Topik Terkait: Pengertian Kafarat

  • Pengertian Puasa Kafarat dan Cara Menebusnya
    Tips
    Sabtu, 20 November 2021 - 20:52 WIB
    Pengertian puasa kafarat adalah puasa sebagai denda karena pelanggaran melakukan senggama di bulan Ramadhan. Berikut cara menebusnya.
  • Hukum Membayar Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:14 WIB
    Kalau seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 15:51 WIB
    Bila seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Apa Hukum Salat Kafarat dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 16:00 WIB
    Tradisi melaksanakan salat kafarat pada Jumat terakhir Ramadan dapat menghapuskan dosa-dosa salat yang ditinggalkan selama 70 tahun. Benarkah demikian dan bagaimana hukum salat kafarat ini?
  • Nuzulul Quran, Pengertian, Sejarah dan Keutamaannya
    Hikmah
    Sabtu, 01 April 2023 - 23:30 WIB
    Nuzulul Quran sering dimaknai sebagai peristiwa turunnya Al-Quran. Di Indonesia, Nuzulul Quran ini diperingati setiap 17 Ramadan dengan menggelar acara khataman maupun ceramah agama.
  • Pengertian Takdir Mubram dan Contohnya, Bisakah Diubah?
    Santri
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 13:57 WIB
    Pengertian takdir mubram secara bahasa adalah sesuatu yang tidak dapat dielakkan atau sudah pasti. Jadi, takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku.
  • Pengertian Kalkulator Zakat Emas dan Cara Menghitungnya
    Tips
    Kamis, 19 Januari 2023 - 16:42 WIB
    Kalkulator zakat emas adalah layanan yang bisa dimanfaatkan kaum muslim untuk memudahkan dalam penghitungan zakat emas. Berikut cara menghitung zakat emas.
  • Pengertian Fidyah dan Tata Cara Membayarnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 13:24 WIB
    Bagi muslimin yang sudah tidak mampu lagi berpuasa, Allah memberikan keringanan untuk mereka dengan adanya fidyah. Apa itu fidyah dan bagaimana cara membayarnya?
  • Pengertian Fidyah, Kriteria dan Cara Membayarnya
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 08:05 WIB
    Fidyah adalah keringanan yang diberikan Allah kepada umat Islam yang tidak dapat menjalankan puasa Ramadan karena alasan syariat atau uzur syari.
  • Sejarah Nuzulul Quran: Memblokade Paham-Paham Jahiliah
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 14:27 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah.
  • Muhammad Asad: Sunnah Adalah Kunci Pengertian Kebangkitan Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Desember 2022 - 18:12 WIB
    Muhammad Asad mengatakan sunnah adalah kunci pengertian kebangkitan Islam. Peninjauan daripada Sunnah adalah sama dengan peninjauan kehidupan dan kemajuan Islam.
  • Begini Pengertian Rafidah dan Syiah Menurut Ulama Suni
    Dunia Islam
    Minggu, 24 September 2023 - 19:59 WIB
    Sebagian umat Islam seringkali mencampuradukkan antara al-rafadh (berpaham Rafidhah) dan al-tasyayyu (berpaham Syiah). Ini disebabkan ketidakpahaman tentang akidah mereka sendiri.
  • 25 Contoh Bacaan Izhar Lengkap Beserta Pengertian dan Cara Bacanya
    Tips
    Selasa, 23 April 2024 - 17:05 WIB
    Contoh bacaan izhar ini perlu dipahami oleh setiap muslim supaya ketika membaca Al Quran mengetahui mana bagian yang harus dibaca jelas. Apa saja contohnya?
  • Sejarah Ilmu Tafsir Al-Quran, Pengertian dan Jenisnya (2)
    Hikmah
    Rabu, 14 April 2021 - 14:41 WIB
    Dalam memahami dan menafsirkan Al-Quran diperlukan bukan hanya pengetahuan bahasa Arab, tetapi juga berbagai macam ilmu pengetahuan yang menyangkut Al-Quran dan isinya.
  • Mengenal 6 Rukun Haji, Pengertian dan Syaratnya
    Tips
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 13:12 WIB
    Rukun haji menjadi pengetahuan penting yang perlu dipahami umat Islam. Terlebih bagi mereka yang akan berangkat menunaikan ibadah haji sebagai penyempurnaan rukun Islam kelima.
  • Pengertian Tasawuf dan Manfaat Mempelajarinya
    Hikmah
    Kamis, 25 November 2021 - 18:04 WIB
    Tasawuf adalah salah satu ilmu penting dalam Islam. Secara umum diartikan sebagai ilmu untuk menyucikan hati, membaguskan akhlak demi memperoleh kebahagian dunia dan akhirat.
  • Kapan Malam Nuzulul Quran 2024? Ini Penjelasan Versi Kemenag dan Muhammadiyah
    Tausyiah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 07:45 WIB
    Kapan malam Nuzulul Quran tahun 2024? Pertanyaan ini menyeruak mengingat adanya perbedaan memulai bulan Ramadannnya sehingga ada dua jadwal untuk malam Nuzulul Quran tersebut.
  • Mad Tamkin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:17 WIB
    Mad Tamkin adalah salah satu cabang ilmu tajwid dari bacaan Mad. Cara membaca Mad Tamkin ini wajib dipahami umat muslim supaya tidak keliru saat tilawah Al-Quran.
  • Mengenal Alif Lam Qomariah: Pengertian, Ciri, dan Contohnya dalam Al-Qur’an
    Tips
    Senin, 31 Juli 2023 - 16:26 WIB
    Alif lam qomariah menjadi salah satu ilmu yang akan dipelajari ketika belajar tajwid. Menjadi bagian dari hukum bacaan alif lam, pemahaman terkait lam qomariah akan sangat penting, mengingat banyaknya contoh yang terdapat di Al Quran.
  • Mengenal Malam Nisfu Syaban, Pengertian dan Amalan yang Dianjurkannya
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Di bulan Syaban ini, ada satu malam yang diyakini sangat istimewa yakni malam Nisfu Syaban atau 15 Syaban. Di tahun ini, malam Nisfu Syaban akan jatuh pada tanggal 24 Februari.