Topik Terkait: Pola Makan Islami

  • Inilah Pola Makan Ibu Hamil dalam Penjelasan Al-Quran
    Muslimah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:25 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala mengabarkan bahwa pentingnya memberi asupan yang baik, bergizi, serta halal, hingga ibu harus memberikan air susu kepada bayinya selama dua tahun. Begini penjelasannya!
  • Pesta Makan di Hari Tasyrik, Jangan Lupa Terapkan Pola Makanan Sehat Menurut Al Qur’an dan Hadis
    Muslimah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:39 WIB
    Di hari Tasyrik umat Islam dianjurkan untuk banyak makan, minum dan berzikir. Meski perintahkan untuk makan makan, namun tetap harus memerhatikan pola makannya, terutama pola makan yang sesuai dengan Al Qur an dan hadis.
  • Tsarid, Menu Sehat yang Sering Dimasak Aisyah
    Muslimah
    Minggu, 27 September 2020 - 06:58 WIB
    Gaya hidup sehat sudah menjadi gaya hidup baru di era saat ini. Semua orang terus mengkampanyekan gerakan hidup sehat ini di semua kalangan. Dan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sudah melakukan 1.500 tahun yang lalu.
  • Beginilah Pola Makanan Sehat dalam Penjelasan Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 16:38 WIB
    Islam sangat memerhatikan bagaimana mengatur pola makanan sehat dan seimbang yang dibutuhkan tubuh. Terlalu vegetarian atau terlalu berlebihan mengonsumsi makanan hewani bisa jadi tidak baik bagi tubuh.
  • Orang Gemuk dalam Pandangan Islam
    Tips
    Rabu, 01 Desember 2021 - 09:10 WIB
    Pada hakekatnya, Islam tidak melihat fisik dan bentuk tubuh seseorang, apakah Anda orang yang tampan atau cantik, demikian juga apakah tubuh Anda tinggi semampai, atau pendek. Lalu bagaimana dengan orang gemuk?
  • Parenting Islami : Sikap Adil Orang Tua dan Perasaan Anak
    Muslimah
    Rabu, 30 November 2022 - 10:18 WIB
    Dalam Islam, setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa.
  • 7 Adab Makan Beserta Doa Sebelum dan Sesudahnya, Nomor Terakhir Dapat Berkah
    Tips
    Senin, 26 September 2022 - 06:40 WIB
    Adab makan beserta doa sebelum dan sesudahnya perlu diamalkan umat muslim. Rasulullah SAW mengajarkan adab makan karena di dalamnya terdapat keberkahan dan nilai ibadah.
  • Doa Ketika Lupa Baca Doa Makan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 10:23 WIB
    Doa ketika lupa baca doa makan ini sudah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam hadisnya. Ada bacaan khusus yang harus dilafalkan ketika lupa membaca doa sebelum makan
  • Khutbah Jumat: Membangun Keluarga yang Islami, Menggapai Ridha Ilahi
    Tausyiah
    Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB
    Berikut adalah materi khutbah Jumat yang mengingatkan kepada kaum muslimin agar senantiasa berupaya membangun keluarga yang islami untuk menggapai ridha ilahi.
  • Islam Sangat Melarang Makan dan Minum Berlebihan, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 12:29 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan . Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • Pola Makanan Sehat Menurut Al-Qur’an dan Hadis (1)
    Muslimah
    Minggu, 05 Juli 2020 - 07:21 WIB
    Islam sangat memerhatikan pola makanan sehat. Tidak hanya baik secara unsur tapi juga harus halal secara zat dan perolehannya. Dalam Islam, tidak semua makanan atau minuman boleh dimakan. Ada yang diharamkan oleh Allah Taala.
  • Hukum Puasa Tanpa Makan Sahur, Simak Penjelasan Berikut
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 02:00 WIB
    Salah satu kenikmatan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan adalah makan di waktu sahur. Lalu, bagaimana hukum berpuasa tanpa makan sahur? Berikut penjelasannya.
  • Adab Makan yang Jarang Diperhatikan
    Muslimah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 10:36 WIB
    Banyak perkara-perkara kesehatan itu berkaitan dengan adab makan. Cara makan yang salah bisa berujung kepada datangnya penyakit, munculnya penyakit. Maka tidak boleh kita sepelekan masalah ini.
  • Parenting Islami : Mengajarkan Anak Bermain Sesuai Fitrahnya
    Muslimah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 10:48 WIB
    Salah satu ikhtiar dalam mendidik anak adalah memenuhi kebutuhan dasarnya, yakni bermain. Namun, hal tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh para orang tua zaman sekarang.
  • Melihat Bagaimana Syariat Islam Menganjurkan Pola Makan Ibu Hamil
    Muslimah
    Sabtu, 12 November 2022 - 13:20 WIB
    Seorang ibu yang sedang mengandung akan mengalami kondisi berat. Selain harus menjaga kondisinya demi keselamatan janin, si ibu juga harus menjaga asupan makanannya. Bagaimana syariat meihat kondisi ini?
  • Menanamkan Akidah Sejak Dini, Pola Pendidikan Sesuai Fitrah Manusia
    Muslimah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 10:53 WIB
    Dalam Islam, pemenuhan pendidikan berlandaskan fitrah seorang manusia merupakan hal terpenting, sebab ia adalah pola penanaman akidah paling penting bagi anak.
  • Pacaran Islami? Benarkah Ada dan Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 06:15 WIB
    Pacaran Islami? Benarkah ada dalam Islam? Pacaran bukanlah istilah yang ada dalam khazanah Islam. Maka memang tidak ditemukan dalil yang bunyinya janganlah kalian pacaran atau pacaran itu haram atau semisalnya.
  • Bagaimana Pola Asuh dan Cara Menyapih Anak dalam Islam?
    Muslimah
    Senin, 26 Juni 2023 - 14:30 WIB
    Dalam Islam dibolehkan untuk menyusui anak hingga berumur lebih dari dua tahun, sebagaimana dibolehkan untuk menyapihnya kurang dari dua tahun, dengan dua syarat, y tidak membahayakan kesehatan anak maupun ibu, serta disepakati kedua orang tuanya.
  • Subhanallah! Malaikat Berselawat bagi Orang yang Makan Sahur
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 03:00 WIB
    Dr Fadhl mengatakan di antara orang-orang yang berbahagia dengan selawat para Malaikat adalah orang yang makan sahur, dan di antara dalil yang menunjukkan hal tersebut adalah:
  • Sebaik-baik Makan Sahur Orang Mukmin Adalah Tamar, Ini Keutamaannya
    Tips
    Kamis, 30 Maret 2023 - 03:00 WIB
    Sebaik-baik makanan sahur bagi seorang mukmin adalah Tamar. Keutamaan makan sahur dengan Tamar ini disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam riwayat Hadis.