Topik Terkait: Menuntut Ilmu Bagi Perempuan

  • Inilah Alasan Pentingnya Perempuan Menuntut Ilmu
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 15:32 WIB
    Seorang perempuan yang cerdas akan menjadi pendamping yang hebat bagi suaminya kelak. Dengan kedalaman ilmu pula, ia akan dapat mendidik anak-anaknya menjadi pribadi-pribadi baik dan berkualitas
  • 4 Kiat Sukses Menuntut Ilmu Menurut Ulama Yaman Habib Abdullah Al-Muhdhar
    Tausyiah
    Sabtu, 17 September 2022 - 14:04 WIB
    Dalam Islam, kesuksesan mencari ilmu bisa diukur melalui sejauh mana ilmu yang diperolehnya memiliki keberkahan dan manfaat baik bagi diri sendiri atau orang lain.
  • Benarkah Menuntut Ilmu Lebih Utama Daripada Amalan-amalan Sunnah?
    Muslimah
    Senin, 03 Mei 2021 - 18:35 WIB
    Benarkah menuntut ilmu lebih utama daripada amalan-amalan sunnah? Bagaimana kedudukan ilmu ini dalam pandangan syariat Islam? Dan apa pula keutamaan menuntut ilmu ini?
  • Pentingnya Pendidikan Bagi Wanita dalam Islam, Ini Keutamaannya
    Muslimah
    Senin, 30 Januari 2023 - 07:05 WIB
    Pendidikan bagi wanita dalam Islam sangat ditekankan. Dalam Al-Quran dan Hadis tidak ada larangan menuntut ilmu bagi kaum wanita. Bahkan Islam mewajibkan wanita menuntut ilmu.
  • 7 Ciri Orang yang Mendapat Keberkahan Ilmu, Nomor Terakhir Mudah Memaafkan Orang Lain
    Tips
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:48 WIB
    Keberkahan ilmu yang diperoleh akan diketahui dari peningkatan amal shaleh pada diri seorang muslim. Jika sudah dapat ilmu tapi tidak berbekas pada diri kita, bisa jadi, itu adalah tanda kita tidak mendapat keberkahan ilmu.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Membaca Kisah Para Nabi Membangkitkan Semangat Menuntut Ilmu, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 12:54 WIB
    Seorang muslim harus punya target dalam hidupnya. Hindari hidup yang mengalir begitu saja karena sesuatu yang mengalir pasti mengalir dari atas ke bawah. Karena itu harus semangat dan punya target dalam hidup.
  • Semangat Ulama Salaf Saat Menimba Ilmu, Gurunya Mencapai Ribuan
    Hikmah
    Senin, 29 November 2021 - 21:52 WIB
    Semangat Ulama Salaf terdahulu patut diapresiasi karena semangat mereka menimba ilmu. Mereka benar-benar luar biasa karena punya banyak guru yang jumlahnya mencapai ribuan.
  • Pentingnya Belajar Adab Sebelum Mempelajari Ilmu
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 22:27 WIB
    Islam sangat menekankan akhlak karena baginda Nabi Muhammad tidaklah diutus kecuali untuk menyempurnakan akhlak manusia dan menjadi uswatun hasanah
  • Perempuan Mau Iktikaf di Masjid, Ini Syaratnya!
    Muslimah
    Minggu, 02 Mei 2021 - 03:31 WIB
    Pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, kaum muslimin disunnahkan untuk melaksanakan iktikaf, atau berdiam diri di masjid. Bagaimana dengan kaum perempuan? Haruskah beriktikaf di masjid atau di rumah?
  • Keutamaan dan Ganjaran Bagi Orang yang Menuntut Ilmu
    Tausiyah
    Sabtu, 12 Oktober 2019 - 05:05 WIB
    Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Mereka yang menuntut ilmu akan mendapat ganjaran pahala dan derajat tinggi di sisi Allah Taala.
  • Keutamaan Menuntut Ilmu di Atas Ibadah Lain
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 19:38 WIB
    Salah satu bentuk ibadah yang memiliki kedudukan mulia di sisi Allah ialah menuntut ilmu (tholabul ilmu). Al-Quran menyatakan bahwa Allah meninggikan derajat orang beriman dan berilmu.
  • Keutamaan Mengajarkan Ilmu
    Muslimah
    Minggu, 26 September 2021 - 05:10 WIB
    Orang yang mengajarkan ilmu, menjadi seorang guru, baik guru dalam ilmu agama maupun ilmu dunia mempunyai keutamaan begitu besar. Sebaliknya orang yang enggan membagikan ilmu yang dimilikinya justru akan merugi.
  • Inilah Masjid Terbaik Bagi Muslimah
    Muslimah
    Minggu, 20 September 2020 - 18:29 WIB
    Melaksanakan salat berjamaah di masjid memiliki kedudukan yang tinggi dibanding salat sendiri. Karena keutamaan ini, setiap muslim dianjurkan salat berjamaah di masjid. Namun bagaimana dengan salat kaum perempuan?
  • Tuntutlah Ilmu Walau ke Negeri China, Hadis atau Bukan?
    Tausyiah
    Minggu, 19 Juni 2022 - 17:50 WIB
    Tuntulah ilmu sekalipun di negeri China. Begitu kalimat yang disebut banyak dai sebagai hadis. Para ulama ahli hadis justru menyebut kalimat tersebut bukan hadis.
  • Bagaimana Kedudukan Ilmu dalam Islam? Benarkah Menuntut Ilmu Lebih Utama dari Amalan Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 09:44 WIB
    Bagaimana kedudukan ilmu ini dalam Islam? Benarkah menuntut ilmu lebih utama daripada amalan-amalan sunnah? Beginilah penjelasannnya menurut Imam As Syafiii Rahimahullah.
  • Taubatnya  Perempuan Pezina
    Muslimah
    Jum'at, 20 November 2020 - 14:45 WIB
    Dalam hukum Islam, seorang pezina baik laki-laki maupun perempuan itu dihukum rajam. Yakni dilempar batu sampai meninggal dunia. Tentang hal ini, ada kisah di zaman Rasulullah yang bisa kita ambil hikmahnya, yakni kisah perempuan pezina yang minta dirajam
  • Hati-hati Belajar Tanpa Guru, Imamnya Bisa Setan
    Tausyiah
    Senin, 13 September 2021 - 17:20 WIB
    Dalam satu hadis diterangkan: Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga. Bagaimana jika menuntut ilmu tanpa guru?
  • Ilmu Laduni dan Cara Mendapatkannya
    Hikmah
    Jum'at, 26 November 2021 - 14:53 WIB
    Ilmu Laduni adalah pengetahuan yang datang langsung dari Allah Taala tanpa perantara. Hanya orang tertentu saja yang mendapatkan ilmu ini.
  • Khitan Bagi Perempuan Mencerahkan, Bagaimana Hukumnya?
    Tausyiah
    Senin, 23 November 2020 - 05:00 WIB
    Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang khitan bagi wanita. Namun yang jelas khitan merupakan bagian syariat bagi wanita, terlepas hukumnya wajib ataupun sunnah,
  • Sholat Tarawih Paling Utama Bagi Perempuan, di Masjid atau Rumah?
    Muslimah
    Senin, 26 April 2021 - 09:39 WIB
    Bagi umat muslim, ibadah sholat tarawih di bulan Ramadhan sangat dianjurkan (hukumnya sunnah muakkadah). Boleh dilaksanakan berjamaah di masjid ataupun sendiri-sendiri di rumah.