Kumpulan Artikel: Rumah Tangga (halaman 5)

  • Terhalang Masuk Surga Karena Tidak  Menjaga Rasa Aman
    Muslimah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 07:00 WIB
    Menjaga rasa aman dalam keluarga, termasuk pondasi kuat demi langgengnya perjalanan kehidupan rumah tanggaRasa aman ini termasuk didalamnya rasa aman pada jiwa, jasad, maupun materi.
  • Ketika Ujian Mendapatkan Suami yang Tidak Saleh
    Muslimah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 09:02 WIB
    Suami yang saleh dan taat beribadah, tentu menjadi dambaan setiap muslimah yang sudah menikah. Ketaatan pada Allah Taala yang diwujudkan pada rajin beribadahnya seorang suami tentu akan menjadi penyejuk dalam rumah tangga.
  • Istri dan Pekerjaan Domestik Rumah Tangga Menurut Syariat
    Muslimah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 09:17 WIB
    Dalam kehidupan rumah tangga, suami dan istri memiliki kedudukan dan kewajibannya masing-masing. Bahkan, syariat Islam telah mengatur sedemikian rupa tugas dan kewajiban seorang suami maupun istri.
  • Mengatasi Problem Rumah Tangga dengan Tuntunan Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 09:22 WIB
    Islam telah mengajarkan tuntunannya dalam memanjemen konflik sebuah rumah tangga. Bagaimana hendaknya sikap seorang suami, istri, bahkan mertua dalam menyikapi perselisihan yang ada di rumah tangga.
  • Kenali Ciri-ciri Rumah Tangga Diganggu Setan Dasim
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 15:32 WIB
    Iblis dan bala tentaranya tak pernah lelah untuk mengganggu manusia. Dari segala penjuru dan segala aspek kehidupan, mereka menyebarkan segala kemampuannya untuk menjerumuskan manusia. Salah satunya dalam kehidupan rumah tangga.
  • Bolehkah Seorang Istri Menunda Kehamilan?
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 08:21 WIB
    Bagaimana sebenarnya menunda kehamilan dalam pandangan syariat? Lantas hukum mengkonsumsi pil KB atau memasang spiral guna mencegah kehamilan ini?
  • Haruskah Suami Berdandan untuk Istri?
    Muslimah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 13:52 WIB
    Bila kata bersolek atau berdandan disandingkan dengan kaum pria yang sudah berstatus suami khususnya apakah penting kata tersebut dalam hubungan rumah tangga? Adakah simbiosis mutualisme di antara keduanya? Bagaimana menurut syariat?
  • Inilah Hak-hak Istri Atas Suami
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 17:14 WIB
    Islam juga menentukan hak-hak di antara suami dan istri yang dengan menjalankan hak-hak tersebut, maka akan tercapai ketenteraman dan keberlangsungan lembaga.
  • Pesan Ibnu Qayyim Tentang Mengembangkan Bakat Anak
    Muslimah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 07:55 WIB
    Mengenali minat dan bakat anak sejak usia dini akan sangat bermanfaat bagi orangtua untuk mengarahkannya secara tepat dan sesuai usia. Ini pesan penting dari Ibnu Qayyim tentang bakat anak.
  • Para Suami Tirulah Sikap Romantis Umar bin Khattab
    Muslimah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 06:07 WIB
    Umar bin Khattab merupakan sosok mukmin yang memiliki karakter tegas dan keras dalam membela kebenaran. Figur pemberani dalam membela kebenaran sekaligus hatinya penuh kelembutan ketika bermuamalah dengan istrinya.
  • Ketika Ada Dusta Di Antara Pasutri, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:06 WIB
    Kesalahan atau aib masa lalu yang kita tutupi rapat-rapat tiba-tiba tersingkap oleh pasangan, bolehkah seorang istri atau suami berdusta? Atau ketika ada masalah rumah tangga kemudian takut membesar, maka berbohong tentangnya? Bolehkah berdusta?
  • Para Suami, Hati-hati dengan Dosa-dosa Ini!
    Muslimah
    Minggu, 27 September 2020 - 15:51 WIB
    Dalam sebuah keluarga atau rumah tangga, tak jarang kita temui fakta-fakta suami yang melakukan tindakan yang menyimpang dari ketentuan Allah Taala dan telah melanggar hak-hak isterinya. Apa saja?
  • Kewajiban Istri dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Minggu, 27 September 2020 - 08:14 WIB
    Dalam Islam pernikahan merupakan salah satu ladang pahala bagi suami dan istri. Bagi suami ada peran dan kewajiban sebagai kepala keluarga.. Begitu juga ada kewajiban yang harus dilakukan seorang istri.
  • Isteri Berhak Meminta Nafkah Halal
    Muslimah
    Kamis, 24 September 2020 - 06:37 WIB
    Tidaklah Allah Azza wa Jalla memerintahkan satu perkara, melainkan perkara itu pasti dicintai-Nya dan memiliki keutamaan di sisi-Nya serta membawa kebaikan bagi para hamba. Termasuk masalah memenuhi nafkah keluarga.
  • Hemat dalam Hidup,  Ternyata Sifat Istri Berkarakter Surgawi
    Muslimah
    Selasa, 15 September 2020 - 20:06 WIB
    Kenapa istri harus memiliki sifat hemat? Karena seorang istri dituntut harus mengatur pengeluaran rumah tangganya seefisien mungkin menurut skala prioritas sesuai dengan penghasilan dan pendapatan suami, tidak boros, dan konsumtif.
  • Wajibkan Ihsan dalam Semua Urusan yang Dilakukan
    Muslimah
    Senin, 14 September 2020 - 20:20 WIB
    Seorang muslim harus bisa menjadi yang terbaik dalam segala bidang yang dia tangani. Karena Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menekankan itu kepada kita
  • Inilah Pandangan Al-Quran Tentang Posisi dan  Kedudukan Anak
    Muslimah
    Rabu, 09 September 2020 - 20:23 WIB
    Islam memiliki pandangan yang berbeda terhadap anak jika dilihat dari perspektif Al-Quran, dan Al-Quran menempatkan beberapa posisi anak di dalam kehidupan ini
  • Istri pun Manusia Biasa, Jangan Paksakan Seperti Bidadari Surga
    Muslimah
    Rabu, 09 September 2020 - 07:21 WIB
    Seorang istri yang selalu mendampingi suami bukanlah bak bidadari surga, yang tidak memiliki cacat atau kurang sedikit pun, entah fisiknya maupun akhlaknya, yang harus terlihat sempurna dan sesuai keinginannya.
  • Istri Tak Taat,  Suami Berhak Tidak Menafkahi?
    Muslimah
    Selasa, 08 September 2020 - 06:05 WIB
    Terkadang di dalam rumah tangga, seorang laki-laki diuji dengan kedurhakaan istri. Istri nusyz kepada suami artinya membangkang dan bersikap buruk. Benarkah istri seperti itu boleh tidak dinafkahi?
  • Agar Ketaatan Kepada Suami Terasa Ringan Dilakukan
    Muslimah
    Sabtu, 05 September 2020 - 06:56 WIB
    Istri yang tidak diridhai suaminya karena tidak taat dikatakan sebagai perempuan yang durhaka dan kufur nikmat. Sebaliknya ketaatan istri pada suami adalah jaminan surganya.