Topik Terkait: Masjid Bimantara

  • Kisah Sejarah Masjid Al Aqsa, Masjid Tertua di Bumi yang Didirikan Nabi Ibrahim Alaihissalam
    Dunia Islam
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 19:54 WIB
    Di tengah konflik Palestina dan Israel, keberadaan Masjid Al Aqsa menjadi pusat perhatian dunia. Karena masjid ini menyimpan sejarah panjang tentang Islam dan nabi-nabi utusan Allah lainnya.
  • Begini Adab Serta Doa Masuk dan Keluar Masjid
    Tausyiah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 07:25 WIB
    Kata masjid terulang sebanyak 28 kali di dalam Al-Quran. Dari segi bahasa, kata masjid terambil dari akar kata sajada-sujud, yang berarti patuh, taat, serta tunduk dengan penuh hormat dan tadzim
  • Mengenal Masjid Dhiror
    Hikmah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 22:38 WIB
    Ada peristiwa yang cukup mengganggu kenyamanan Komunitas Islam di zaman Rasulullah SAW di Madinah ketika itu. Yaitu mendirikan masjid untuk menimbulkan bencana.
  • Masjid Kubah Emas Sering Dikira Masjid Al-Aqsha
    Dunia Islam
    Senin, 17 Mei 2021 - 08:48 WIB
    Saat ini ini semua mata tertuju ke Masjid Al-Aqsha menyusul meningkatnya agresi Israel ke Palestina. Banyak yang mengira Masjid berkubah emas itu adalah Masjidil Al-Aqsha.
  • Masjid Al Osmani, eksistensi legendaris yang masih terawat
    Hikmah
    Jum'at, 12 Juli 2013 - 13:34 WIB
    Masjid Raya Al Osmani ini terletak di kawasan Jalan Yos&nbsp Sudarso KM 17.5 Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Medan. Kemegahan masjid peninggalan sejarah Kesultanan Deli ini begitu terasa dengan arsitektur bangunannya yang khas, serta warna kuning yang mencolok.&nbsp
  • Masjid Jumat, di Sinilah Rasulullah SAW Dirikan Sholat Jumat Perdana
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 10:03 WIB
    Rasulullah SAW mendirikan sholat Jumat pertama kali di Madinah, tepatnya di Masjid Jumat. Sayangnya, masjid dalam penegakan syiar Islam ini kerap terlupakan.
  • Masjid Jogokariyan Yogyakarta : Mewujudkan Cita-cita Ummat, Salat Subuh Melebihi Salat Jumat
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Maret 2023 - 20:12 WIB
    Masjid Jogokariyan memang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Masjid yang berada di Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta ini pun selalu viral.
  • Masjid Tiban Ngawen, Masjid Terkecil Peninggalan Sunan Kalijaga dengan Pondasi Pantek Kayu Tanpa Paku
    Dunia Islam
    Selasa, 12 Maret 2024 - 10:39 WIB
    Masjid Tiban Ngawen di Jurangjero, Gunungkidul merupakan masjid terkecil peninggalan Sunan Kalijaga yang dibangun dengan pondasi pantek kayu dan tanpa paku.
  • Doa Masuk dan Keluar Masjid Lengkap Arab dan Artinya
    Tips
    Rabu, 08 Juni 2022 - 23:38 WIB
    Setiap memulai aktivitas, umat muslim dianjurkan berdoa sebagaimana diajarkan oleh Nabi Muhammad. Salah satunya berdoa ketika memasuki masjid maupun saat keluar.
  • Mengenal Masjid Al Muttaqin, Masjid Tertua Berusia Hampir 4 Abad di Kota Manado
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:05 WIB
    Masjid Al-Muttaqin merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kota Manado, Sulawesi Utara. Usianya mencapai hampir 4 abad, karena dibangun sekitar tahun 1775 masehi
  • Mengenal Masjid Al-Akbar Surabaya Terbesar Kedua di Indonesia
    Dunia Islam
    Kamis, 22 September 2022 - 23:47 WIB
    Indonesia dikenal sebagai negara dengan masjid-masjid megah nan indah. Salah satunya Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya Jawa Timur atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya.
  • Ketika Masjid-Masjid di India Diklaim sebagai Kuil Hindu
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Para petugas menjaga Masjid Gyanvapi yang diyakini secara luas dibangun di atas reruntuhan kuil Kashi Vishwanath abad ke-16 yang dihancurkan oleh kaisar Mughal Aurangzeb pada tahun 1669.
  • Masjid Lumpur di Ghana Akhirnya Runtuh
    Dunia Islam
    Selasa, 26 September 2023 - 15:45 WIB
    Kondisi cuaca buruk dan curah hujan deras adalah beberapa penyebab runtuhnya bangunan tersebut. Pengabaian selama bertahun-tahun terhadap bangunan bersejarah dan budaya ini mungkin menyebabkan keruntuhannya.
  • Masjid Tokyo Mengundang Non-Islam Buka Puasa Bersama
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Masjid Tokyo mengadakan buka puasa bersama dengan mengundang non-Muslim Jepang. Non-Muslim yang berpartisipasi dalam tur budaya di masjid tersebut pada siang hari.
  • Ini Doa Pergi ke Masjid, Agar Allah Senantiasa Melindungi
    Muslimah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 08:11 WIB
    Masjid adalah rumah ibadah yang sangat mulia bagi umat Islam, untuk itu ketika akan berangkat ke tempat tersebut dianjurkan membaca doa pergi ke masjid.
  • Keutamaan Rumah Jauh dari Masjid Ternyata Pahalanya Paling Banyak
    Tausyiah
    Sabtu, 09 September 2023 - 05:10 WIB
    Tahukah Anda, orang yang paling banyak mendapatkan pahala adalah orang yang rumahnya paling jauh dari masjid. Semakin jauh dari masjid semakin besar pula pahala yang didapat.
  • Tetap lestarikan tradisi Salawat Jawa
    Hikmah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 10:15 WIB
    Masjid Plosokuning sendiri berdiri di atas tanah Kasultanan seluas 2.500 meter persegi. Bangunan masjid pada saat didirikan seluas 288 m2, dan setelah pengembangan menjadi 328 m2. Masjid yang didirikan pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I 1723-1819 ini awalnya merupakan benteng spiritual, dan pada masa perang kemerdekaan menjadi benteng pertahanan fisik
  • Melihat Perpustakaan Modern Masjid Nabawi, Simpan Buku Langka hingga Berbahasa Indonesia
    Dunia Islam
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:41 WIB
    Beribadah di Masjid Nabawi tidak lengkap rasanya bila tak mengunjungi perpustakaan yang ada di masjid tersebut. Selain bisa menimba ilmu agama, pengunjung juga bisa memperkaya pengetahuan.
  • 4 Masjid yang Ada di Sekitar Masjid Nabawi
    Dunia Islam
    Senin, 02 Januari 2023 - 17:17 WIB
    Masjid yang ada di sekitar Masjid Nabawi cukup banyak. Sebagian dari masjid-masjid itu bersejarah. Berikut ini empat di antaranya, yakni:Masjid Ali bin Abi Thalib, Masjid Abu Bakar, Masjid Ghamamah, dan Masjid Imam Bukhari.
  • Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Selasa, 25 Januari 2022 - 18:21 WIB
    Sholat Tahiyatul Masjid adalah sholat sunnah yang dikerjakan ketika kita masuk masjid sebagai penghormatan terhadap masjid. Berikut tata caranya.