Topik Terkait: Aplikasi Alquran

  • Isi Kegiatan Ramadhan, Puluhan Warga Binaan Rutan Salatiga Khatamkan Alquran
    Dunia Islam
    Selasa, 05 April 2022 - 14:53 WIB
    Warga binaan Rutan Kelas IIB Salatiga mengisi kegiatan Ramadhan dengan membaca Alquran. Bahkan puluhan warga binaan mengkhatamkan 30 juz pada Selasa (5/4/2022)
  • Pilih Dunia atau Akhirat? Ini Jawaban Alquran
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2019 - 05:01 WIB
    Banyak orang mendambakan kehidupan terbaik di dunia dan akhirat. Namun, tak sedikit di antara umat Islam justru kebingungan menentukan jalan hidupnya.
  • Sambut Ramadan, Aplikasi Belajar Ngaji Diluncurkan
    Dunia Islam
    Rabu, 06 Maret 2024 - 05:58 WIB
    Menyambut bulan suci Ramadan aplikasi bernama ngaji.ai, resmi diluncurkan oleh perusahaan pelopor penerapan teknologi AI (Artifical Intelligence), Vokal.ai.
  • Inilah Keutamaan Membaca Alquran
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Bagi Anda yang mencintai Alquran, ada baiknya simak hitungan sederhana ini. Terlebih di bulan Ramadhan, amalan membaca Alquran (tilawah) sangat dianjurkan oleh para ulama.
  • Kisah Perempuan yang Selalu Berbicara dengan Bahasa Alquran
    Hikmah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 21:27 WIB
    Dalam Kitab Syarah &lsquoUqudullijain karya Syekh Muhammad bin Umar An-Nawawi diceritakan banyak kisah-kisah para Nabi, aulia dan perempuan salehah.
  • Sejarah Turunnya dan Tujuan Pokok Alquran
    Syiar
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 09:04 WIB
    Islam sebagai the way of life merupakan ajaran yang memberikan petunjuk, arah, dan aturan (syariat) pada semua aspek kehidupan manusia guna memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.
  • Lentera Hati dan Aplikasi Kesan Rilis Buku Digital Quraish Shihab
    Dunia Islam
    Sabtu, 26 November 2022 - 16:13 WIB
    Bagi kaum muslimin yang ingin menikmati buku-buku karya cendekiawan muslim M Quraish Shihab dapat membacanya melalui aplikasi Kesan, sebuah aplikasi Islami.
  • Alquran sebagai Lautan Ilmu
    Tausyiah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 08:45 WIB
    Alquran merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan diturunkan pada bulan Ramadhan.
  • Dialog dengan Alquran
    Tausiyah
    Jum'at, 26 Juli 2013 - 11:54 WIB
    Alquran mengajak berdialog dengan hati dan niat yang tulus, pikiran cerdas, namun tetap rendah hati. Kalau tidak tulus dan tidak dapat menekan ego, bisa jadi kita akan memaksakan kehendak atau pendapat pribadi dan dicarikan pembenaran dari ayat-ayat Alquran.
  • Tadarus Alquran luar biasa
    Tausiyah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 07:41 WIB
    Tadarus (membaca) Alquran adalah salah satu amalan sunah utama di Bulan Ramadan. Terlebih, pada bulan suci inilah Alquran mulai diturunkan, sebagaimana firman Allah SWT: ... Bulan Ramadan yang padanya diturunkan Alquran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia dan menjadi keterangan yang menjelaskan, petunjuk dan pembeda antara yang benar dengan yang salah (Al Baqarah: 185)
  • Kebebasan dan Batasan dalam Menafsirkan Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 01 Mei 2023 - 13:11 WIB
    Setiap manusia pada generasi kini serta generasi berikutnya dituntut memahami Al-Quran sebagaimana tuntutan yang pernah ditujukan kepada masyarakat yang menyaksikan turunnya Al-Quran.
  • Wakafkan Ribuan Alquran, Sinar Mas Gandeng PBNU dan Muhammadiyah
    Dunia Islam
    Rabu, 04 Mei 2022 - 17:34 WIB
    Yayasan Muslim Sinar Mas kembali mewakafkan ribuan mushaf Alquran. Kali ini, Yayasan Muslim Sinar Mas menggandeng PP Muhammadiyah dan PBNU.
  • Sejarah Besar Al-Quran Mungil Albania: Mengubah Seorang Katolik Menjadi Muslim
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 06:37 WIB
    Selama beberapa generasi, buku seukuran prangko ini telah diwariskan melalui satu keluarga -- yang selamat dari perang dan salah satu rezim tak bertuhan paling fanatik di dunia.
  • Sejarah Singkat Perkembangan Ilmu Tafsir Al-Quran (1)
    Hikmah
    Minggu, 11 April 2021 - 09:02 WIB
    Perkembangan awal tafsir Al-Quran sejatinya telah diawali semenjak turunnya Al-Quran itu sendiri. Sejarah ini diawali dengan diutusnya Nabi Muhammad sebagai pengemban risalah.
  • 4 Keutamaan Orang yang Suka Tilawah Alquran
    Hikmah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Tilawah memiliki tiga arti yaitu membaca, memahami dan mengamalkan. Ustaz Adi Hidayat menjelaskan ada empat keutamaan bagi mereka yang bisa dan suka tilawah Quran.
  • Penafsiran Al-Quran yang Paling Ideal Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 16:19 WIB
    Quraish Shihab mengatakan penafsiran al-Quran yang paling ideal adalah tafsir bi almatsur, yakni yang berlandaskan ayat, hadis, dan pendapat sahabat dalam menafsirkan Al-Quran.
  • Pengertian dan Tujuan Pengajaran Tafsir Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 05:26 WIB
    Perbedaan tersebut pada dasarnya timbul akibat perbedaan mereka tentang ada tidaknya kaidah-kaidah yang dapat dijadikan patokan dalam memahami firman-firman Allah dalam Al-Quran.
  • Al-Quran di Tengah Perkembangan Ilmu Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 12 April 2023 - 16:41 WIB
    Ahli keislaman berpendapat bahwa ilmu menurut Al-Quran mencakup segala macam pengetahuan yang berguna bagi manusia dalam kehidupannya, baik masa kini maupun masa depan fisika atau metafisika.
  • Alquran tepat benahi moralitas
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juli 2013 - 09:01 WIB
    Alquran diturunkan untuk kemaslahatan semua umat manusia. Dengan dasar itu, kandungan Alquran sangatlah tepat sebagai petunjuk guna memperbaiki moralitas bangsa saat ini. Alquran adalah petunjuk yang sangat tepat karena di dalamnya terdapat nilai-nilai terbaik.
  • Benarkah Pahala Bacaan Alquran Tidak Sampai kepada Mayit? (2)
    Tausiyah
    Jum'at, 13 Desember 2019 - 19:22 WIB
    Salah satu khilafiyah yang sering dibicarakan masyarakat adalah masalah mengirim pahala bacaan Alquran untuk mayit. Berikut Ulama yang mengatakan pahala bacaan Alquran sampai kepada mayit.