Topik Terkait: Zainab Binti Khuzaimah (halaman 2)

  • Kisah Umaimah binti Numan, Dicerai Nabi Muhammad SAW Jelang Malam Pengantin
    Hikmah
    Kamis, 21 April 2022 - 17:06 WIB
    Umaimah binti Numan al-Jauniyah bernama asli Asma bintu an-Numan adalah perempuan yang sempat dinikah Rasulullah SAW namun diceraikan menjelang malam pengantinnya.
  • Begini Kesamaan Pemujaan Perawan Maria oleh Umat Kristen dan Muslim di Al Andalus
    Dunia Islam
    Rabu, 13 September 2023 - 18:29 WIB
    Perawan Maria memiliki tempat yang unik dan mulia dalam Islam sebuah kesamaan yang terabaikan dan terkadang disederhanakan antara Islam dan Kristen, khususnya Katolik.
  • Jejak Sayyidah Ruqayyah dan Nasib Ummu Kultsum Putri Rasulullah
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 17:30 WIB
    Ummu Jamil mengancam kepada anak-anaknya, haram jika kalian berdua tidak menceraikan kedua putri Muhammad! Kepalaku haram terhadap kepala kalian.
  • Atikah binti Zaid : Sang Bidadari Para Syuhada
    Muslimah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 17:10 WIB
    Salah satu kisah kehidupan para shahabiyah (sahabat perempuan Rasulullah) yang sarat dengan hikmah adalah tentang sosok Atikah binti Zaid bin Amar bin Nufail.
  • Kisah Fatimah binti Maimun, Pendakwah Islam di Jawa Timur sebelum Wali Songo
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Agustus 2022 - 17:03 WIB
    Sayyidah Fatimah binti Maimun adalah tokoh muslimah yang makamnya di Gresik, Jawa Timur. Makam ini membuktikan, sebelum datangnya Wali Songo ke tanah Jawa, Islam sudah ada di Jawa Timur.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Biografi Sayyidah Khadijah dan Keistimewaannya (2): Orang Pertama yang Memeluk Islam
    Hikmah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 17:11 WIB
    Biografi Sayyidah Khadijah binti Khuwailid, istri pertama Rasulullah ? penting untuk kita ketahui. Beliau adalah penghulu wanita dan orang pertama yang beriman dan memeluk Islam.
  • Juwairiyah binti Harits, Pembawa Berkah Kaumnya ke Dalam Cahaya Islam
    Muslimah
    Minggu, 01 November 2020 - 13:00 WIB
    Kisah Sayyidah Juwairiyah sampai ke pintu rumah Rasulullah, tidak lepas dari permusuhan Bani Musthaliq kepada Islam. Harits bin Abu Dhirar, ayah Juwairiyah yang menyembah berhala hendak menghalangi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
  • Belajar Kehidupan dari Sosok Hindun binti Utbah
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 16:08 WIB
    Selain meneladani kisah nabi, sebagai muslimah juga dianjurkan untuk meneladani para shahabiyah (sahabat nabi perempuan atau perempuan-perempuan hebat dan agung pada zaman Rasulullah). Sosok Hindun binti Utbah, salah satunya.
  • Asy-Syifa’ binti Abdullah, Ilmuwan Perempuan Pertama Dalam Islam
    Muslimah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 09:10 WIB
    Sosok ini dikenal sebagai seorang muslimah yang pandai dan berilmu tinggi, di masa awal datangnya Islam. Di mana pada saat itu hanya segelintir perempuan yang diperbolehkan menulis dan membaca.
  • Kisah Hikmah : Pengalaman Pertama Qailah binti Makhramah Masuk Masjid Nabawi
    Hikmah
    Minggu, 05 Mei 2024 - 12:53 WIB
    Inilah cerita seorang shahabiyat (sahabat perempuan Rasulullah) yang bernama Qailah binti Makhramah radhiyallahu anha tentang pengalaman pertamanya masuk Masjid Nabawi.
  • Perempuan yang Selalu Memuliakan Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 05 November 2020 - 18:05 WIB
    Fathimah binti Asad adalah perempuan yang mendapat kehormatan untuk mendidik dan mengasuh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam saat beliau dalam asuhan pamannya, Abu Thalib.
  • Ummu Hisyam binti Haritsah, Sahabiyah Penghapal Surat Qaf Langsung dari Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 10:52 WIB
    Banyak sahabat Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam di kalangan muslimah (sahabiyah) yang cerdas dan membantu Nabi SAW dalam menegakkan syariat Islam. Salah satunya adalah Ummu Hisyam binti Haritsah
  • Saudah binti Zamah : Sosok Keindahan dan Kesetiaan Seorang Istri
    Muslimah
    Sabtu, 05 September 2020 - 17:46 WIB
    Ummul mukminin Aisyah sangat terkesan akan keindahan kesetiaan Saudah binti Zamah kepada Rasulullah, bahkan Aisyah pun berharap bisa menjadi bajunya (penggantinya) di sisi Nabi yang mulia tersebut.
  • Kain Kafan Sayyidah Khadijah, Satu dari Surga dan Satunya Rida Rasulullah
    Hikmah
    Sabtu, 24 April 2021 - 17:32 WIB
    Sepeninggal Sayyidah Khadijah Al-Kubro pada hari ke-11 Ramadhan Tahun ke-10 kenabian membuat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sangat terpukul. Kain kafan beliau pun didatangkan dari Surga.
  • Mengenal Sosok Bunda Maria dalam Sudut Pandang Islam dan Nasrani
    Muslimah
    Jum'at, 24 Februari 2023 - 18:57 WIB
    Mengenal sosok Bunda Maria dalam sudut pandang Islam dan Nasrani cukup penting diketahui. Terutama berkaitan dengan sosoknya yang merupakan salah satu wanita terbaik yang pernah diciptakan Allah SWT.
  • Amrah binti Abdurahman: Sosok Cerdas Periwayat Hadis dari Sayyidah Aisyah
    Muslimah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 17:08 WIB
    Banyak hadis dari Ummul Mukminin Aisyah Radhyallahuanha yang disampaikan sosok muslimah bernama Amrah binti Abdurahman bin Sad bin Zurarah Al-Anshari Al-Madaniyyah
  • Kisah Shafiyah binti Huyay, Istri Nabi Muhammad yang Berasal dari Bangsa Yahudi
    Muslimah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 19:34 WIB
    Shafiyah binti Huyay merupakan salah satu istri Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang memiliki kisahnya tersendiri lantaran berasal dari kaum Yahudi.
  • Ummu Umarah, Shahabiyah Pejuang Hak Asasi Pertama dalam Islam
    Muslimah
    Rabu, 06 September 2023 - 17:35 WIB
    Ummu Umarah adalah panggilannya, ia bernama lengkap Nusaibah bin Kaab. Seorang muslimah yang menorehkan tinta emas dalam sejarah Islam .
  • Furaiah binti Malik, Sang Penghapal Hadis Tentang Masa Berkabung
    Muslimah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 18:04 WIB
    Furaiah binti Malik, salah satu perawi perempuan dengan hadis-hadis yang ia riwayatkan langsung dari Baginda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Sosok perempuan kaum Anshar yang dijamin masuk surga.
  • Biografi Sayyidah Khadijah dan Keistimewaannya (3): Perempuan Terbaik Penghulu Surga
    Hikmah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 15:20 WIB
    Berikut lanjutan keistimewaan Sayyidah Khadijah binti Khuwailid, istri pertama Rasulullah SAW yang merupakan penghulu para wanita di surga.