harta telah memaafkannya.
  • Bagaimana Seharusnya...
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Mei 2021 - 14:44 WIB
    Dalam sekian banyak ayat yang menggunakan istilah Ahl Al-Kitab, terasa adanya uluran tangan dan sikap bersahabat, walaupun di sana-sini Al-Quran mengakui adanya perbedaan dalam keyakinan.
  • Ulama Besar Ibnu Sirin...
    Tausyiah
    Kamis, 22 April 2021 - 18:04 WIB
    Sebagian ulama menyatakan bahwa penyakit apa pun yang diderita oleh seseorang, membolehkannya untuk berbuka. ibnu Sirin tidak puasa dengan alasan jari telunjuknya sakit.
  • Apakah Ahlul Kitab Semua...
    Tausyiah
    Rabu, 19 Mei 2021 - 16:18 WIB
    Perlu digarisbawahi untuk menjawab pertanyaan ini. Penggalan tersebut paling tidak menunjukkan bahwa tidak semua mereka bersikap demikian, kata Quraish Shihab.
  • Seputar Makna Minal...
    Tausyiah
    Senin, 17 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Ucapan populer dalam konteks Idul Fitri ada Minal Aidin wal Faizin. Kata Aidin, adalah bentuk pelaku Id. Kata al-faizin adalah bentuk jamak dari faiz, yang berarti orang yang beruntung.
  • Keadilan Ilahi: Si A...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 15:53 WIB
    Mengapa ada kejahatan, ada penyakit dan kemiskinan, bahkan mengapa Tuhan menganugerahkan si A segala kenikmatan, dan menjadikan si B tenggelam ke dalam bencana?
  • Ini Mengapa Nabi dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan yang jelas, Nabi dan sahabat-sahabat utama beliau, tidak pernah mempersoalkan takdir sebagaimana dilakukan oleh para teolog itu.
  • Siapa yang Disyukuri...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 16:50 WIB
    Al-Quran berbicara menyangkut siapa dan bagaimana upaya yang harus dilakukan sehingga wajar disyukuri. Dua kali kata masykur dalam arti yang disyukuri terulang dalam Al-Quran.
  • Kehadiran Allah Taala...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 17:01 WIB
    Pada al-Quran surat al-Zumar ayat 29 bermaksud menggambarkan bagaimana keadaan seseorang yang harus taat kepada sekian banyak orang yang memilikinya.
  • Tanda Kehadiran Lailatulqadar:...
    Tausyiah
    Kamis, 06 April 2023 - 17:12 WIB
    Lailatulqadar adalah malam kemuliaan, laksana malam seribu bulan. Lalu, apa arti malam Qadar, dan mengapa malam itu dinamai demikian? Lalu, seperti apa tanda-tandanya?
  • Syukur: Kepada Siapa...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 06:44 WIB
    Hakikat syukur adalah menampakkan nikmat, dan hakikat kekufuran adalah menyembunyikannya. Lalu, kepada siapa mesti disyukuri dan apa manfaatnya?
  • 3 Makna Lailatul Qadar...
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 14:08 WIB
    Hal yang dinantikan di bulan Ramadhan seperti saat ini adalah turunnya lailatul qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan. Lalu, apa arti malam Al-Qadr dan mengapa malam itu dinamai demikian?
  • Allah Menciptakan dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 09:01 WIB
    Allah menciptakan dan mengelola alam raya ini dengan keadilan, dan menuntut agar keadilan mencakup semua aspek kehidupan. Akidah, syariat atau hukum, akhlak, bahkan cinta dan benci.
  • Umat Terbaik Itu Harus...
    Tausiyah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 17:48 WIB
    Kali ini saya akan sampaikan karakteristik terakhir dari ummatan wasathan (masyarakat madani atau Islami). Sengaja saya tuliskan karakter terakhir ini secara terpisah.
  • Semangat Idul Fitri...
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Mei 2021 - 19:48 WIB
    Momentum Idul Fitri merupakan hari kemenangan dan kebahagian. Namun ternyata tidak semuanya merasakan kemenangan dan kebahagiaan terutama mereka yang berada di daerah konflik seperti di Palestina.
  • Berhias Boleh, yang...
    Tausyiah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 08:08 WIB
    Salah satu yang harus dihindari dalam berhias adalah timbulnya rangsangan berahi dari yang melihatnya (kecuali suami atau istri) dan atau sikap tidak sopan dari siapa pun.