Topik Terkait: Hukum Meratapi Mayit

  • Islam Melarang Menangisi Mayit, Benarkah?
    Tausyiah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 15:50 WIB
    Menangisi mayit atau orang meninggal kerap terjadi di tengah-tengah kita. Bahkan ada yang meratapi kepergian orang yang dicintainya. Benarkah Islam melarang menangisi mayit?
  • Syariat Merespons Kematian; Antara Meratap dengan Tangis Kasih Sayang
    Muslimah
    Kamis, 03 November 2022 - 10:52 WIB
    Syariat Islam tidak membolehkan meratapi dan berteriak histeris terhadap mayit. Kebiasaan meraung-raung terhadap mayit ini dilakukan masyarakat musyrik Quraisy di jazirah arab sejak lama, yakni sebelum Islam.
  • Apa Hukum Mentalqin Orang yang Meninggal?
    Tausyiah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 23:47 WIB
    Dalam tanya jawab akidah ahlussunnah wal jamaah karya Al-Habib Zein bin Smith Al-Alawi Al-Husaini dibahas tentang hukum mentalqin (mengajarkan) mayat atau orang yang sekarat.
  • Bolehkah Menangisi Orang yang Sudah Meninggal?
    Muslimah
    Selasa, 27 April 2021 - 13:28 WIB
    Ketika mendengar kematian, tak sedikit di antara kita yang menangisi kepergiannya. Seolah tak percaya dengan apa yang terjadi. Lantas, apakah menangisi jenazah atau orang yang meninggal diperbolehkan?
  • Pahala Bacaan Al-Quran Insya Allah Sampai ke Mayit, Ini Kisah Syaikh Izzuddin
    Hikmah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 17:46 WIB
    Dalam satu kajian Ustaz Amru Hamdany diceritakan kisah Syaikh Izzuddin bin Abdis Salam, Sulthanul Ulama kelahiran Damaskus (wafat 660 H) terkait pahala bacaan Al-Quran kepada mayit.
  • Bolehkah Berkurban untuk Mayit? Simak Penjelasan Ini
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 07:30 WIB
    Bolehkah berkurban untuk mayit? Pertanyaan yang sering muncul setiap menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah. Yuk simak penjelasan Ustaz Muhammad Ajib berikut.
  • Hukum Berkumpul di Rumah Mayit, Menjamu Tamu dan Mendoakannya
    Tips
    Senin, 22 November 2021 - 17:50 WIB
    Banyak yang bertanya tentang hukum berkumpul di rumah mayit, menjamu tamu dan mendoakannya. Ada yang menyebutnya sebagai Niyahah, benarkah demikian?
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Ziarah Kubur dan Kondisi Mayit Ketika Diziarahi
    Hikmah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 11:23 WIB
    Ziarah kubur, selain mengobati kerinduan ternyata seseorang yang telah meninggal itu pun merasa senang sebab mereka pun mengetahui kehadiran kita. Benarkah demikian?
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Hukum Kurban Tapi Belum Aqiqah, Manakah yang Didahulukan?
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:20 WIB
    Bagaimana hukum kurban tapi belum melaksanakan aqiqah, manakah yang harus didahulukan menurut syariat? Pertanyaan semacam ini, masih banyak terjadi di masyarakat.
  • Hukum Berpuasa Setelah Tanggal 15 Syaban, Bolehkah?
    Tips
    Kamis, 01 April 2021 - 15:24 WIB
    Pertanyaan ini sering ditanyakan dalam berbagai kajian. Ada hadis riwayat Imam At-Tirmidzi yang menjelaskan bahwa ketika tersisa separuh bulan Syaban (setelah 15 Syaban), janganlah berpuasa.
  • Haji: Hukum Meninggalkan Mabit di Muzdalifah
    Tips
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 10:01 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan mabit di Muzdalifah adalah wajib, tapi diberikan keringanan bagi orang-orang yang lemah untuk meninggalkan Muzdalifah pada akhir malam
  • Hukum Puasa Setelah Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • Hukum Membagi Warisan Sebelum Orang Tua Meninggal
    Tausyiah
    Kamis, 02 November 2023 - 17:50 WIB
    Bagaimana hukum membagi warisan sebelum orang tua meninggal, apakah hal ini dibolehkan dalam syariat? Mari kita simak penjelasan berikut ini.
  • Gus Baha Jelaskan Hukum Utang di Bank, Haram Atau Halal?
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 22:45 WIB
    Ulama ahli Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin) menjelaskan hukum utang di bank yang banyak terjadi di Indonesia. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Hukum Hutang untuk Umroh, Bolehkah?
    Tausyiah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 09:56 WIB
    Pergi menunaikan ibadah haji atau umroh dengan dana yang berasal dari berhutang terjadi perdebatan di kalangan ulama. Ada yang membolehkan hutang, tetapi ada yang berpendapat harus menghindari hutang.
  • Hukum Kurban Ayam di Hari Idul Adha Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:03 WIB
    Hukum kurban ayam pada hari Idul Adha menurut Gus Baha menarik untuk disimak. Lazimnya umat Islam berkurban dengan menyembelih kambing, kerbau atau sapi.
  • Bagaimana Hukum Pemilu dalam Islam? Ada yang Mengharamkan
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 13:08 WIB
    Bagaimana hukum pemilu dalam Islam? Sikap para ulama terhadap pemilu terbagi menjadi dua kelompok dengan pandangan yang berbeda: mengharamkan dan menghalalkan.
  • Hukum Menggabungkan Niat Puasa Ramadan dan Diet, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 11:36 WIB
    Bagaimana hukumnya menjalankan puasa Ramadan dengan niat sambil berdiet? Pasalnya, di kalangan muslimah ada anggapan bahwa puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan.