Topik Terkait: Sistem Pajak

  • Masih Berhubungan dengan...
    Tausyiah
    Kamis, 08 Agustus 2024 - 10:10 WIB
    Tentang riba ini banyak Umat Islam yang tidak peduli, padahal dampak buruk riba ini sungguh mengerikan. Apa dan bagaimana keburukan muamalah sistem tersebut?
  • 13 Keburukan Muamalah...
    Muslimah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 12:22 WIB
    Saat ini, banyak perkara yang diremehkan umat Islam padahal diharamkan Allah adalah soal muamalah ribawi. Tentang riba ini banyak Umat Islam yang tidak peduli. Padahal dampak buruk riba ini sungguh mengerikan.
  • Islam Membangun Negara...
    Dunia Islam
    Kamis, 17 Juni 2021 - 17:03 WIB
    Untuk diketahui, pajak dibolehkan oleh empat Mazhab, yaitu Adh Dharaaib Al Adilah (pajak yang adil), namun sebagian ulama ada yang mengharamkannya.
  • Beda Zakat dengan Pajak...
    Tausyiah
    Jum'at, 14 April 2023 - 03:00 WIB
    Zakat merupakan faridhah maliyah dan bersifat sosial. Dia merupakan rukun yang ketiga dari rukun Islam. Barangsiapa yang tidak mau menunaikan zakat karena pelit maka ia ditazir.
  • Zionisme Muncul setelah...
    Dunia Islam
    Minggu, 12 November 2023 - 05:33 WIB
    Pada tahun 1840 kelompok Yahudi berhasil menggaet seorang tokoh genius yang berlatar belakang militer untuk bergabung ke dalam persekongkolan internasional, yaitu seorang jenderal berkebangsaan Amerika, Albert Pyke.
  • Sistem Penalaran Menurut...
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:14 WIB
    Pada masa-masa pertama dalam pembinaan masyarakat Islam, penilaian segolongan muslim terhadap nilai al-fikrah Al-Quraniyyah adalah bahwa ide-ide tersebut mempunyai hubungan erat dengan pribadi Rasulullah.
  • Roti Hangat, Dokumen...
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 15:33 WIB
    Timur Lenk yang marah merobek-robek buku-buku laporan pajak satu per satu dan menyuruh para pejabat yang malang itu memakannya. Para petugas pajak itu pun dipecat.
  • Genosida Israel: Peretas...
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Kelompok peretas Tim al-Toufan (Badai) melakukan operasi terhadap Armada Kelima AS di Bahrain. Press TV melaporkan tindakan ini membahayakan navigasi maritim di Asia Barat.
  • Apakah Kredit Itu Riba?...
    Tausyiah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 11:04 WIB
    Apakah kredit itu riba? Bagaimana sebenarnya hukum jual beli kredit ini dalam Islam? Dalam kondisi ekonomi saat ini, sistem kredit menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia
  • Dalil-dalil Al Quran...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 15:15 WIB
    Ada banyak dalil dalam al Quran dan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, terkait larangan dan dosa riba. Ini menunjukkan bahwa riba merupakan perkara yang sangat dilarang dalam Islam.
  • Begini Tanggapan MUI...
    Dunia Islam
    Minggu, 10 September 2023 - 15:24 WIB
    Majelis Ulama Indonesia atau MUI mengingatkan agar Pemerintah mengedepankan falsafah dan hukum dasar negara sebagai tolok ukur dalam membuat kebijakan.
  • Sistem Politik Madani...
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 16:27 WIB
    Etika dan moral kepemimpinan Islam maupun kepemimpinan di luar Islam sangat ditentukan oleh penguasa. Hal itu dikatakan Imam Al-Ghazali dalam kitab At-Tibr Al-Masbuk fi Nashihah Al-Muluk
  • Cak Nur: Sistem Hukum...
    Tausyiah
    Senin, 20 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Prasyaratnya ialah, kaum Muslim harus mampu terlebih dahulu menangkap pesan dasar agamanya, dan berdasarkan itu, mengembangkan pemikiran hukum yang akan menjawab tuntutan zaman dan tempat.
  • Kurikulum Eksklusif:...
    Dunia Islam
    Selasa, 21 November 2023 - 18:57 WIB
    Dengan semangat juang keislaman yang tinggi, di bawah komando pendirinya, Hasan al-Banna, dasar-dasar gerakan dapat dikonsep dengan rapi dan dapat menghasilkan para pejuang militan.
  • Mengenal Hukum Subsidi...
    Dunia Islam
    Selasa, 06 September 2022 - 14:59 WIB
    Istilah subsidi kini menjadi perbincangan hangat menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Berikut pengertian subsidi dalam sistem ekonomi Islam.
  • Politik Amr bin Ash...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Desember 2023 - 11:45 WIB
    Setelah membebaskan Mesir dari Romawi, yang pertama sekali dikumandangkan oleh Amr bin As kepada semua orang di Nubia dan Iskandariah, bahwa la ikraha fid-din - tak ada paksaan dalam agama
  • Al-Khawarizmi, Bapak...
    Hikmah
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 09:47 WIB
    Al-Khawarizmi, dianggap bapak aljabar, adalah seorang matematikawan dan astronom yang hidup pada abad ke-9. Dia membawa angka dan sistem desimal ke Barat.
  • Hukum Memungut Pajak...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 22:01 WIB
    Bagaimana hukum memungut pajak dari rakyat dalam pandangan Islam? Bolehkah hal ini dilakukan negara atau pemerintah? Mari simak penjelasan berikut.
  • Pemilu: Syariat Tidak...
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 13:31 WIB
    Ada yang menyatakan bahwa pemilu adalah salah satu, bukan satu-satunya cara (uslb), yang bisa digunakan untuk memilih para wakil rakyat yang duduk di majelis perwakilan atau untuk memilih penguasa.
  • 5 Konsep Pemerataan...
    Tausyiah
    Senin, 03 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Sistem Islam tidak membiarkan umat menjadi miskin dan terlantar, tetapi berupaya mewujudkan bagi mereka kehidupan yang layak. Berikut konsep Islam dalam hal tersebut: