Topik Terkait: Hikmah Poligami

  • Makna Adil dalam Syarat Poligami Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 09:17 WIB
    Kecenderungan yang diperingatkan di dalam hadis ini adalah penyimpangan terhadap hak-hak isteri, bukan adil dalam arti kecenderungan hati, karena hal itu termasuk keadilan yang tidak dimiliki manusia.
  • Kesalahan dalam Pelaksanaan Poligami Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 01 November 2023 - 10:25 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan tidak sedikit kaum Muslimin yang salah dalam melaksanakan keringanan hukum untuk berpoligami sebagaimana yang telah disyariatkan oleh Allah.
  • Kisah Hikmah: Terjebak karena Mengikuti Omongan Orang Lain
    Hikmah
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 13:20 WIB
    Kisah hikmah ini tentang Juha, tokoh bijak nan lucu dalam sastra Arab, yang ingin memberikan pelajaran kepada anaknya. Ia mengajak anaknya menyusuri perjalanan dengan membawa seekor keledai.
  • Poligami Umat Masa Lalu dan Zaman Islam Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 10:00 WIB
    Sebagian orang berbicara tentang poligami, seakan-akan Islam merupakan yang pertama kali mensyariatkan itu. Ini adalah suatu kebodohan dari mereka atau pura-pura tidak tahu tentang sejarah
  • Hikmah, Kebajikan yang Berlimpah Menurut Cak Nur
    Tausyiah
    Rabu, 01 Maret 2023 - 14:19 WIB
    Cak Nur mengatakan tujuan seorang Rasul diutus kepada umat manusia antara lain untuk mengajarkan Kitab Suci dan hikmah kepada mereka. Lalu, apa yang dimaksud hikmah?
  • Kisah Hikmah: Melupakan Dendam!
    Hikmah
    Kamis, 17 November 2022 - 12:30 WIB
    Setiap manusia pasti pernah mengalami rasa sakit hati dengan berbagai rasa yang berbeda-beda. Ada yang langsung lupa alias tidak membekas, ada yang biasa saja dan pasti juga ada rasa sakit yang terus membelenggu jiwanya sepanjang hayat.
  • Kisah Hikmah : Pesan dari Kuburan
    Hikmah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 09:26 WIB
    Cinta seorang muslim kepada Allah Subhanahu wa taala mengharuskan ia mencintai Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa demikian? Sebab, Rasulullah merupakan kekasih Allah.
  • Hikmah Poligami dalam Pandangan Islam dan Syaratnya
    Muslimah
    Minggu, 29 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Hikmah poligami dalam pandangan Islam dan syaratnya perlu diketahui agar tidak keliru sebagaimana pandangan negatif kaum sekuler barat. Berikut penjelasan Syaikh Yusuf Qardhawi.
  • Inilah Hikmah Besar dari Perang Badar
    Tausiyah
    Kamis, 23 Mei 2019 - 17:21 WIB
    Al-Habib Ali Zainal Abidin bin Abu Bakar Al-Hamid menjelaskan hakikat Perang Badar dan hikmah yang terkandung di dalamnya.
  • Kisah Hikmah : Bahaya Khawarij dan Fitnah Wanita
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 08:55 WIB
    Kisah ini mengambil pelajaran dari cerita hidup Imran bin Hitthan bin Zhbyan. Tentang bahayanya khawarij dan fitnah wanita. Lantas siapakah Imran bin Hitthan ini?
  • Hikmah Agama Menurut Nurcholish Madjid
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 14:49 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan tujuan seorang Rasul diutus kepada umat manusia antara lain untuk mengajarkan Kitab Suci dan hikmah kepada mereka. Lalu, apa itu hikmah?
  • 9 Pelajaran dan Hikmah dari Perang Uhud
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 14:27 WIB
    Setidaknya ada 9 pelajaran dan hikmah dari Perang Uhud. Salah satunya, betapa perang ini kita bisa menyaksikan besarnya kecintaan para Sahabat kepada Rasulullah SAW.
  • Hikmah Puasa Menurut Syaikh Ali Ahmad al-Jurjawi
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 11:55 WIB
    Seseorang (yang berpuasa) menahan dirinya dari syahwatnya dan kesenangannya sebulan penuh, yang di balik itu ia tidak mengharapkan apa apa kecuali Wajah Allah Taala
  • Hikmah Ramadan Memberikan Berbagai Kemudahan
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 10:04 WIB
    Islam akan membawa kemudahan pada umatnya. Kemudahan ini dapat dibuktikan dalam syariat puasa Ramadan yang tengah dijalankan kaum muslim saat ini.
  • Syarat Poligami dalam Islam: Sanggup Berlaku Adil
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 09:53 WIB
    Syarat poligami dalam Islam adalah adil di antara para isterinya, dalam masalah makan, minum, berpakaian, tempat tinggal, menginap dan nafkah. Berikut pendapat Syaikh Yusuf al-Qardhawi.
  • Inilah Hikmah Larangan Sholat Bagi Wanita Haid
    Muslimah
    Minggu, 22 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Saat mengalami siklus bulanan atau tengah haid, kaum wanita muslimah dilarang atau terlarang melaksanakan ibadah sholat, baik sholat fardhu maupun sunnah. Apa sebenarnya hikmah dari larangan menjalankan kewajiban yang diterima wanita haid ini?
  • Apa Itu Hikmah? Begini Penjelasan Imam Malik
    Hikmah
    Jum'at, 17 September 2021 - 17:51 WIB
    Kita sering mendengar kata hikmah diartikan sebagai pemahaman dalam agama. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan hikmah? Berikut penjelasannya.
  • Hikmah Idul Fitri 2022, Saatnya Kembali ke Fitrah
    Tausyiah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 11:42 WIB
    Hari Raya Idul Fitri selalu diwarnai dengan kegembiraan. Para khatib sholat Id dalam khutbahnya sering mengingatkan saatnya kembali ke Fitrah. Apa sebenarnya makna Fitrah?
  • Lailatul Qadar: Pada Malam Dijelaskan Semua Perkara yang Penuh Hikmah
    Tausyiah
    Kamis, 28 Maret 2024 - 23:44 WIB
    Menurutnya, makna kata ???????? yufraqu adalah yufashshal (dijelaskan, dirinci). Dan makna kata hakiim adalah al-muhkam (yang tepat, teliti dan sempurna).
  • Kisah Hikmah : Muslimah pun Wajib Menunaikan Amar Maruf Nahi Munkar
    Muslimah
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 08:55 WIB
    Ada sebuah kisah yang menunjukkan pentingnya kaum muslimah memberikan andil dalam nasihat dan amar maruf nahi munkar sesuai dengan kemampuan mereka.