Topik Terkait: Nur Muhammad

  • Permulaan Penciptaan (2/Tamat): Nur Muhammad Diciptakan Sebelum Ada Dunia
    Hikmah
    Jum'at, 01 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Syekh Abdul Qadir Al-Jilani (470-561 H) menjelaskan bahwa yang pertama kali Allah ciptakan adalah Nur Muhammad dari cahaya suci Keindahan-Nya. Berikut ulasannya.
  • Ciri Kekasih Allah Menurut Ustaz Muhammad Nur Al-Bantani
    Tausiyah
    Jum'at, 27 Desember 2019 - 22:50 WIB
    Ustaz Muhammad Nur Al-Bantani, pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cianjur menyampaikan ciri-ciri kekasih Allah dalam sebuah kajian.
  • Surat An-Nur Ayat 6: Adab Jika Terjadi Kasus Perzinaan Antara Suami dan Istri
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 15:50 WIB
    Ayat ini menerangkan hukum dan adab apabila terjadi kasus dugaan perzinaan antara suami atau istri. Allah menjelaskan hukum bagi seorang suami yang menuduh istrinya berzina.
  • Surat An-Nur Ayat 7: Kesaksian Kelima Bagi Suami yang Menuduh Istrinya Berzina
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 15:41 WIB
    Lanjutan tadabur Surat An-Nur ayat 7 ini masih berkaitan dengan hukum syariat bagi suami yang menuduh istrinya berzina. Berikut ketentuan syariatnya.
  • Implikasi Nabi Muhammad Penutup Segala Nabi Menurut Nurcholish Madjid
    Hikmah
    Rabu, 26 Oktober 2022 - 14:12 WIB
    Salah satu implikasi Nabi Muhammad penutup segala nabi adalah manusia terbebas dari keharusan tunduk tidak semestinya kepada sesamanya, dan terbebas pula dari godaan cultic dan mitologi.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Surat An-Nur Ayat 8: Hal yang Dilakukan Istri untuk Membantah Tuduhan Zina Oleh Suaminya
    Tips
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 19:39 WIB
    Ayat ini menerangkan hukum agar seorang istri terhindar dari hukuman akibat tuduhan suaminya, maka ia harus mengajukan kesaksian mengangkat sumpah pula demi Allah empat kali.
  • Tadabbur An-Nur Ayat 25: Setiap Orang Menerima Balasan Amal Perbuatannya di Akhirat
    Hikmah
    Rabu, 08 November 2023 - 17:40 WIB
    Lanjutan tadabbur Surat An-Nur ini menerangkan bahwa di Akhirat nanti, Allah akan menyempurnakan balasan amal perbuatan tiap-tiap manusia.
  • Beberapa Inti Pokok Paham Jalan Tengah Imam Asyari Menurut Cak Nur
    Tausyiah
    Selasa, 07 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya letak keunggulan sistem Imam Asyari atas lainnya ialah segi metodologinya, yang dapat diringkaskan sebagai jalan tengah antara berbagai ekstremitas.
  • Tadabbur Surat An-Nur Ayat 28: Adab Memasuki Rumah Orang Lain
    Tausyiah
    Minggu, 26 November 2023 - 21:57 WIB
    Lanjutan Surat An-Nur ini masih menceritakan adab dan etika memasuki rumah orang lain. Apabila hendak memasuki rumah orang lain, jangan sekali-kali memasukinya sebelum mendapat izin.
  • Tadabbur An-Nur Ayat 22: Perintah Membantu Kerabat dan Asbabun Nuzulnya
    Hikmah
    Sabtu, 28 Oktober 2023 - 13:21 WIB
    Salah satu bentuk godaan setan adalah mencarikan dalih agar seseorang enggan membantu orang lain atau kerabat yang hidup dalam kekurangan. Berikut firman-Nya dalam lanjutan tadabbur An-Nur ayat 22.
  • Heboh Komika Lecehkan Nabi, Ini Keutamaan Orang yang Memiliki Nama Muhammad
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 20:54 WIB
    Andai Komika itu mengetahui kemuliaan Nabi Muhammad SAW, tentu ia tidak bakal berani melecehkan apalagi menyebarkan ujaran kebencian terhadap Nabi dalam materi stand up-nya.
  • Hukum Tajwid Surat An Nur Ayat 2 Beserta Penjelasan dan Cara Bacanya
    Tips
    Senin, 01 Januari 2024 - 15:11 WIB
    Hukum tajwid surat An Nur ayat 2 penting dipelajari umat Muslim. Tak hanya untuk menambah pengetahuan, namun juga meminimalisir kesalahan ketika membacanya.
  • Kontroversi Kitab Barzanji: Nur Muhammad yang Picu Perdebatan
    Tausyiah
    Senin, 03 Oktober 2022 - 14:18 WIB
    Isi sebagian kitab Qashidah Barzanji masih mengundang perdebatan. Salah satunya adalah perihal Nur Muhammad. Konon kepercayaan semacam ini bersumber dari riwayat palsu alias hoaks. Bernarkan?
  • Surat An-Nur Ayat 9: Kesaksian Kelima Bagi Istri yang Dituduh Berzina Oleh Suaminya
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 15:17 WIB
    Pada ayat ini diterangkan bahwa setelah mengucapkan sumpah itu empat kali, pada kali kelima si istri harus menyampaikan penegasan siap menerima laknat Allah jika suaminya benar.
  • Sunnah Mengandung Makna yang Lebih Prinsipil Ketimbang Hadis, Begini Penjelasan Cak Nur
    Tausyiah
    Selasa, 21 Februari 2023 - 19:19 WIB
    Di antara keduanya terdapat jalinan yang erat, namun sesungguhnya tidaklah identik. Yang pertama (sunnah) mengandung pengertian yang lebih luas daripada yang kedua (hadis).
  • Inilah Irhasat Menjelang Kelahiran Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Rabu, 11 Desember 2019 - 15:19 WIB
    Di dalam Kitab Dalail Nubuwwah karya Al-Hafidz al-Mustaghfiry terdapat sejumlah fakta sejarah tentang semua pertanda, riwayat dan pengakuan mengenai pertanda Irhasat Rasulullah SAW.
  • 10 Keistimewaan Nabi Muhammad SAW dan Fadhilah Bagi yang Menghafalnya
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 05:10 WIB
    Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam secara lahiriyah memang manusia biasa, namun beliau memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki manusia mana pun.
  • Surat An-Nur Ayat 26: Laki-laki yang Baik untuk Wanita yang Baik
    Tausyiah
    Senin, 18 September 2023 - 22:37 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas Surat An-Nur ayat 26 di mana diterangkan bahwa laki-laki yang baik untuk wanita yang baik. Berikut penjelasannya.
  • Kekayaan Nabi Muhammad SAW Saat Menjadi Pedagang di Mekkah
    Hikmah
    Senin, 03 Januari 2022 - 14:02 WIB
    Kekayaan Nabi Muhammad saat menjadi pedagang di Mekkah tidaklah kecil. Nabi sudah kaya sejak muda dan kekayaannya bukan dari warisan. Bukan pula kaya karena menjadi raja.
  • Mereka Mati Mengenaskan Setelah Menghina Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 12:43 WIB
    Berikut adalah tiga kisah tentang penghina Nabi Muhammad SAW yang mati secara mengenaskan. Allah SWT membunuhnya, kemudian Dia menjadikannya sebagai ayat dan ibrah (pelajaran).