Kumpulan Artikel: Berkah (halaman 6)

  • Prof Sonny: Taawun Salah Satu Indikator Takwa Berjamaah
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 16:45 WIB
    Predikat takwa yang ingin diraih adalah takwa berjamaah, suatu keadaan yang berkelanjutan, bukan sekadar hari ini bertakwa, kemudian besok tidak lagi.
  • Lailatul Qadar, Gus Baha: Saleh Kelas Ringan Juga Dapat
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 17:00 WIB
    Gus Baha yakin, berkah luasnya Rahmat Allah, selagi umat Nabi, yang ketika itu tak maksiat, meski saleh-saleh biasa, saleh kelas ringan, tetap dapat lailatul qadar
  • Lailatul Qadar Kompensasi Usia Umat Nabi Muhammad yang Pendek
    Tips
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 17:08 WIB
    Allah memberi Lailatul Qadar yang lebih baik daripada seribu bulan saat Rasulullah menganggap usia umatnya terlalu pendek untuk beribdah bila dibandingkan ummat terdahulu.
  • Taubat di Bulan Ramadhan: Masih Ada Waktu Sedikit Lagi
    Tips
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 16:46 WIB
    Wahai hamba-hamba yang lalai dari kebenaran, padahal telah dibukakan pintunya. Bersiaplah kalian untuk diterima, karena sekarang adalah waktunya pengijabahan.
  • Begini Rasanya Disalami Malaikat Jibril di Malam Lailatul Qadar
    Tips
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 04:09 WIB
    Badan merinding, hati merasa tenang dan damai, serasa ingin menangis, dan keyakinan beriman kepada Allah semakin mantap, mungkin Anda sedang disalami Malaikat Jibril.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Islam Mengajarkan Berkasih Sayang kepada Hewan
    Tausyiah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 21:23 WIB
    Sebuah hadis shahih yang diriwayatkan Imam Bukhari-Muslim di zaman Rasulullah SAW dilaporkan bahwa ada seorang perempuan tua ahli ibadah suka menyakiti hewan peliharaannya.
  • Di Tengah Wabah, Meraih Lailatul Qadar Haruskah dengan Itikaf?
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 17:10 WIB
    Ibadah yang sangat galak dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ketika masuk 10 terakhir Ramadhan ialah beritikaf. Lalu, apa ini juga jadi syarat meraih lailatul qadar?
  • Ibu Hamil dan Menyusui, Bayar Fidyah atau Qadha Puasa?
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Masalah ibu hamil dan menyusui ketika puasa Ramadhan sudah sering dibahas di berbagai kajian ilmu. Namun sampai hari ini, tema ini termasuk paling banyak ditanya.
  • Ustaz Dokter Zaidul Akbar: Rasa Lapar Akan Menyucikan Hati
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 14:00 WIB
    Dai yang juga Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JRS) Ustaz Dokter (dr) Zaidul Akbar mengemukakan fadhillah (keutamaan) menahan lapar. Para ulama terdahulu memilih lapar daripada kenyang.
  • Rasulullah Saja Bersedekah Lebih Banyak di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 04:06 WIB
    Dengan lembut Rasulullah SAW menjawab, kamu salah Aisyah, yang habis adalah apa yang kita makan ini dan yang kekal adalah apa yang kita sedekahkan.
  • Pahala Berlipat Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 04:10 WIB
    Keistimewaan Ramadhan dibandingkan dengan bulan lainnya adalah banyaknya pahala yang dilipatgandakan karena terdapat puasa Ramadhan yang diwajibkan.
  • Memberi Makan Berbuka Puasa Pahalanya Sungguh Menggiurkan
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 02:54 WIB
    Salat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.
  • Kedermawanan Nabi Muhammad di Bulan Ramadhan Melebihi Embusan Angin
    Tips
    Kamis, 30 April 2020 - 16:28 WIB
    Dalam satu hadis shahih, Abu Hurairah RA berkata ada seorang laki-laki menghadap Rasulullah SAW, lalu berkata: Wahai Rasulullah, aku telah celaka. Beliau bertanya: Apa yang mencelakakanmu?
  • Hasil Tobat Diketahui dari Kerinduan yang Muncul
    Tausyiah
    Kamis, 30 April 2020 - 09:25 WIB
    Pandemi Covid-19 hendaknya membuat kita introspeksi diri. Namun, masing-masing orang punya cara berbeda dalam memahaminya. Ada yang menganggap ini sebagai musibah, cobaan, pelajaran, bahkan pencucian dunia.
  • Ramadhan di Amerika, Suara Azan dan Mempercantik Rumah
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 04:06 WIB
    Pada Ramadhan ini azan bisa disiarkan lima kali dalam sehari. Tentu saja, kebijakan ini menyenangkan minoritas Muslim di AS yang tengah menghadapi pandemi coronavirus.