Topik Terkait: Ulama Klasik

  • Tidak Bersedih dengan Kematian Ulama Berarti Munafik?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:54 WIB
    Siapa yang tidak bersedih dengan kematian seorang ulama maka ia termasuk munafik. Ada teman bertanya tentang hadis ini, apakah benar ini hadis. Jika memang benar hadis bagaimana keshahihannya?
  • Ulama Sufi Dunia Kunjungi Ketua Yayasan Indonesia Mengaji Syafruddin
    Dunia Islam
    Minggu, 27 Februari 2022 - 15:44 WIB
    Ulama Sufi Dunia Syaikh Muhammad Rajab Dib mengunjungi Ketua Yayasan Indonesia Mengaji Syafruddin di kantornya Jakarta, Minggu (27/2/2022).
  • Ciri-ciri Ulama Su Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 19:59 WIB
    Ulama adalah pewaris para Nabi (Al-Ulama waratsatul anbiya). Lalu bagaimana dengan Ulama Su yang tercela? Berikut ciri-cirinya menurut Imam Al-Ghazali.
  • Ulama Indonesia yang Paling Banyak Menulis Kitab
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Maret 2022 - 07:45 WIB
    Ulama Indonesia yang paling banyak menulis kitab adalah orang-orang berpengaruh pada zamannya. Karya mereka sangat terkenal dan hingga kini masih dipelajari.
  • MUI Ungkap Tiga Tanggung Jawab Utama sebagai Ulama
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 11:59 WIB
    Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar menyampaikan tiga tanggung jawab yang layaknya dimiliki seorang ulama saat hadir dalam Konferensi Fatwa Internasional ke-6.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Begini Cara Islam Mengajarkan Berakhlak Pada Ulama
    Tips
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:45 WIB
    Kedudukan para ulama (orang yang ahli ilmu agama) sangat tinggi di hadapan Allah Subhanahu wa Taala. Islam pun mengajarkan bagaimana cara umat agar menghargai dan berakhlak pada ulama.
  • Kisah Ulama Meninggal Dunia Saat Berkhotbah di Atas Mimbar
    Hikmah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 19:27 WIB
    Kisah para ulama terdahulu cukup menarik untuk diulas karena sarat dengan hikmah. Bahkan kematian mereka patut dicemburui. Seperti kisah ulama ini wafat ketika berkhotbah.
  • Habib Quraisy Baharun: Wafatnya Ulama Laksana Bintang yang Padam
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Januari 2021 - 12:35 WIB
    Kita patut bersedih atas wafatnya ulama-ulama faqih yang berdakwah di jalan Allah. Sepanjang bulan ini tercatat lebih dari 15 ulama dan Dai ilallah di Tanah Air berpulang ke rahmat Allah.
  • Gambaran Ulama Tentang Kenikmatan Surga
    Tausyiah
    Rabu, 21 September 2022 - 14:40 WIB
    Surga adalah tempat kembali yang sangat Indah. Keindahan surga tidak dapat dibayangkan oleh hati manusia. Kenikmatan dan kebahagiaan di surga bersifat selama-lamanya, kholidina fiha abada.
  • Dahsyatnya Doa Seorang Ibu, Imam Sulaim Ar-Razi Sukses Menjadi Ulama Besar
    Hikmah
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 17:41 WIB
    Dalam satu Hadis disebutkan bahwa ridha Allah tergantung pada rida orangtua dan murka Allah tergantung pada murka orangtua. Berikut kisah seorang ulama sukses berkat doa ibunya.
  • 11 Nasihat Ulama untuk Kaum Muslimah
    Muslimah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 19:24 WIB
    Syaikh Muhammad Bin Sholeh Al-Utsaimin dalam kitabnya At-Tahdzir min Tawassuin Nisa fit Tabarruj, menuliskan 11 nasehat untuk kaum wanita khususnya para muslimah
  • Tamparan Keras Ulama Sufi Abu Yazid Al-Busthami kepada Muridnya
    Hikmah
    Jum'at, 23 Oktober 2020 - 21:40 WIB
    Kisah Abu Yazid Al-Busthami ulama sufi berkebangsaan Persia (lahir tahun 188 Hijriyah) dengan seorang muridnya dapat dijadikan pelajaran berharga.
  • Keutamaan Menafkahi Janda Menurut Ulama
    Muslimah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 20:36 WIB
    Di sebagian kalangan masyarakat masih ada yang merendahkan status seorang janda. Bahkan dengan tanpa adab dan akhlak, sebagian masyarakat kerap melecehkan janda.
  • Innalillah, Satu Lagi Ulama Indonesia Wafat Hari Ini
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 21:05 WIB
    Indonesia kembali kehilangan sosok ulama kharismatik asal Tegal Jawa Tengah, Al-Habib Abdullah bin Muhammad bin Hadun bin Umar Al-Athos pada Sabtu 2 Mei 2020 bertepatan 9 Ramadhan 1441 Hijriyah.
  • Innalillah, Ulama Kharismatik Tuan Guru Zuhdi Meninggal Dunia
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 19:33 WIB
    Indonesia kembali berduka dengan berpulangnya seorang ulama kharismatik Banjarmasin Kalimantan Selatan, Tuan Guru KH Ahmad Zuhdiannor Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 06.43 WIB.
  • Satu Persatu Ulama Kita Dipanggil, Berikut Daftar Ulama Wafat Januari 2021
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 19:19 WIB
    Belum hilang kesedihan atas wafatnya Dai ilallah Syekh Ali Jaber, sore ini kita kembali dikejutkan kabar duka wafatnya ulama Pengasuh Majelis Talim Al-Afaf Tebet Jakarta, Sayyidil Walid Al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf.
  • Para Ulama Apabila Hendak Tidur Badan Mereka Gemetar, Apa Sebab?
    Tausyiah
    Selasa, 22 September 2020 - 16:58 WIB
    Dulu, para ulama setiap kali menjelang tidur, badan mereka gemetar, jantung berdegup kencang, keringat dingin membasahi tubuh mereka. Apa sebab?
  • Inilah Pujian Ulama kepada Imam Al-Ghazali
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 08:05 WIB
    Imam Al-Ghazali adalah tokoh ulama besar, ahli fiqih dan tasawuf yang dikagumi banyak ulama dan kaum muslimin. Beliau dijuluki mujaddid abad kelima Hijriyah.
  • Bahaya Ulama Instan
    Tausyiah
    Senin, 06 Juli 2020 - 23:49 WIB
    Rasulullah SAW mengingatkan: Ulama itu adalah pewaris para Nabi. Hari ini kita menyaksikan begitu banyak yang dadakan menjadi ustaz, dai, dan penceramah instabile yang selebritas.
  • Wafatnya 1 Ulama Lebih Disukai Iblis Daripada Kematian 70 Ahli Ibadah
    Tausiyah
    Selasa, 04 Februari 2020 - 16:44 WIB
    Kata Rasulullah SAW, wafatnya ulama laksana bintang yang padam dan musibah yang tak tergantikan. Dunia menjadi kehilangan ilmu dan termasuk musibah besar bagi agama.