Topik Terkait: Kisah Makam Imam Bukhari Dan Soekarno

  • Delegasi Muhibah MUI ke Uzbekistan Ziarah ke Makam Imam Bukhari
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 September 2023 - 10:11 WIB
    Delegasi Muhibah Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke Uzbekistan berziarah ke makam Imam Bukhari, Jumat (29/9/23).
  • Wapres Maruf Amin Ziarah ke Makam Imam Bukhari di Uzbekistan, Kenang Peran Penting Bung Karno
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 04:31 WIB
    Wapres Maruf Amin berziarah ke makam ahli hadist termasyur, Imam Bukhari, di Uzbekistan, Kamis (15/6/2023). Wapres lalu mengenang kisah penemuan makam Imam Bukhari.
  • Kisah Makam Imam Bukhari dan Soekarno
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:37 WIB
    Kisah makam Imam Bukhari melibatkan nama Presiden Pertama Indonesia, Sukarno. Kisahnya diceritakan dalam buku Dunia dalam Genggaman Bung Karno. Hanya saja, banyak yang meragukan kebenaran kisah tersebut.
  • 5 Fakta Sahih Al-Bukhari, Kitab Paling Autentik Setelah Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 14 November 2022 - 14:57 WIB
    Semua ulama sepakat bahwa Shahih Al-Bukhari merupakan kitab paling sahih (benar) setelah Al-Quran, kemudian disusul Shahih Muslim. Berikut 5 fakta Shahih Al-Bukhari.
  • Karomah Imam Syafii dan Firasat yang Luar Biasa, Simak Kisahnya
    Hikmah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 17:19 WIB
    Di balik keluasan ilmunya, ulama bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafii ini punya karomah yang jarang diketahui umat muslim. Berikut kisahnya.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Akhir Kisah Perdebatan Sengit Imam Syafi’i dan Imam Sufyan ats-Tsauri
    Hikmah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 15:17 WIB
    Keduanya sama-sama mempertahankan pendapat masing-masing disertai argumentasi yang kuat. Mereka berselisih tentang kulit bangkai yang bisa suci dengan disamak.
  • Menuntut Ilmu Memang Sulit, Ini Nasehat Imam Al-Bukhari
    Tausyiah
    Senin, 04 Mei 2020 - 16:15 WIB
    Jalaluddin As-Suyuthi dalam kitab Tadribur Rawi mengutip sebuah kisah tentang nasihat Imam Al-Bukhari kepada seorang murid yang ingin belajar hadis kepadanya.
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (Bagian 2)
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 17:18 WIB
    Saat Imam Syafii (Abu Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafii) sedang duduk di depan Imam Malik bin Anas (wafat 279 H), datanglah salah seorang lelaki meminta pendapat.
  • Kisah Imam Syafii Saat Bertamu ke Rumah Imam Ahmad
    Hikmah
    Rabu, 25 Desember 2019 - 05:45 WIB
    Imam As-Syafii (150-204 Hijriyah) adalah satu dari empat imam mazhab. Ulama kelahiran Ghazzah (perbatasan Syam ke arah Mesir) ini punya kisah menarik ketika bertamu ke rumah Imam Ahmad.
  • Kisah Imam Abu Dawud Membeli Surga dengan 1 Dirham
    Hikmah
    Sabtu, 26 September 2020 - 22:34 WIB
    Ada satu kisah menarik ketika Imam Abu Dawud membeli surga dengan 1 Dirham. Kisah ini diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr sebagaimana dikatakan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani.
  • Kisah Waliyullah Imam Sari as-Saqathi dan Seorang Pejabat Istana
    Hikmah
    Minggu, 01 November 2020 - 10:38 WIB
    Imam Sari as-Saqathi (wafat 253 H/867 M), seorang waliyullah dan tokoh sufi terkemuka di Baghdad. Berkat khutbahnya, seorang pejabat khalifah meninggalkan istana dan memilih jalan sufi.
  • Imam Syafii Tumbuh dalam Pelukan Ibu yang Mencintai Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:03 WIB
    Seorang ibu yang sangat mencintai Al-Quran akan memberi dampak luar biasa kepada anaknya. Jika di hati seorang Ibu sudah tertancap Al-Quran maka anaknya akan tumbuh dalam perlindungan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Ketika Imam Syafii Berdebat dengan Ulama Senior Mazhab Hanafi
    Tausyiah
    Senin, 07 Juni 2021 - 21:55 WIB
    Al-Imam Asy-Syafii adalah tokoh yang argumentatif. Tak mudah bagi lawan debatnya untuk mematahkan argumentasinya. Beliau pernah debat dengan ulama senior Mazhab Hanafi.
  • Kisah Imam Abdullah Bin Alwi Al-Haddad, Pengarang Ratib Al-Haddad
    Hikmah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 17:43 WIB
    Kisah Imam Abdullah Bin Alwi Al-Haddad, pengarang Ratib Al-Haddad (1634-1720) layak kita jadikan hikmah. Beliau dikenal sebagai ulama besar di Yaman pada zamannya.
  • Kisah Nabi Ibrahim Berbohong 3 Kali, Terakhir kepada Raja yang Lalim
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 17:10 WIB
    Ibrahim tidak pernah berkata dusta, kecuali tiga kali. Dua di antaranya terkait Dzat Allah: kata-kata Ibrahim, Sesungguhnya, aku sakit. dan kata-kata Ibrahim, Sebenarnya (patung) besar itu yang melakukannya.
  • Biografi Imam Bukhari, Buta di Waktu Kecil Tapi Hafal 100.000 Hadits Shahih
    Hikmah
    Senin, 14 September 2020 - 22:04 WIB
    Jika kita ditanya, hadis mana yang paling shahih? Semua orang akan menjawab hadits shahih Al-Bukhari. Siapa sebenarnya Imam Al-Bukhari? Berikut biografinya sebagaimana dipaparkan Ustaz Hanif Luthfi.
  • Kisah Imam Syafii dan Orang Saleh yang Kaya Raya
    Hikmah
    Kamis, 27 April 2023 - 21:26 WIB
    Syaikh Abdul Wahab bin Ahmad Syaroni, ulama bermazhab Syafii dalam kitabnya Al-Mizan Al-Kubro menceritakan kisah Imam Syafii dan pandangannya terhadap ulama yang kaya raya.
  • Dahsyatnya Kedermawanan Imam Syafii, Uang Rp39 Miliar Dibagi-bagikan kepada Warga
    Hikmah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 21:56 WIB
    Imam Syafii (150-204 H) tak hanya dikenal sebagai Ulama dengan level mujtahid, Imam bernama Abu Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafii ini juga dikenal sebagai sosok yang dermawan.
  • Teladan Indah Imam Ahmad Bin Hanbal Mengoreksi Muridnya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 07:15 WIB
    Kisah Imam Ahmad bin Hanbal ketika mengoreksi muridnya mengingatkan kita dengan kisah Rasulullah saat mengoreksi kesalahan sahabat sekaligus muridnya, Khawad.
  • Jangan Mendahului Imam Ketika Sholat Berjamaah, Ini Akibatnya
    Hikmah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 19:17 WIB
    Sejatinya, seorang makmum harus mengikuti imam dalam gerakan sholat, bukan malah mendahului atau bergerak bersamaan dengan imam. Berikut kisah orang yang mendahului imam dan akibatnya.