Kumpulan Artikel: Piagam Madinah

  • Isi Perjanjian Kaum Yahudi dengan Muslim Madinah, Salah Satunya Pengakuan atas Agama
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 14:26 WIB
    Nabi Muhammad SAW membuat perjanjian tertulis antara kaum Muhajirin dan Anshar dengan orang-orang Yahudi. Isi perjanjian itu adalah pengakuan atas agama mereka dan harta-benda mereka, dengan syarat-syarat timbal balik.
  • Piagam Madinah: Shahifah, Nama Lain Perjanjian Kaum Yahudi dan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 10:32 WIB
    Apakah Piagam Madinah dikenal dalam sumber-sumber historis dengan nama shahifah yang secara harfiah berarti lembaran, kitab atau yang secara harfiah berarti tulisan, atau nama lainnya?
  • Kisah Kaum Yahudi Membuat Perjanjian Damai dengan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 10:10 WIB
    Kaum Yahudi mengajak Rasulullah berdamai dengan membuat perjanjian setelah terbunuhnya Kaab bin al-Asyraf. Ini terjadi pasca perang Badar yang dimenangkan kaum muslimin.
  • Mengapa Perjanjian Yahudi dengan Kaum Muslimin Dinamakan Piagam Madinah?
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 09:46 WIB
    Perjanjian antara Nabi Muhammad dan kaum Yahudi Madinah yang paling monumenal adalah Piagam Madinah. Lalu, mengapa disebut Piagam Madinah dan bukan Piagam Yatsrib?
  • Waketum MUI Paparkan Piagam Madinah di Forum R20
    Dunia Islam
    Senin, 05 September 2022 - 21:18 WIB
    Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud menghadiri pertemuan pertama atau introductory meeting Forum Religion (R20) bersama sejumlah perwakilan Kedutaan Besar negara anggota G20, pimpinan lembaga, dan organisasi masyarakat di Jakarta, Senin (5/9/2022).
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kota Madinah sebagai Tanah Haram Termaktub di Piagam Madinah
    Dunia Islam
    Senin, 08 Agustus 2022 - 17:55 WIB
    Kota Madinah sebagai tanah haram atau suci ada dalam Piagam Madinah yakni pasal 39. Pasal ini punya signifikansi khusus, karena ia berkaitan dengan pengharaman (penyucian) Madinah.
  • Piagam Madinah: Dokumen Perjanjian Damai dengan Yahudi setelah Pembunuhan Kaab bin al-Asyraf
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 16:58 WIB
    Piagam Madinah dibuat setelah kaum Yahudi mengeluh atas terbunuhnya Kaab bin al-Asyraf. Rasulullah mengajak mereka menuliskan kesepakatan yang harus dipatuhi bersama-sama dan mereka setuju.
  • Begini Isi Piagam Madinah Bagian Pertama, Kekuasaan Terpusat dan Otoritatif
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Agustus 2022 - 18:37 WIB
    Piagam Madinah terdiri dari dua bagian utama. Bagian pertama yaitu dokumen yang ditulis Rasulullah di antara orang-orang Muhajirin dari Quraisy dan penduduk Yatsrib serta orang-orang yang mengikuti mereka.
  • Penyebab Kaum Anshar Tak Kompak Dukung Rasulullah SAW dalam Perang Badar
    Hikmah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 18:30 WIB
    Berbagai ekspedisi militer yang diikuti Nabi maupun tidak, susul menyusul hingga jumlahnya mencapai delapan kali sebelum perang Badar, tak sekalipun melibatkan kalangan Anshar..
  • Piagam Madinah: Bukan Sekadar Perjanjian dengan Kaum Yahudi
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Agustus 2022 - 17:13 WIB
    Apakah Piagam Madinah dikenal dalam sumber-sumber historis dengan nama shahifah yang secara harfiah berarti lembaran, kitab atau yang secara harfiah berarti tulisan, atau nama lainnya?
  • Ini Mengapa Perjanjian Rasulullah SAW dengan Kaum Yahudi Dinamakan Piagam Madinah
    Hikmah
    Senin, 01 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Perjanjian antara Nabi Muhammad dan kaum Yahudi Madinah yang paling monumenal adalah Piagam Madinah. Lalu, mengapa disebut Piagam Madinah dan bukan Piagam Yatsrib?
  • Piagam Madinah: Konstitusi Tertulis Pertama di Dunia, Berikut Isinya
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Juli 2021 - 21:19 WIB
    Sebelum masyarakat dunia mengenal konstitusi tertulis, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam telah membuatnya 15 abad lalu. Berikut isinya.
  • Piagam Madinah dan Terusirnya Kaum Yahudi dari Tanah Suci
    Hikmah
    Rabu, 30 Juni 2021 - 14:16 WIB
    Salah satu rahasia kekuatan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam untuk bisa mengusir kekuatan Yahudi dari Madinah adalah sejak awal mereka diikat dengan Piagam Madinah.