Topik Terkait: Puasa Kafarat

  • Pengertian Puasa Kafarat dan Cara Menebusnya
    Tips
    Sabtu, 20 November 2021 - 20:52 WIB
    Pengertian puasa kafarat adalah puasa sebagai denda karena pelanggaran melakukan senggama di bulan Ramadhan. Berikut cara menebusnya.
  • Hukum Membayar Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:14 WIB
    Kalau seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Aturan dan Tata Cara Utang Puasa yang Terlewat Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Rabu, 09 Maret 2022 - 09:36 WIB
    Menjelang Ramadhan, umat muslim yang masih memiliki utang puasa harus segera melunasinya. Namun, bagaimana dengan utang puasa yang masih terlewat karena berbagai alasan. Haruskah tetap dilunasi atau harus membyar denda?
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Syawal dan Puasa Sunnah Senin-Kamis Sekaligus?
    Muslimah
    Minggu, 08 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Bolehkah menggabungkan niat dua puasa sunnah? seperti puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal dengan puasa sunnah Senin-Kamis? Bagaimana hukumnya?
  • Amalan Puasa Sunnah di Bulan Mulia
    Tips
    Minggu, 13 Juni 2021 - 10:54 WIB
    Sebagai muslim, kita juga disunnahkan untuk memperbanyak puasa sunnah di bulan haram (mulia) ini. Salah satunya, kita bisa melakukan puasa sunnah mutlak. Apa itu puasa sunnah mutlak?
  • Perintah Puasa Datang di Bulan Syaban, 15 Tahun Setelah Kenabian
    Hikmah
    Senin, 28 Maret 2022 - 16:57 WIB
    Sejarah diwajibkannya puasa adalah pada bulan Syaban tahun dua hijriah. Itu sebabnya Rasulullah dalam hadis yang diriwayatkan Aisyah sering berpuasa di bulan Syaban.
  • PBNU Ingatkan Bermedsos Bisa Membatalkan Puasa
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 April 2022 - 11:50 WIB
    Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) KH Abdullah Syamsul Arifin alias Gus Aab mengingatkan bahwa perilaku seseorang berselancar di media sosial bisa membatalkan puasa.
  • Niat Puasa Syawal, Ingat Waktunya Tinggal 9 Hari Lagi
    Tips
    Rabu, 02 Juni 2021 - 20:29 WIB
    Niat puasa Syawal dan keutamaan puasa sunnah Syawal dijelaskan dalam beberapa Hadis Nabi. Sedakar mengingatkan, bulan Syawal tinggal 9 hari lagi terhitung mulai besok.
  • Hikmah di Balik Hukum Wajib Puasa Ramadan
    Hikmah
    Rabu, 06 Maret 2024 - 14:19 WIB
    Bagi umat Islam menjalankan puasa Ramadan adalah wajib. Mengapa demikian? Karena di balik hukum wajibnya puasa Ramadan, terkandung banyak hikmah yang sangat agung.
  • Niat Puasa Qadha dan Kapan Diamalkannya yang Tepat?
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 17:41 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadan dan dilaksanakan di bulan apa saja selain Ramadan, termasuk di bulan Rabiul Awal ini.
  • Agar Puasa Lebih Sehat dan Semangat
    Tips
    Minggu, 25 April 2021 - 13:29 WIB
    Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh memerlukan stamina dan kondisi tubuh yang prima. Nah muslimah, agar kita dapat menjaga tubuh tetap sehat serta tetap semangat saat puasa, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan.
  • Lebih Afdhal Mana, Qadha Puasa Ramadan atau Puasa Sunah Syawal Dulu?
    Tausyiah
    Kamis, 11 April 2024 - 09:00 WIB
    Setelah Puasa Ramadan, umat muslim dianjurkan menunaikan puasa sunah 6 hari di bulan Syawal. Pertanyaannya, mana yang harus didahulukan, puasa qadha Ramadan atau puasa sunah 6 hari Syawal tersebut?
  • 5 Perkara yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Senin, 10 April 2023 - 10:00 WIB
    Selain menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat Islam juga semestinya mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membatalkan puasanya.
  • Bolehkah Memadukan Puasa dengan Diet? Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Minggu, 11 April 2021 - 15:00 WIB
    Di kalangan muslimah terkadang terselip niat puasa sambil berdiet karena menilai puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Bagaimana sebenarnya hukum puasa sambil berdiet ini?
  • Puasa 6 Hari di Bulan Syawal, Haruskan Berurutan?
    Tips
    Selasa, 16 April 2024 - 06:40 WIB
    Pelaksanaan puasa enam hari di bulan Syawal boleh dengan berurutan ataupun terpisah-pisah. Rasulullah SAW tidak menyebutkan caranya dilakukan dengan berurutan atau terpisah.
  • Niat Puasa Asyura Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya
    Tips
    Kamis, 20 Juli 2023 - 12:45 WIB
    Bacaan niat puasa Asyura menjadi tambahan ilmu bermanfaat yang penting diketahui. Puasa sunnah ini bisa dikerjakan pada hari ke-10 di bulan Muharam.
  • Hukum Menggabungkan Niat Puasa Ramadan dan Diet, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 11:36 WIB
    Bagaimana hukumnya menjalankan puasa Ramadan dengan niat sambil berdiet? Pasalnya, di kalangan muslimah ada anggapan bahwa puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan.
  • Jadwal Puasa Sunnah Bulan Desember 2020
    Tausyiah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 21:55 WIB
    Selain menjadi syafaat di Hari Kiamat, puasa juga menjadi benteng dan perisai dari gangguan setan. Berikut jadwal puasa sunnah di bulan Desember 2020.
  • Begini Puasa Orang-Orang Terdahulu, Sebelum Islam Datang
    Hikmah
    Senin, 26 April 2021 - 18:29 WIB
    Semua agama samawi, sama dalam prinsip-prinsip pokok akidah, syariat, serta akhlaknya. Ini berarti semua agama samawi mengajarkan tauhid, kenabian, dan keniscayaan hari kemudian.
  • 3 Makna Puasa sebagai Perisai, Salah Satunya Benteng dari Azab
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 08:19 WIB
    Dalam Islam, ibadah puasa ternyata adalah perisai yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak. Begini penjelasannya!