Topik Terkait: Zakat (halaman 2)

  • Wajibkah Mengqadha Zakat Fitrah, Ketika Sudah Mampu?
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 17:07 WIB
    Lantas, apakah terdapat kewajiban lain bagi orang yang tidak mampu membayar zakat fitrah? Wajibkah dia mengqadha untuk membayar zakat tatkala ia mampu?
  • Zakat Profesi dalam Bingkai Sejarah Islam
    Tausyiah
    Kamis, 07 April 2022 - 10:35 WIB
    Zakat bersinonim dengan sedekah wajib. Dalam Al-Quran kata sedekah dalam berbagai bentuk dan derivasinya disebutkan sebanyak 154 kali
  • Pembayaran Zakat Fitrah Boleh Dipercepat di Awal Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 19:43 WIB
    Zakat fitrah memiliki dimensi sosial yang sangat kuat. Mengandung banyak hikmah dari segi waktu pelaksanaannya, materi zakatnya, orang yang terkena kewajiban, dan mereka yang berhak menerima..
  • Ketentuan Zakat Fitrah: Lebih Utama Beras atau Uang?
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 03:05 WIB
    Zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam pada bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri. Adapun perintah mengeluarkan zakat fitrah ini didasari oleh sejumlah hadis
  • Zakat Tak Ada Kaitannya dengan Pemerataan, Begini Penjelasan Kiai Masdar Masudi
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Kiai Masdar mengatakan bicara soal zakat dikaitkan dengan pemerataan ada kesan memaksakan diri, mangada-ada! Anehnya orang tak kunjung kapok menjadikannya sebagai tema
  • Pengertian Kalkulator Zakat Emas dan Cara Menghitungnya
    Tips
    Kamis, 19 Januari 2023 - 16:42 WIB
    Kalkulator zakat emas adalah layanan yang bisa dimanfaatkan kaum muslim untuk memudahkan dalam penghitungan zakat emas. Berikut cara menghitung zakat emas.
  • Waktu Terbaik dan Paling Afdal Mengeluarkan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 20 April 2023 - 03:01 WIB
    Mayoritas ulama mengatakan zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap jiwa kaum muslimin. Kapan waktu terbaik mengeluarkan zakat fitrah? Simak ulasan berikut ini.
  • Bolehkah Menyerahkan Zakat kepada Keluarga Sendiri?
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 14:41 WIB
    Mazhab Malikiyah dan Syafiiyah menyatakan, tidak boleh memberikan zakat kepada kerabat yang si pemberi zakat berkewajiban menanggung nafkah mereka.
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Bolehkah Zakat Fitrah Diwakilkan? Ada Syarat yang Perlu Dipenuhi
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 09:44 WIB
    Bolehkah zakat fitrah diwakilkan? Hal ini kerap menjadi pertanyaan, terutama bagi umat muslim yang tidak dapat menunaikannya secara langsung menjelang Idul Fitri.
  • Apakah Boleh Bayar Zakat Fitrah Online?
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 12:55 WIB
    Apakah boleh membayar zakat fitrah secara online? Pertanyaan ini mengemuka dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, termasuk perihal pembayaran zakat.
  • 6 Lafaz Niat Bayar Zakat Fitrah Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 01 April 2024 - 16:05 WIB
    Lafaz niat bayar zakat fitrah ini penting diketahui umat muslim. Meski niat adalah urusan hati, melafalkannya (talaffudh) dianjurkan sebab akan membantu seseorang untuk memantapkan niat tersebut.
  • Haekal: Kewajiban Zakat Bertalian dengan Iman
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 04:00 WIB
    Islam mengajarkan yang kuat mengasihi yang lemah, yang kaya mengulurkan tangan kepada yang tidak punya. Hal ini ditunjukkan dengan ajaran zakat dan sedekah
  • Tata Cara Zakat Fitrah: Percepatan Pembayaran dan Niatnya
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 17:03 WIB
    Zakat fitrah mengandung banyak hikmah dari segi waktu pelaksanaannya, materi zakatnya, orang yang terkena kewajiban, dan mereka yang berhak menerimanya.
  • Mereka yang Wajib Mengeluarkan Zakat Fitri
    Tips
    Selasa, 18 April 2023 - 17:46 WIB
    Ukuran kemampuan, menurut jumhur ulama ialah, seseorang memiliki kelebihan makanan pokok bagi dirinya dan orang-orang yang menjadi tanggungannya, nafkah untuk satu malam Id dan siangnya.
  • Mengenal Ragam Zakat yang Harus Ditunaikan Umat Muslim
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 08:14 WIB
    Bagi seorang muslim, membayar zakat adalah suatu kewajiban dan menjadi bagian dari rukun Islam. Siapa saja yang harus bayar zakat ini dan ada berapa macam zakatnya?
  • Waktu yang Paling Afdhol Menunaikan Zakat Fitrah
    Tausiyah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 16:18 WIB
    Pengasuh Ponpes Al-Fachriyah Tangerang, Al-Habib Ahmad bin Novel Jindan menjelaskan seputar fiqih zakat fitrah yang perlu diketahui masyarakat awam dan para panitia zakat.
  • Bolehkah Zakat Fitrah Dibagikan ke Daerah Lain?
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 02:00 WIB
    Mazhab Hanabilah dalam masalah ini tidak boleh, sebab zakat fithri tidak boleh dipindahkan dari tempat asal diwajibkannya kecuali jika pada tempat tersebut tidak ada yang berhak menerimanya.
  • Zakat Fitrah, Bolehkah Ditunaikan dalam Bentuk Uang?
    Tips
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Kita sering menemukan orang-orang membayar Zakat Fitrah dengan uang yang nilainya seharga dengan makanan pokok seharihari. Apakah hal itu dibolehkan?
  • Dulu Miskin Sekarang Kaya, Haruskah Mengqadha Zakat
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 14:18 WIB
    Lantas, apakah terdapat kewajiban lain bagi orang yang tidak mampu membayar zakat fitrah? Wajibkah dia mengqadha untuk membayar zakat tatkala ia mampu?