Topik Terkait: Dalil Berkurban

  • Dalil-dalil tentang Aturan dan Syarat Berpakaian yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 23 Mei 2023 - 13:05 WIB
    Dalam Islam cara berpakaian seorang wanita muslimah telah diatur dengan sangat baik. Ada syarat-syarat yang ditentukan oleh syariat. Namun demikian, tentang model berbusananya, syariat tidak menentukannya.
  • Bagaimana Hukum Berkurban di Luar Domisili? Begini Penjelasan
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 20:31 WIB
    Para ulama berbeda pendapat perihal memindahkan hewan kurban ke luar daerah domisili orang yang berkurban. Para ulama menggunakan logika yang sama dalam memandang hewan kurban dan zakat.
  • Bolehkah Berkurban untuk Mayit? Simak Penjelasan Ini
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 07:30 WIB
    Bolehkah berkurban untuk mayit? Pertanyaan yang sering muncul setiap menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah. Yuk simak penjelasan Ustaz Muhammad Ajib berikut.
  • Kurban Para Perantau, di Kampung Halaman Apa di Wilayah Domisili?
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:11 WIB
    Tujuan utama kurban adalah mengagungkan syiar-syiar Allah. Syiar tidak akan terjadi, kecuali apabila dilakukan di dalam negeri tertentu, sehingga bisa dilihat oleh orang dewasa maupun anak-anak.
  • Berkurban Hukumnya Wajib Bagi yang Mampu, Benarkah Demikian?
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Berkurban atau menyembelih hewan kurban hukumnya wajib dan berdosa bila tidak mau menunaikannya. Benarkah demikian? Mari kita simak penjelasan berikut.
  • Berkurban Sikap Kerelaan Menekan Ego Pribadi dan Kelompok
    Dunia Islam
    Selasa, 19 Juli 2022 - 08:11 WIB
    Kurban merupakan ibadah yang merepresentasikan keikhalasan, ketaatan untuk kepentingan spiritual, sosial serta kerelaan menekan ego pribadi dan kelompok.
  • Hukum Seorang Istri Berkurban Sendiri, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
    Syariat menganjurkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk melakukan ibadah kurban terutama bagi yang memiliki kelapangan harta. Bagi mereka yang mampu, tentu berkurban tidak terlalu sulit.
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 10:25 WIB
    Mayoritas ulama 4 mazhab sepakat bahwa hukum berkurban adalah Sunnah Muakkad, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan kepada seorang muslim yang memiliki kemampuan secara finansial.
  • Khutbah Idul Adha Singkat, Dahsyatnya Pahala Berkurban
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 17:47 WIB
    Umat muslim telah menunaikan salah satu ibadah mulia pada Hari Raya Idul Adha, Ahad kemarin. Berikut Khutbah Idul Adha singkat yang dapat kita jadikan iktibar.
  • Dalil-dalil Tentang Pentingnya Berkurban
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 09:31 WIB
    Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Harai Raya Iduladha adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama dari kalangan Malikiyah, Syafiiyah, dan Hanabilah, hukum berkurban merupakan sunnah.
  • Keutamaan Bulan Dzulhijjah dan Amalan Berkurban
    Tausiyah
    Kamis, 01 Agustus 2019 - 14:31 WIB
    Bulan Dzulhijjah adalah bulan agung yang dimuliakan Allah. Dalam penanggalan Hijriyah (Qomariyah), nanti malam (malam Jumat) umat Islam mulai memasuki bulan mulia tersebut.
  • Berkurban Atas Nama Orang Tua atau Orang Lain, Bagaimana Pahalanya?
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
    Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumya jika niat berkurban atas nama orang tua atau nama keluarga yang lain? Lantas, bagaimana pahalanya untuk yang berkurban?
  • 9 Keutamaan Berkurban di Hari Idul Adha, Setiap Bulunya Diganjar 1 Kebaikan
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Keutamaan berkurban di Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah tidak diragukan lagi. Ibadah yang satu ini sangat dicintai Allah Taala. Bahkan pahalanya tak terhitung banyaknya.
  • Selain Niat, Inilah Perbedaan Ibadah Kurban dan Aqiqah
    Tips
    Senin, 27 Juni 2022 - 15:19 WIB
    Pelaksanaan ibadah kurban dan aqiqah sering dipertanyakan, hal ini tak lepas dari hewan yang dikurbankan atau diaqiqahkan. Namun keduanya sangat jelas memiliki perbedaan yang tak bisa disamakan.
  • Mengapa Ada Larangan Puasa di Hari Tasyrik? Ini Dalilnya
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 16:44 WIB
    Larangan berpuasa (melaksanakan puasa sunah) di hari Tasyrik (tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijjah) hukumnya adalah haram. Kenapa demikian? Apa dalilnya?
  • Dalil-dalil Keutamaan Amalan Bulan Muharram
    Tausyiah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:03 WIB
    Menyambut bulan Muharram atau awal tahun baru Islam, umat muslim dianjurkan menyambutnya dengan memperbanyak amal ibadah maupun amalan. Karena banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan amaliyah (amalan ibadah sunnah) pada bulan tersebut.
  • Berkurban, Perlu Adaptasi Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 19:28 WIB
    Ataptasi kebiasaan baru di masa pandemi, mengubah gaya hidup masyarakat. Salah satunya, belanja langsung di tempat (offline) yang bergeser menjadi online.
  • Dalil-dalil Tentang Ramadan Bulan Penghapusan Dosa
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 10:43 WIB
    Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan ampunan dan bulan penghapusan dosa. Mengapa disebut demikian? Karena bulan Ramadan merupakan bulan di mana Allah Subhanahu wa Taala mengampuni hamba-hambaNya.
  • Penjelasan Gus Baha Tentang Sahabat Nabi Kaya Raya Tapi Tidak Berkurban
    Tausyiah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 23:33 WIB
    Penjelasan Gus Baha mengenai Sahabat Nabi yang kaya raya tapi tidak pernah berkurban saat Idul Adha, menarik untuk dikaji. Berikut alasan sahabat tidak ikut berkurban.
  • Bolehkah Berkurban Sekaligus Niat Beraqiqah?
    Tips
    Senin, 27 Juni 2022 - 10:47 WIB
    Bagi setiap muslim yang sudah mampu, dianjurkan (sunah muakadah) untuk melaksanakan ibadah kurban. Namun pada saat bersamaan belum berakikah, bolehkah menggabungkan dua niat kurban dan aqiqah?